Untuk Pertama Kalinya, Ikan Makan Burung di Udara

Burungnya.com – Sampai sekarang, mungkin tidak banyak yang tahu kalau ada ikan yang gemar memakan burung. Pasalnya, dalam hukum alam, biasanya burung memakan ikan, bukan sebaliknya.

Namun, kali ini tim The Blue Planet II berhasil mengabadikan momen langka, di mana ikan-ikan di lautan memangsa burung-burung yang terbang di atas permukaan laut, tepatnya di Republik Seychelles, Afrika Timur.

Sekilas hal tersebut memang tampak tidak mungkin. Sebab, secara logika ikan tidak bisa terbang dan memangsa burung di udara. Ikan hanya menguasai wilayah perairan dan tak berkutik di udara.

Baca juga: Inilah Burung yang Mampu Puasa Paling Lama Hingga 4 Bulan

Loading...

Meski begitu, tampaknya ikan dari keluarga Carangidae ini telah membuktikan kekuatannya. Dulu kemampuan ikan ini dalam memangsa burung hanya jadi cerita dan dongeng para nelayan saja. Namun, setelah The Blue Planet mengabadikannya dalam video 20 tahun lalu, orang-orang di seluruh dunia langsung gempar.

Sekarang, The Blue Planet II produksi Sir David Frederick Attenborough kembali membuat film dokumenter tentang ikan yang paling ditakuti burung-burung pantai.

Ya, burung-burung yang ingin minum di laut atau bersantai di lautan akan disambar dan disantap habis. Ikan ini mengintai burung seperti ikan hiu. Begitu ada burung yang mendekat, dia langsung meluncur seperti peluru melahap tubuh burung.

Baca juga: 10 Jenis Burung Unik dengan Sistem Pertahanan Terbaik

Tak peduli di permukaan laut atau sedang terbang, ikan-ikan dari keluarga Carangidae akan menyambar burung-burung tersebut.

Sebagai informasi, ikan ini sejenis karnivora laut yang besar. Bahkan, ukuran tubuhnya jauh lebih besar dari kebanyakan ikan hiu, dengan bobot mencapai lebih dari 80 kg.

Walau terlihat besar dan berat, tapi ikan ini mampu melesat terbang keluar air laut dan menggigit burung di udara. Setelah tergigit, burung dibawa masuk ke air dan langsung dimakan hingga tersisa bulunya saja.

Generasi kedua tim The Blue Planet merasa bangga karena berhasil mengabadikan ikan makan burung untuk pertama kalinya. Direktur fotografi juga mengatakan bahwa ikan itu seakan-akan menjadikan dirinya seperti sebuah rudal yang meluncur ke udara.

Baca juga: 8 Jenis Burung Paling Beracun di Dunia terdapat di Papua

“Saya benar-benar tidak percaya ikan makan burung itu benar-benar ada kalau bukan melihatnya dengan mata kepala sendiri,” ujarnya, seperti yang disadur dari goodtimes.my.

Ikan memangsa burung di laut (youtube.com)
Ikan memangsa burung di laut (youtube.com)

Diketahui ikan-ikan ini mampu menyambar burung yang terbang 2 meter di atas permukaan laut. Biasanya burung yang jadi incaran adalah burung laut yang berukuran kecil sampai sedang.

Seperti apa burung yang biasa dimakan ikan-ikan dari keluarga Carangidae? Daripada penasaran, berikut video ikan makan burung di lautan yang diabadikan oleh The Blue Planet II.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Ikan apa saja yg makan burung
  • ikan kali buat makan burung bubut
  • ikan makan burung terbang
  • viral ikan berkepala burung merpati

Berikan komentar