Virus Corona Belum Musnah, China Diserang Flu Burung

Burungnya.com – Lihat pemerintah China kasihan sekali. Mereka seperti jatuh tertimpa tangga. Bagaimana tidak, virus corona belum musnah, tetapi negara tersebut malah diserang wabah flu burung H5N1.

Penyebaran virus flu burung H5N1 diketahui berasal dari peternakan di Kota Shaoyang, Provinsi Hunan Selatan. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China.

Setengah Jumlah Ayam di Peternakan Mati

Total ayam di peternakan tersebut 7.850 ekor, tapi 4.500 di antaranya mati karena virus flu burung. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa setengah dari peternakan ayam tadi mati semua gara-gara virus flu burung.

“Kasus tersebut terjadi di sebuah peternakan dengan 7.850 ayam, 4.500 di antaranya telah mati karena flu burung. Pihak berwenang telah memusnahkan 17.828 unggas setelah wabah terdeteksi,” tulis Channel News Asia (CNA) (1/2/2020).

Virus Flu Burung (sketsanews.com)
Virus Flu Burung (sketsanews.com)

Flu Burung di China

Sebelumnya, China sudah pernah diserang flu burung H5N1 di tahun 2013. Saat itu, virus tersebut membuat negara rugi hingga US$ 6,5 miliar.

Sekarang virus corona yang mirip virus flu burung sudah menelan korban jiwa sebanya 304 orang di China sejak ditemukan pada bulan Desember 2019.

Virus corona sudah menyebar ke 25 negara lain, beberapa di antaranya Amerika Serikat, Perancis, Singapura, Thailand, hingga Filipina. Salah satu orang di Filipina meninggal dunia akibat virus corona. Sedangkan, jumlah korban yang sudah terjangkit virus corona sekitar 14.300 orang di seluruh dunia.

Baca juga:

Pengertian Flu Burung

Seperti namanya, flu burung merupakan jenis penyakit influenza yang ditularkan oleh burung kepada manusia. Terdapat dua jenis virus flu burung, yakni H5N1 dan H7N9. Virus ini menyebabkan wabah mulai di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan beberapa bagian Eropa.

Loading...

Ciri-ciri Terkena Flu Burung

Virus flu burung yang masuk ke tubuh manusia akan menjalani masa inkubasi selama 3-5 hari. Manusia yang kena flu burung, cirinya demam, pegal-pegal, sakit kepala, batuk, pilek, dan sesak.

Selain itu ada gejala lain yang dirasakan oleh penderita flu burung, di antaranya sebagai berikut:

  • Diare.
  • Mimisan.
  • Muntah.
  • Nyeri dada.
  • Gusi berdarah.
  • Sakit perut.

Akibat Flu Burung

Penyakit flu burung harus segera ditangani. Kalau penyakit ini dibiarkan saja, maka menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa.

Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh flu burung:

  • Acute respiratory distress syndrome.
  • Infeksi paru-paru.
  • Gangguan jantung.
  • Disfungsi ginjal.

Penyebab Terkena Flu Burung

Virus flu burung H5N1 pertama kali dilaporkan menyerang manusia pada tahun 1997. Setelah itu, virus flu burung H7N9 menginfeksi manusia pada tahun 2013. Jenis flu burung lain yang bisa menyerang manusia, yakni H7N7, H9N2, H6N1, H5N6, dan H10N8.

Setelah Anda mengetahui jenis virus tersebut, sekarang saatnya belajar apa yang menyebabkan flu burung menular ke manusia.

  1. Anda menyentuh unggas (ayam, bebek, angsa, dan burung) yang terinfeksi virus flu burung, baik hewan masih hidup atau mati.
  2. Kontak fisik dengan cairan tubuh unggas yang terinfeksi. Misalnya terkena cairan tubuhnya atau menghirup percikan cairan dari tubuh unggas tersebut.
  3. Menghirup atau bersentuhan dengan debu dari kotoran unggas yang sakit. Walau kotoran sudah mengering, virusnya masih bisa menular.
  4. Makan daging atau telur unggas yang terinfeksi virus dalam keadaan belum matang. Kalau daging dan telur sudah matang, virus tidak akan menular.
  5. Berkunjung ke pasar hewan, pasar burung, kebun binatang, dan tempat pemotongan daging dengan tingkat kebersihan buruk.

Perlu Anda ketahui juga bahwa virus flu burung H5N1 sampai bulan Oktober 2017 sudah menjangkiti 860 orang di seluruh dunia dan menyebabkan kematian 454 orang.

Kalau di Indonesia, kasus flu burung pada manusia pertama kali menyebar pada tahun 2005. Sampai bulan Oktober 2017 terdapat 200 laporan kasus flu burung H5N1 di Indonesia, dengan jumlah kematian 168 orang.

Kesimpulan

Demikian begitu menakutkannya penyebaran virus corona dan virus flu burung. Jangan pernah menyepelekan kedua virus tersebut. Sebab, dulu virus flu burung sudah pernah menyerang Indonesia dan membuat ratusan nyawa melayang.

Kalau virus corona dan virus flu burung H5N1 masuk lagi ke Indonesia, sudah bisa dipastikan masyarakat akan panik. Sebab, dampak dari virus corona di China saja sudah menjadikan masyarakat ketakutan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!