10 Warna Lovebird Paling Bagus dan Mahal

Burungnya.com – Ada beberapa jenis warna Lovebird yang dihargai mahal. Ini terlepas dari suara ngekeknya yang panjang, tapi cuma dilihat dari warna Lovebird saja. Beberapa kicau mania mengatakan burung Lovebird yang digemari dari segi warna bulunya dan suaranya.

Kalau Anda pribadi suka Lovebird karena cinta, warna bulu, atau suara? Banyak alasan para Lovebird mania memelihara burung ini. Sebagian besar dari mereka mengatakan suka dengan suara Lovebird yang keras dan terdengar seperti ketawa panjang.

Yang lain lebih suka warna bulu karena ada banyak sekali warna bulu Lovebird bagus dan mahal-mahal. Bahkan, sekarang Lovebird warna sudah sering ikut lomba Lovebird suara. Berbeda dengan dulu, karena Lovebird warna hanya diterjunkan di lomba Lovebird warna saja.

Jadi bisa dibilang Lovebird warna sekarang lebih istimewa. Selain warna yang menawan, kualitas suara juga meningkat menjadi ngekek panjang. Ini berkat perawatan dan latihan rutin sehingga Lovebird yang biasanya jadi model catwalk, sekarang menjelma sebagai penyanyi.

Jenis Warna Lovebird yang Bagus

1. Lovebird Biola

Lovebird Biola Green (tumblr.com)
Lovebird Biola Green (tumblr.com)

Alasan Lovebird Biola dikatakan warna Lovebird yang bagus karena dulu burung ini warnanya jarang dimiliki banyak orang. Namun, sekarang warna Lovebird Biola sudah terbilang pasaran dan bisa dimiliki siapa saja.

Hal ini karena harga burung Lovebird sudah menurun drastis. Mungkin karena peternak Lovebird terlalu banyak dan burungnya jumlahnya juga banyak sekali.

Di zaman keemasannya dulu, Lovebird Biola bisa laku seharga Rp 22 juta per ekor.

Baca juga: Harga Lovebird Biola 2021 Turun Drastis Murah Meriah

2. Burung Lovebird Biola Euwing

Lovebird Biola Euwing (YouTube.com)
Lovebird Biola Euwing (YouTube.com)

Ini hampir sama dengan Lovebird Biola, kalau Lovebird Biola Euwing ada corak berbentuk V di bagian belakang sayapnya.

Dulu harga burung Lovebird Biola Euwing masih laku sekitar Rp 17 juta per ekor. Bayangkan jika Anda memiliki beberapa anakan Lovebird Biola Euwing, Anda bisa mendadak kaya ya bukan?

3. Lovebird Biola Blue

Lovebird Biola Blue (YouTube,com)
Lovebird Biola Blue (YouTube,com)

Burung ini memiliki warna dominan biru dengan kepala warna putih. Burung ini tapi yang warna hijau series di grup Komunitas Lovebird Indonesia dijual sekitar Rp 10 juta sampai Rp 15 juta. Tapi apakah sekarang harganya masih segitu?

Kalau Lovebird Biola Blue series sudah pasti lebih mahal. Dulu harga Lovebird tersebut mencapai Rp 40 juta per ekor. Bahkan ada juga kicau mania yang menjual Lovebird Biola Blue dengan harga Rp 50 juta.

Baca juga: 25 Gambar Mutasi Lovebird Biola Sesuai dengan Jenisnya

4. Burung Lovebird Parblue

Cara Mencetak Lovebird Parblue (rosemead.americanlisted.com)
Cara Mencetak Lovebird Parblue (rosemead.americanlisted.com)

Lovebird Parblue mempunyai nama lain yaitu Yellow Face. Alasannya karena warna muka burung ini kuning agak putih.

Burung Lovebird yang ditemukan pada tahun 2001 oleh Felix del Valle ini dulu dijual sekitar Rp 10 juta per ekor. Harga Lovebird ini bisa lebih mahal bila disilangkan dengan Lovebird Biola.

Pasalnya, nanti akan menjadi Lovebird Biola Parblue yang harganya sekitar Rp 30 juta. Namanya pun berubah menjadi Lovebird Biola Parblue.

Baca juga: 14 Jenis Lovebird Parblue, Asal Usul, Harga dan Cara Mencetaknya

5. Lovebird Blorok

Lovebird Blorok (ceriwis)
Lovebird Blorok (ceriwis)

Sudah pasti Lovebird Blorok tampak eksotis. Sebab, untuk menghasilkan Lovebird blorok memang cukup sulit dan langka. Biasanya warna Lovebird ini terlahir karena kebetulan.

Sehingga kalau disengaja untuk mencetak Lovebird Blorok, hasilnya cukup sulit dan sering mengalami kegagalan. Namun, Anda bisa mencobanya, dengan cara menjodohkan Lovebird Lutino dengan Lovebird Dakori.

Meski terbilang unik dan langka, Lovebird Blorok harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan Lovebird warna lainnya. Mungkin ini karena warna blorok kurang berkesan atau bahasa kasarnya warna cacat.

Loading...

Bagaimana tidak, burung ini dijual seharga Rp 1-2 juta per ekor. Bila dibandingkan dengan Lovebird lain, tentu Lovebird blorok lebih murah.

6. Burung Lovebird Batman

Gambar Lovebird Batman (pinterest.co.uk)
Gambar Lovebird Batman (pinterest.co.uk)

Sudah pasti burung Lovebird yang kelihatan maco namanya Lovebird Batman. Seluruh tubuhnya didominasi warna hitam dan abu-abu. Dia mirip sekali dengan dengan kelelawar atau batman.

Lovebird Batman dewasa biasanya dihargai sekitar Rp 1 jutaan. Tapi entah sekarang bisa segitu atau sudah turun drastis. Lovebird ini kurang diminati karena warnanya cenderung gelap. Padahal Lovebird mempunyai ciri khas warna yang cerah.

Baca juga: 43 Jenis Lovebird di Seluruh Dunia Kategori Suara dan Warna

7. Lovebird Albino

Lovebird Albino (Pinterest.com)
Lovebird Albino (Pinterest.com)

Kebalikannya Lovebird Batman, kalau Lovebird Albino warnya putih bersih dengan mata merah menyala. Burung ini cukup banyak digemari karena terkesan putih suci dan bersih.

Walau begitu, harganya masih sama dengan burung Lovebird batman yaitu sekitar Rp 1 jutaan. Sekarang tentunya harga burung ini sudah turun ya, apalagi di masa pandemi virus Corona.

8. Burung Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider, Cara Mencetak, Harga (pinterest.com)
Lovebird Halfsider, Cara Mencetak, Harga (pinterest.com)

Bagi yang belum tahu, burung Lovebird Halfsider terlahir karena kebetulan. Ini bisa dibilang burung langka karena bisa muncul secara tidak sengaja.

Jadi, dalam satu tubuh bisa ada dua warna Lovebird dari dua jenis yang berbeda. Perpotongan warnanya biasanya terletak di tengah tubuhnya.

Sehingga kalau dilihat dari samping seperti biasa saja, tapi kalau dilihat dari depan, warna burung ini seperti terbelah menjadi dua. Walau ini Lovebird biasa seperti Lovebird sayur, tapi kalau warnanya unik harganya bisa naik 20 kali lipat.

Baca juga: Rahasia Lovebird Unik Halfsider dari 2 Sperma dan 2 Sel Telur

9. Lovebird Olive

Lovebird Olive (anadisenchanted)
Lovebird Olive (anadisenchanted)

Beberapa pecinta Lovebird hijau biasanya mereka juga mengoleksi Lovebird Olive. Sebab, ini termasuk Lovebird yang warna hijaunya tua. Warna hijau ini tersebar di area dada, sayap, punggung, dan ekor.

Harga Lovebird Olive masih terbilang murah karena sekarang tentunya sudah di bawah Rp 1 juta. Berbeda dengan dulu Lovebird seperti ini bisa dihargai mahal.

10. Burung Lovebird Pastel

Lovebird Pastel (Gambartop.com)
Lovebird Pastel (Gambartop.com)

Dari beberapa warna Lovebird termahal, mungkin Anda akan terpikat dengan warna Lovebird pastel. Burung ini warnanya soft dan tidak terlalu mencolok, makanya dinamakan Lovebird Pastel.

Burung Lovebird Pastel warna hijaunya muda sekali dan kuningnya juga muda sekali. Sehingga dia seperti terlihat bukan Lovebird, melainkan burung Parkit.

Walau burung ini warnanya sudah muda sekali, ada yang lebih muda lagi, namanya Dilute. Lovebird Dilute konon katanya warna bulunya sudah mencair sehingga muda sekali.

Lovebird non kaca mata seperti ini kurang dilirik untuk dijadikan Lovebird lomba suara. Sebab, suaranya mungkin tidak sebagus burung berkacamata.

Baca juga: Artis Lucky Hakim Beli Lovebird Dun Fallow Rp 280 Juta

Kesimpulan

Demikian beberapa macam warna Lovebird yang bagus dan mahal. Dulu Lovebird-lovebird ini memang mahal harganya. Tapi semenjak banyak orang yang beternak Lovebird, harganya menjadi turun drastis.

Ditambah sekarang lagi pandemi COVID-19, harga burung Lovebird semakin hancur. Anda bisa cek di pasar burung terdekat, uang Rp 20.000 mungkin sekarang sudah bisa membawa burung Lovebird.

Sangat disayangkan memang, harga burung Lovebird menjadi hancur. Tapi mau gimana lagi, para peternak tidak mementingkan kualitas. Sehingga harga Lovebird yang lain ikut menurun drastis.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!