Waspada Pencurian Cucak Hijau Lomba dengan Modus Ojek Online

Burungnya.com – Masa pandemi virus Corona mungkin sudah membuat sebagian orang gelap mata. Bagaimana tidak, burung yang dijemur di halaman rumah diembat oleh pencuri. Maling burung ini menyamar sebagai ojek online. Sehingga, gerak-geriknya tidak dicurigai oleh warga sekitar. Hal ini yang perlu diwaspadai oleh kicau mania.

Sebab, baru-baru ini ada kejadian burung Cucak Ijo lomba dicuri oleh pencuri yang menyamar sebagai tukang ojek online berseragam hijau. Kejadian pencurian burung ini di Kelurahan Pondok Bambu, Jakarta Timur pada tanggal 19 Agustus 2020 lalu.

Kronologi Pencurian Burung

Pencurian terjadi jam 12.00 WIB dan diketahui dari kamera CCTV milik tetangganya. Dari rekaman tersebut terlihat seorang pengemudi ojek online dan seorang penumpang mondar-mandir di gang rumah korban. Sepertinya mereka melihat keadaan dulu sambil menunggu daerah tersebut sepi.

Setelah sepi, pelaku yang duduk di bangku belakang turun dan langsung mengambil burung Cucak Hijau yang sedang digantung di depan rumah. Kondisi rumah saat itu sedang sepi dan jalanan sekitar juga demikian. Sehingga pelaku bisa melancarkan aksinya dengan mudah.

Sebenarnya tidak terlalu mudah juga karena pelaku harus memanjat pagar rumah korban. Pelaku bisa meraih sangkar burung dan langsung menaiki motor. Keduanya terlihat terburu-buru hingga nyaris terjatuh.

Rekaman kamera CCTV menunjukkan bahwa pelaku pencurian mengemudikan motor Yamaha Scoopy merah dengan pelat B 3281 TLM. Keduanya ngebut dan kabur ke arah Jalan Teratai Putih Raya.

Pencuri Burung Cucak Hijau Modus Ojek Online (youtube.com)
Pencuri Burung Cucak Hijau Modus Ojek Online (youtube.com)

Jenis Burung yang Dicuri

Burung yang dicuri pelaku termasuk burung dilindungi yakni Cucak Ijo. Oh iya, burung ini katanya spesialis burung lomba sehingga harganya bisa mencapai Rp 4 juta. Kata sang pemilik, burung tersebut sudah sering juara di wilayah Pondok Bambu, seperti yang disadur dari Tribunnews.com (21/8/2020).

Korban bernama Agus Sugiyono (48) sudah melapor ke polisi dan memberikan barang bukti rekaman kamera CCTV dari rumah tetangganya. Korban pertama kali mengetahui burung kesayangannya dicuri dari anaknya sendiri. Padahal, burung tersebut sejatinya mau diikutkan lomba, tapi dicuri duluan.

Loading...

Tips Menghindari Pencurian Burung

  • Burung jangan ditinggal di luar rumah, meski sudah ada pagarnya.
  • Berikan alarm gantungan agar bunyi saat sangkar diturunkan.
  • Awasi rumah dan sekeliling dengan kamera CCTV.
  • Walau sudah dipagar, suara burung yang indah bisa memikat maling untuk mencurinya.
  • Waspada terkadang pencuri menyamar sebagai teman keluarga Anda dan mengambil burung untuk alasan tertentu.
  • Maling tidak berani mengambil burung saat Anda berada di sekitar burung.
  • Kalau rumah sekitar Anda sepi, lebih baik burung dimasukkan dulu sebelum keluar rumah.

Kesimpulan

Demikian kasus pencurian burung Cucak Hijau senilai Rp 4 juta dengan modus ojek online. Burung yang mewah selalu memikat telinga pencuri. Mungkin burung tersebut sudah diincar sejak lama saat Anda berada di gantangan atau lomba. Oleh karena itu, selalu waspada dan perhatikan lingkungan sekitar. Siapa tahu ada yang mengikuti saat Anda pulang dari lapangan lomba.

Baca juga:

Apalagi terkadang ada kasus pelaku dendam karena tawaran harga yang dia berikan tidak diterima. Sehingga dia dendam dan berniat mengambil burung dari rumah Anda. Hal seperti ini tidak sekali dua kali terjadi, tapi berkali-kali. Oleh sebab itu, waspadalah terhadap siapa saja tapi jangan berperasangka buruk karena hal tersebut tidak baik.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!