Om Sigit WMP Klaten (facebook.com)

8 Cara Mengatasi Lovebird Telat Ngekek di Lapangan Ala Om Sigit WMP

Burungnya.com – Terkadang performa Lovebird sulit ditebak. Saat di rumah, Lovebird ngekek panjang, tapi kalau sudah sampai di lapangan lomba, Lovebird telat ngekek atau telat bunyi. Bahkan, ada pula Lovebird yang tidak mau bunyi sama sekali.

Apakah ini yang dinamakan Lovebird jago kandang? Mungkin saja iya, karena Lovebird juara sudah pasti mampu tampil menawan di manapun dia berada. Lovebird juara juga bisa mengeluarkan kemampuan ngekeknya di berbagai kondisi, di antaranya kondisi pagi hari, siang hari, hingga malam hari.

Sebagai contoh, Lovebird Kusumo dulu tidak menyukai tampil di malam hari. Lovebird milik H. Sigit WMP ini hanya mau ngekek di pagi, siang, dan sore hari. Oleh karena itu, Lovebird Kusumo sangat jarang diikutkan lomba di malam hari.

Namun, setelah mendapatkan perawatan secara intens dari Om Sigit WMP, sekarang Lovebird Kusumo sudah berani tampil di segala kondisi, baik siang hari atau malam hari. Ternyata, setelah ditanyakan ke Om Sigit, rahasianya cuma satu, yakni Lovebird Kusumo butuh adaptasi di malam hari.

Om Sigit WMP membeberkan sedikit rahasia tentang Lovebird Kusumo agar mau tampil maksimal saat malam, salah satunya digantung di malam hari dengan sedikit penerangan cahaya lampu.

Ya, setiap malam, Lovebird Kusumo di gantung di sudut ruangan dengan cahaya lampu yang redup. Terbukti cara ini berhasil dan sampai sekarang Lovebird Kusumo tetap menjuarai segala perlombaan burung serta mau ngekek panjang.

Baca juga: 7 Tips Rahasia Merawat Burung yang Dibocorkan Pemilik Lovebird Kusumo

Cara mengatasi Lovebird telat ngekek ala Om Sigit WMP pemilik Lovebird Kusumo

Tak mau menyimpan rahasia perawatan Lovebird Kusumo, akhirnya Haji Sigit WMP memberikan beberapa tips mengatasi Lovebird telat ngekek di lapangan. Tips ini mungkin berbeda dengan tips perawatan Lovebird pada umumnya, karena Om Sigit mendapatkannya berdasarkan pengalaman selama memelihara Lovebird Kusumo.

Jadi, ada kemungkinan tips mengatasi Lovebird telat ngekek pada Lovebird Kusumo tidak berjalan maksimal pada Lovebird peliharaan Anda. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba tips-tips dari Om Sigit WMP, siapa tahu perawatan Lovebird Kusumo sama dengan perawatan Lovebird Anda.

Berikut beberapa cara mengatasi Lovebird telat ngekek di gantangan atau di lapangan ala Om Sigit WMP:

  • H-1 lomba burung, Lovebird tidak dijemur, cukup pagi diembunkan, diangin-anginkan, semprot lembut agak basah, diangin-anginkan, dijauhkan dari Lovebird lain, dan siang hari Lovebird tidak dikerodong.
  • Hari H lomba burung, saat di rumah, Lovebird diembunkan, semprot lembut lalu dikerodong, ditempatkan di lokasi yang sejuk sampai mau berangkat. Kalau berangkatnya subuh, cukup bersihkan sangkar, cek air dan pakan, dikerodong, lalu berangkat.
  • Setelah sampai di lokasi lomba, Lovebird ditunggu sampai ngekek dulu baru dibuka kerodongnya.
  • Gantang Lovebird di mana saja atau di gantangan biar adaptasi. Tunggu hingga Lovebird ngekek sekali dua kali.
  • Kalau Lovebird cuma mompa atau ngetik, Anda bisa menyemprot lembut dadanya sekali dua kali kemudian langsung dikerodong.
  • Dua sesi sebelum gantang atau kira-kira 15-20 menit sebelum gantang, Anda bisa membuka kerodong. Ambil pakan dan minumannya sambil dibersihkan sangkarnya
  • Usahakan Lovebird tidak ngekek terus di paddock biar staminanya tetap terjaga.
  • Untuk pakan, biasanya mulai H-1 jelang lomba sampai hari H lomba, (EF) Extra Fooding yang diberikan cuma jagung manis.

Demikian sedikit tips mengatasi Lovebird telat ngekek ala Om Sigit WMP. Apa yang dibagikan Om Sigit, semuanya berdasarkan pengalamannya sendiri. Om Sigit tidak pernah merahasiakan metode perawatan Lovebird Kusumo. Jika Anda ingin mengetahui settingan Lovebird Kusumo yang lain, Anda dapat mengunjungi akun Facebook pribadinya ‘Sigitwmp Klaten’.

Biasanya, Om Sigit selalu berbagi pengalaman melalui akun tersebut. Bahkan, Om Sigit sering membuka sesi tanya jawab perawatan Lovebird Kusumo kepada para kicau mania di seluruh Indonesia. Jadi, kalau ingin mendapatkan ilmu dari master Lovebird, Anda bisa mengikuti aktivitas Om Sigit di Facebook. Semoga bermanfaat.

Komentar