Press "Enter" to skip to content

Burung Terkecil di Dunia Punya Berat 1,6 gram dan Panjang 5 cm

0

Burungnya.com – Bicara tentang yang kecil-kecil, kira-kira burung terkecil di dunia itu burung apa ya? Ternyata, gelar burung terkecil di dunia diberikan kepada burung Kolibri Lebah atau Bee Hummingbird. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, beratnya 1,6-2 gram dan panjangnya 5-6 cm.

Burung Kolibri Lebah sendiri tidak lebih besar dari serangga, tapi bodinya lebih besar sedikit dari lebah. Maka tak heran, banyak kalangan yang memanggilnya burung Kolibri Lebah. Burung yang juga memiliki nama ilmiah Mellisuga helenae ini merupakan burung endemik di daerah Kuba.

Burung Kolibri Lebah (2il.org)
Burung Kolibri Lebah (2il.org)

Ciri-ciri burung Kolibri Lebah jantan biasanya mempunyai warna hijau di bagian belakang dengan tenggorokan warna merah menyala. Sementara, bagian atas warnanya biru dan sisanya abu-abu. Yang betina tak berbeda jauh, hanya saja bagian atasnya berwarna hijau dan ukuran tubuhnya lebih besar sedikit dari burung Kolibri Lebah jantan.

Makanan utama burung Kolibri Lebah adalah nektar, namun terkadang dia juga memakan serangga, seperti laba-laba kecil. Dalam sehari, burung ini mampu mengambil nektar dari 1.500 bunga. Burung Kolibri Lebah turut membantu reproduksi bunga-bunga tersebut karena serbuk sari yang diambil dari salah satu bunga terbawa ke bunga lainnya.

Tak hanya itu, burung yang sangat mungil ini mempunyai beberapa keunikan. Keunikan-keunikan burung Kolibri Lebah tidak bisa ditemukan pada burung-burung lainnya. Berikut beberapa keunikan burung Kolibri Lebah.

  1. Burung Kolibri Lebah mampu terbang 24 jam non-stop.
  2. Burung Kolibri Lebah mampu mengepakkan sayapnya hingga 80 kali per detik.
  3. Burung Kolibri Lebah mampu meningkatkan kecepatan kepakan sayapnya menjadi 200 kali per detik selama musim kawin (bulan Maret-Juni).
  4. Burung Kolibri Lebah mempunyai kecepatan terbang 40-48 Km per jam
  5. Burung Kolibri Lebah mampu terbang hoovering dan bergerak maju mundur di udara.
  6. Burung Kolibri Lebah lebih ringan dari sekeping uang logam kecil.
  7. Burung Kolibri Lebah mempunyai sarang yang seukuran dengan uang logam.
  8. Telur burung Kolibri Lebah lebih kecil dari sebuah uang logam
  9. Burung Kolibri Lebah biasanya makan dan minum setengah dari bobot tubuhnya untuk memenuhi kebutuhan energi setiap hari.
  10. Meski berukuran kecil, burung Kolibri Lebah mempunyai cerecetan dan besetan-besetan yang tajam, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memancing bunyi burung kicauan lainnya, seperti burung madu, Pleci, Cucak Keling, Cucak Kombo, dan Kemade.
  11. Burung Kolibri Lebah mendapatkan gelar burung terkecil di dunia dari Guinness World Records.
Baca juga:  Update 67 Daftar Peternak dan Penangkar Burung di Indonesia

Demikian informasi tentang Kolibri Lebah (Bee Hummingbird) yang menjadi burung terkecil di dunia lengkap dengan keunikan-keunikan yang dimilikinya. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Comment here