Burung Cendet (singaporebirds.com)

Rangkuman Cara Melatih Burung Cendet Muda Agar Cepat Gacor

Burungnya.com – Semua jenis burung membutuhkan latihan agar cepat gacor. Begitu juga dengan burung Cendet muda. Kalau Cendet dewasa mungkin bisa langsung beradaptasi dengan lingkurangan sekitar dan menirukan hampir semua jenis suara burung. Namun, tidak untuk burung Cendet muda.

Sebelum memulai latihan, Anda harus tahu dulu burung Cendet Anda termasuk burung berkualitas bagus atau tidak. Pasalnya, kalau asal melatih burung Cendet, maka hasilnya tak akan maksimal. Bahkan, mungkin Anda akan merasa kecewa karena burung Cendet Anda tidak sesuai dengan harapan.

Ciri-ciri burung Cendet muda berkualitas bagus

Nah, di sini kami akan memberikan beberapa ciri-ciri burung Cendet muda yang bagus sebagaimana yang disadur dari Omkicau.

  • Burung Cendet muda yang bagus mempunyai mata yang jeli, bulu yang rata dan agak mengilap.
  • Pergerakan Cendet lebih gesit, duburnya bersih dari kotoran (tidak sakit), serta organ kanan dan kiri seimbang.
  • Volume suara lebih keras dari suara burung Cendet lain.
  • Burung Cendet mempunyai mental yang baik dan tidak takut ketika bertemu burung sejenis
  • Pilihlah burung Cendet berkelamin jantan dengan warna bulu yang tegas mengilap dan kontras. Ciri-ciri Cendet jantan biasanya mempunyai pipi berwarna hitam legam, kepalanya agak ceper atau datar, ekornya berwarna hitam, supit burung lebih kecil dan memanjang serta ditandai dengan motif bulu berupa garis tidak beraturan di bagian supitnya.
  • Bentuk paruh burung Cendet memiliki pangkal yang lebar, tebal, besar, dan panjang. Kemudian, paruh bagian bawah cenderung lebih lurus dan tidak bengkok.
  • Posisi lubang hidung kalau bisa yang lebih dekat dengan mata.
  • Postur tubuh Cendet harus memiliki leher memanjang padat berisi, bagian badan sedang, ekor, serta kaki serasi. Ingat, jangan memilih Cendet dengan badan dan leher yang pendek.
  • Bagian sayap mengapit rapat dan kuat.
  • Untuk kaki, pilihlah Cendet dengan kaki yang mampu mencengkeram kuat, ukuran kaki yang besar dan terlihat kering. Di sisi lain, warna kaki burung Cendet tidak terlalu berpengaruh pada mental burung.
  • Kalau mau mencari burung Cendet bermental petarung, pilihlah burung dengan kepala besar, mata bulat besar dan melotot, lincah, serta nafsu makan yang tinggi.

Itu tadi, cara memilih burung Cendet muda berkualitas bagus. Tahap berikutnya, pemilihan pakan Cendet. Jadi, sebelum dilatih, Cendet harus diberi nutrisi makanan dan vitamin yang memadai.

Porsi pakan untuk burung Cendet

Pemberian pakan pun juga bervariasi, ada yang menyebut Cendet harus diberi pakan setelah dimandikan, tapi ada pula yang menyebut bahwa burung Cendet dapat diberi pakan pada pagi hari dan sore hari. Dalam kasus ini, Anda dapat memilih salah satunya yang terpenting porsi pakan Cendet mencukupi.

  • Kalau Anda ingin memberi pakan Cendet pada pagi hari, maka berikan jangkrik 10 ekor dan kroto 1 sendok makan. Lalu, sore harinya, berikan 5 ekor jangkrik dan kroto 1 sendok makan.
  • Kemudian, saat akhir pekan, terutama hari Jumat dan Sabtu, maka porsi pakannya ditambah. Pakan Jangkrik untuk pagi hari ditambah menjadi 15 ekor dan tambahan ulat Hong Kong 3 ekor. Lalu, pada sore hari, berikan jangkrik 7 ekor dan ulat Hong Kong 3 ekor.
  • Selain itu, jika Anda ingin membangkitkan naluri predator burung Cendet, Omkicau menyarankan untuk memberikan pakan atau mangsa yang alami, seperti kadal, tikus kecil, katak, bahkan burung kecil. Kalau burung Cendet Anda masih muda, berarti ukuran makanannya harus lebih kecil, di antaranya burung Emprit atau burung Gereja.
  • Jenis pakan seperti ini jangan terlalu sering diberikan ke burung Cendet muda. Hal ini akan membuat burung menjadi galak dan berpotensi menyerang burung lainnya ketika dilombakan. Jadi, berikan pakan seperti ini sekali dalam seminggu, agar hasilnya lebih bagus dan burung menjadi cepat gacor.

Itulah, porsi pakan untuk Cendet yang masih muda, sekarang kami akan menunjukkan cara melatih burung Cendet muda agar lebih cepat gacor.

Cara melatih burung Cendet muda agar cepat gacor

1. Menggantang burung Cendet berdekatan dengan burung lain yang bersuara keras

Anda harus membiasakan menggantang burung Cendet berdekatan dengan jenis burung lain yang memiliki suara keras, seperti Poksay Jambul, Tengkek Buto, Ekek Keling, dan burung lainnya. Proses pelatihan ini dapat dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi waktu satu hari penuh.

2. Memaster Cendet dengan suara burung yang kasar

Saat ini, diketahui banyak sekali burung kicau dengan suara kasar, antara lain Ciblek, Tengkek Buto, Cililin, Cucak Jenggot, dan lain-lain. Pilihlah salah satu burung tersebut untuk dijadikan masteran burung Cendet.

Dengan memaster Cendet menggunakan suara burung yang kasar, burung Anda akan terbiasa bersuara keras, tajam, dan gacor.

3. Mandi malam dan pengembunan

Cara melatih mental burung Cendet muda berikutnya, Anda bisa memandikannya pada malam hari sebanyak 2 kali dalam seminggu dan melakukan pengembunan pada esok harinya. Pengembunan dapat dilakukan dengan teknik semprot spray hingga basah kuyup.

Untuk proses pengembunan, Anda dapat melakukannya berulangkali, setiap hari. Takaran airnya minimal 5 liter atau 5 wadah semprotan. Setelah itu, berikan 5 ekor jangkrik dan dikerodong selama 3 jam sambil dijemur di bawah terik matahari. Jika sudah, pindahkan burung ke tempat yang rindang sampai sore hari, kemudian diberi ekstra foding 5 ekor jangkrik dan dikerodong kembali hingga esok pagi, seperti yang dikutip dari Mediaronggolawe.

4. Tidak menggoda burung dan digantang di tempat tinggi

Pelatihan selanjutnya, Anda tidak disarankan untuk menggoda burung Cendet menggunakan tangan atau pakan jangkrik. Jika Anda sering menggodanya, maka burung Cendet Anda akan berubah menjadi manja atau miyik. Sebaiknya, burung digantang di tempat yang jauh dari pandangan seperti gantangan kerekan tinggi milik burung Perkutut.

5. Selalu memperhatikan kebersihan sangkar

Kalau ingin burung Cendet Anda cepat gacor, maka Anda harus selalu memperhatikan kebersihan sangkar. Ini untuk menjaga agar burung Cendet selalu sehat dan bulunya tetap rapi serta bersih mengilap. Burung Cendet dengan bulu yang mengilap akan membuatnya lebih percaya diri dan memiliki mental pemberani.

Demikian rangkuman cara melatih burung Cendet muda agar cepat gacor. Jika Anda ingin tahu cara yang lebih esktrem, Anda bisa melihat tayangan video berikut.

Komentar