5 Cara Membuat Kenari Ngerol Panjang Tanpa Putus

Burungnya.com – Lihat burung Kenari ngerol panjang rasanya senang sekali. Pernah suatu ketika, salah satu penulis di Burungnya.com melihat Kenari milik tetangganya. Kenari tersebut ngoceh terus tanpa henti.

Bisa dibilang Kenari tersebut gacor dor dan ngerol panjang tanpa putus. Burung ini cuma diberi makan dan minum di cepuk kecil, tapi suaranya mantap dewa. Ada lagi tetangga yang lain, Kenari miliknya diberi berbagai macam sayur, tapi tidak mau bunyi.

Kira-kira apa yang menyebabkan Kenari bisa gacor dan satunya tidak gacor? Padahal, pakan yang diberikan tentunya lebih bagus yang ditambah sayur-sayuran. Tapi mengapa burung tersebut justru diam seribu bahasa?

Untuk masalah ini kemungkinan adalah faktor karakter, usia, tingkat kemapanan, perawatan, dan keturunan. Bisa jadi, burung Kenari yang gacor tapi cuma makan seadanya berasal dari trah jawara. Sehingga cuma diberi pakan sederhana, dia sudah gacor.

Berbeda dengan Kenari satunya, mungkin dia memang belum cukup umur, sehingga belum mapan. Terlebih, pemiliknya baru pertama kali pelihara burung Kenari, sehingga cara merawatnya mungkin belum maksimal.

Cara Membuat Kenari Ngerol Panjang

Lantas, bagaimana cara membuat Kenari gacor dan ngerol panjang tanpa putus? Ini di luar masalah keturunan dan trah, jadi kami akan fokus pada perawatan saja. Maksudnya, kami akan memberikan perawatan yang berpotensi membuat Kenari bisa ngerol panjang.

1. Kenari Latihan Napas Panjang dan Kuat

Untuk membuat Kenari bisa ngerol panjang diperlukan latihan pernapasan. Ini seperti orang yang menyanyi dalam tempo yang lama, tentu butuh kekuatan napas dan tenaga yang kuat.

Sama seperti burung, dia juga harus memiliki napas panjang dan tenaga yang kuat. Caranya gimana? Ya, dengan latihan di kandang umbaran. Masalahnya, tidak semua orang memiliki kandang umbaran.

Anda berarti harus mencari teman atau tetangga yang mempunyai kandang umbaran. Kandang ini memiliki ukuran yang panjang minimal 1 meter. Tujuannya untuk melatih Kenari bisa terbang bolak balik dalam waktu tertentu.

Manfaat Latihan Umbaran pada Kenari

Burung yang dilatih terbang akan memiliki otot dada dan sayap yang kuat. Selain itu, pernapasannya akan terlatih sehingga bisa bernapas panjang. Dengan begitu, Kenari bisa ngerol panjang juga.

Latihan umbaran bisa dilakukan Kenari sebanyak 3 kali dalam seminggu. Artinya hari ini latihan, besok istirahat, besoknya latihan lagi, terus keesokan harinya libur.

Tujuan diberi jeda istirahat agar efek yang didapat dari latihan terasa. Kalau burung dilatih terus setiap hari, bukannya bertambah bagus, tapi burung justru akan kelelahan dan drop.

Kenari Ngerol Panjang (wordpress.com)
Kenari Ngerol Panjang (wordpress.com)

2. Sangkar Harian yang Besar

Tidak hanya dilatih di kandang umbaran saja, burung Kenari juga harus diletakkan di sangkar harian yang besar dan luas. Anda bisa menggunakan sangkar yang biasa digunakan untuk Kacer atau sejenisnya.

Loading...

Kalau sangkar kecil dipakai untuk Kenari, kemungkinan dia masih bisa bertahan, tapi kemampuannya akan terhambat. Jadi, berikan saja sangkar yang luas, agar dia bisa leluasa terbang ke sana ke mari. Dengan begitu, burung akan senang dan mau berkicau.

3. Pemasteran Burung

Selanjutnya terapi pemasteran dengan suara burung yang panjang. Ada banyak sekali jenis burung dengan suara panjang. Putar saja suaranya setiap hari saat Kenari sedang tidak aktif.

Burung Kenari akan mendengarkan suara masteran tersebut dan mengingatnya. Lama kelamaan burung akan nyaman dan menirukan suara tersebut. Jadi bila sebelumnya dia cuma gacor saja, maka selanjutnya Kenari akan ngerol panjang.

4. Jaga Kesehatan Kenari

Masalah kesehatan Kenari harus diperhatikan dengan serius. Kicauan ngerol membutuhkan tenaga yang besar. Kalau burung dalam keadaan sakit atau drop, tentu dia tidak bisa ngerol panjang.

Kalau cuma sekedar gacor dan receh, banyak burung yang bisa melakukannya. Tapi kalau burung ngerol panjang, butuh energi ekstra.

Nah, untuk menjaga kesehatan Kenari, Anda bisa memberikan suplemen dan vitamin. Kedua produk ini tersedia di kios-kios burung dan toko online.

5. Pakan Extra Fooding Kenari

Setelah vitamin dan suplemen, berikan pakan extra fooding atau EF pada Kenari. Kalau burung Kenari, jenis pakan EF seperti telur puyuh, kroto, sayur hijau, ulat hongkong, pakan bijian mix, buah-buahan, dan lain-lain.

Berikan pakan-pakan tadi secara bergantian agar tidak bosan. Misalnya, hari ini Kenari diberi telur puyuh, berarti besok ganti kroto, dan seterusnya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat Kenari ngerol panjang tanpa putus. Dengan perawatan yang baik, burung Kenari akan memiliki performa yang baik. Saat itulah burung akan mulai berkicau panjang dan mengeluarkan suara tembakannya.

Berbeda kalau Anda merawat Kenari tanpa pengetahuan yang benar, tentu performa burung tersebut tidak akan maksimal. Bahkan, bisa jadi burung Kenari Anda tidak akan mengalami peningkatan kemampuan di bidang suara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!