Burung Jalak Suren Gacor Jadi Jarang Bunyi (pinterest.com)

15 Cara Mengatasi Jalak Suren Gacor Jadi Jarang Bunyi

Burungnya.com – Mengapa burung Jalak Suren gacor tiba-tiba bisa berubah jadi jarang bunyi. Padahal, sebelumnya burung tersebut rajin bunyi di rumah maupun di lomba. Kira-kira apa yang menjadikan Jalak tersebut berubah drastis?

Sudah pasti ada banyak faktor yang membuat Jalak Suren jadi jarang bunyi. Namun, sebenarnya faktor-faktor tersebut dapat diketahui karena sudah banyak yang mengalaminya. Anda tinggal mempelajari penyebab Jalak Suren macet bunyi, kemudian mengatasinya.

Penyebab Jalak Suren Gacor Jadi Jarang Bunyi

  1. Burung Jalak terlalu sering dimanja atau digoda.
  2. Jalak Suren sering digantung di lokasi ramai, saat burung dipindah ke tempat sepi, burung malas bunyi.
  3. Gonta-ganti merek pakan atau jenis pakan secara mendadak.
  4. Perubahan jumlah pakan extra fooding. Biasanya pakan EF diberikan banyak kemudian jadi sedikit.
  5. Burung sedang kurang sehat.
  6. Sangkar burung terjatuh.
  7. Jalak Suren diganggu hewan lain dari luar kandang.
Jalak Suren Gacor (olx.co.id)
Jalak Suren Gacor (olx.co.id)

Cara Mengatasi Jalak Suren Gacor Jadi Macet Bunyi

Setelah mengetahui penyebab Jalak Suren berubah. Anda bisa melakukan serangkaian perawatan untuk menyembuhkan berbagai masalahnya. Sebab, Anda harus tahu dulu penyebabnya, baru memperbaiki penyakit atau masalah Jalak Suren.

1. Adaptasi di Tempat yang Berbeda

Biarkan burung yang baru dibeli beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Caranya, pindahkan burung dari tempat yang satu ke tempat lainnya. Misalnya, burung digantung di teras depan, kemudian sorenya di pindah ke samping rumah atau belakang rumah.

2. Berikan Multivitamin

Proses adaptasi membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada burung yang butuh waktu seminggu, dua minggu, hingga satu bulan. Namun, kalau mau cepat adaptasinya, Anda bisa memberikan multivitamin kepada burung Jalak Suren.

3. Setiap Hari Embun Pagi

Jika Anda terbiasa bangun pagi, cobalah untuk mengembunkan burung di pagi hari. Ingat, waktu embun mulai sebelum matahari terbit. Lakukan hal ini sampai matahari terbit, kemudian dimandikan dan dijemur.

4. Pakan Extra Fooding

Saat embun pagi, Anda bisa memberikan ulat kandang sebanyak 1 cepuk atau 1 sendok teh kroto segar setiap dua hari sekali. Pemberian ulat kandang sebaiknya rutin setiap hari. Tujuannya agar burung Jalak Suren memperoleh asupan gizi yang seimbang.

Loading...

5. Makanan Buah

Sebagai selingan, Anda juga bisa memberikan buah-buahan seperti pepaya, pisang kepok, dan apel. Kalau mau lebih bergizi, potong saja semua buah tadi kecil-kecil kemudian dicampur merata. Agar lebih bagus khasiatnya, campur saja buah tadi dengan 1 sendok madu.

6. Bersihkan Sangkar

Jangan sampai lupa membersihkan sangkar setiap hari. Ganti juga pakan dan minumnya. Selain sangkar kelihatan bersih, kesehatan burung juga akan terjaga. Banyak orang tak menyadari bahwa sumber penyakit bisa berasal dari kotoran burung.

7. Relaksasi dengan Suara Terapi

Nah, agar burung Jalak Suren bisa kembali ke performa awal, Anda harus sering-sering memperdengarkan suara terapi alam. Misalnya, suara gemericik air, air terjun, air sungai, ombak lautan, suara kicauan burung di hutan, dan lain-lain.

8. Jangan Ganti-ganti Setingan

Jika Anda sering ganti-ganti setingan atau belum mengetahui setingan yang tepat, sebaiknya berikan perawatan sederhana saja. Kembalikan ke setingan normal dulu. Kemudian amati perubahannya. Jangan langsung mengubah setingan secara mendadak, nanti burung bisa stres dan macet bunyi.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi Jalak Suren gacor jadi macet bunyi. Yang terpenting Anda harus mengetahui dulu penyebab burung bisa macet bunyi. Soalnya, setiap burung memiliki penyebab yang tak sama.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda tidak akan kesulitan mencari-cari pemecahan masalah tersebut. Burung Jalak Suren bisa kembeli gacor lagi dan Anda bisa ikut lomba seperti biasa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!