5 Cara Mengubur Kucing Mati yang Benar

Burungnya.com – Kalau mendapati kucing mati karena ketabrak, kira-kira apa yang Anda lakukan? Sebagai warga muslim yang baik, sepantasnya kita harus mengubur kucing yang mati tersebut.

Jangan sampai kucing ditelantarkan begitu saja. Sebab, sesama makhluk hidup, kita harus saling tolong menolong. Kasihan kalau kucing digelatakkan di pinggir jalan.

Lagian kalau kucing kalian yang mati, tentu kalian juga tak tega melihatnya. Jadi, apapila ada kucing kampung yang mati, kita juga harus mengurusnya atau menguburkannya.

Baca juga:

Cara Mengubur Kucing Mati

1. Cari Tempat Mengubur

Apabila di sekitar rumah Anda terdapat pekarangan kosong, coba minta izin yang punya untuk mengubur kucing.

Apabila Anda tidak mengetahui siapa yang punya, kuburkan saja dulu karena proses penguburan harus disegerakan sebelum kucing mengeluarkan bau busuk.

Jadi izinnya nanti setelah proses penguburan selesai. Jika tidak memungkinkan mengubur di lahan kosong, kubur kucing di taman rumah Anda atau belakang rumah saja.

2. Buat Liang Kuburan

Kuburan kucing dibuat 2 kali dari ukuran tubuh kucing. Misalnya, kucing ukurannya 25 cm, berarti paling tidak kedalamannya 50 cm dan panjang lebarnya 30 x 20 cm.

Itu sudah cukup untuk mengubur seekor kucing. Terlebih kedalaman tanah segitu, sudah aman dan tidak mungkin bangkainya dibuka lagi oleh hewan liar.

3. Bungkus Kucing Mati

Untuk menghormati dan meminimalisir bau busuk, sebaiknya kucing mati dibungkus kain mori putih atau daun yang lebar, misal daun pisang.

Tutupi tubuhnya seluruhnya atau cuma di bagian alas dan atasnya saja. Lebih baik memang kucing dibungkus rapat biar aroma busuk tidak keluar.

4. Tutup Lubang

Kuburan segera ditutup dengan tanah yang dikeluarkan sebelumnya. Berikan tanah tambahan seperti gundukan karena nanti saat turun hujan, biasanya tanahnya turun sendiri atau ambles.

5. Beri Tanda atau Batu Nisan

Sama seperti kuburan manusia, kuburan kucing juga butuh diberi tanda atau batu nisan. Namun, itu tujuannya sebagai penanda saja, siapa tahu nanti Anda kangen dengan kucing. Jadi tidak perlu nama lengkap kucing, tanggal lahir, hingga tanggal kematian. Cukup berikan sedikit info yang bisa Anda kenali saja.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengubur kucing mati yang benar. Apakah kucing tidak perlu dimandikan? Tergantung kondisi, bila kucing mati dalam keadaan tubuh utuh, maka boleh dimandikan.

Namun, bila kucing mati karena korban tabrakan, kucing bisa langsung dikuburkan bersama dengan bagian tubuh yang hancur. Jangan lupa terakhir, doakan kucing agar nanti diterima di sisiNya, dan Anda diberi pengganti kucing yang hampir sama dengan sebelumnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.