Cara Merawat Pleci Bakalan yang Benar (youtube.com)

7 Cara Merawat Pleci yang Benar agar Cepat Gacor

Burungnya.com – Menurut sebagian orang mungkin cara merawat Pleci di rumah sudah benar. Walau sejatinya tidak ada patokan benar dan salah terkait perawatan burung Pleci. Namun, setidaknya masih ada faktor kenyamanan yang membuat perawatan burung tersebut menjadi benar.

Maksudnya gimana? Burung dirawat buka cuma diberi makan dan minum, tapi juga kenyamanan agar burung cepat gacor. Kita membuat burung Pleci lebih nyaman agar dia merasa bahagia dan mau berkicau lantang.

Cara Merawat Pleci yang Benar

1. Adaptasi dengan Lingkungan

Setelah beli Pleci dari omboyokan, Anda jangan langsung mengajak Pleci ke keramaian. Burung butuh adaptasi dengan lingkungan baru. Terlebih bila dia hasil tangkapan hutan, tentu saja burung akan kaget saat berada di rumah.

Jadi, awalnya burung dibiarkan sendiri. Gantung di tempat yang tinggi atau di taman depan rumah. Setelah beberapa hari, burung terlihat nyaman dengan tanda bisa tenang saat berada di dalam sangkar. Kalau sudah begini burung berarti sudah beradaptasi dan tidak stres.

2. Makan Buah

Untuk awal-awal, jangan langsung memberikan voer pada burung Pleci. Dia masih beradaptasi dengan rumah barunya. Jadi berikan Pleci buah-buahan atau pakan EF. Kemudian setelah 3 hari, baru Pleci bisa diberi voer.

Pemberian voer bisa dilakukan bertahap. Artinya buah-buahan dicampur voer sedikit atau sebaliknya. Misalnya, Anda ingin memberikan buah pisang, maka voer ditempelkan saja di buah pisangnya sedikit saja.

3. Kotoran di Sangkar

Burung Pleci yang sudah mapan atau gacor bisa dibersihkan kandangnya setiap hari. Namun, kalau burung masih baru, sebaiknya kotoran tidak perlu dibersihkan setiap hari. Kotorannya bisa dibersihkan 5-7 hari sekali. Tujuannya agar burung mengetahui bahwa itu adalah sangkarnya, sehingga lebih nyaman.

Cara Merawat Pleci Bakalan (youtube.com)
Cara Merawat Pleci Bakalan (youtube.com)

4. Pelihara Pleci Lebih dari Satu

Pleci termasuk burung berkoloni. Jadi, Anda harus memelihara Pleci lebih dari satu. Paling tidak, Anda di rumah memiliki burung Pleci sebanyak 2-3 ekor. Apakah burung-burung Pleci harus dipisah? Jika Anda tidak punya dua sangkar, Anda bisa menggabungkan kedua Pleci dalam satu sangkar.

Loading...

5. Gantung Sangkar

Kalau punya banyak sangkar Pleci, ada kalanya semua burung digantung berhimpitan agar hangat. Burung-burung Pleci saat siang dan sore dipisah agar dia bisa merasakan sinar matahari yang hangat. Malamnya sangkar Pleci digabung lagi agar tubuhnya hangat.

6. Penjemuran

Burung Pleci tubuhnya kecil, sehingga kalau mau menjemur harus sebentar saja. Maksimal 1 jam dalam menjemur Pleci. Saran kami Pleci dijemur selama setengah jam. Pagi jemur, sore juga jemur.

7. Pakan EF untuk Pleci

Banyak yang bilang Pleci diberi 4-5 ekor ulat hongkong setiap hari. Namun, ternyata itu hanya untuk burung mapan yang sudah berkicau. Nah, kalau untuk burung Pleci bakalan porsinya berapa? Pleci bahan bisa diberi setengah cepuk dicampur voer. Biarkan Pleci yang menentukan sendiri mau makan berapa ekor ulat hongkong.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara merawat Pleci yang benar agar cepat gacor. Yang penting di sini adalah kenyamanan. Burung dibiarkan beradaptasi dengan lingkungan, baru diberi perawatan yang bagus. Kalau burung langsung diberi setingan tertentu dia justru malah stres.

Jadi, biarkan burung nyaman dulu, setelah itu baru diberi perawatan yang standar-standar. Kemudian perawatan Pleci ditingkatkan agar cepat gacor. Kalau cuma untuk hiburan di rumah, Pleci cukup dirawat mandi jemur, pakan voer, buah, dan ulat hongkong secukupnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • pleci gabung dalam satu dangkar
  • Ciri pleci jantan petarung
  • tip memelihara pleci jantan lebih dari satu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!