Ciri Perkutut Buntel Mayit dan Mitos Pembawa Sial

Burungnya.com – Dalam tradisi budaya Jawa, anak-anak muda tidak diperbolehkan memelihara Perkutut Buntel Mayit. Alasannya kira-kira apa ya? Mengapa Perkutut ini tidak boleh dipelihara sembarangan orang?

Konon katanya Perkutut Buntel Mayet dianggap pembawa sial. Sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa memeliharanya. Namun, tidak semua anggapan tersebut benar, karena tergantung cocok-cocokan pemiliknya.

Mitos Perkutut Buntel Mayit Pembawa Sial

Ada yang bilang Perkutut Buntel Mayet dapat membawa sial. Usaha yang sukses dapat seketika hancur berkeping-keping kalau tidak cocok dalam memelihara Perkutut tersebut. Sebaliknya, jika Anda merasa kuat dan mampu merawat burung tersebut, maka dia tidak akan membawa sial.

Agar lebih jelas, sebaiknya Anda menanyakan dulu kepada ahlinya, apakah Perkutut tadi cocok untuk Anda pelihara. Hal ini untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan.

Di salah satu channel YouTube ada yang menjelaskan bahwa Perkutut Buntel Mayit hanya boleh dipelihara oleh orang-orang yang usianya di atas 50 tahun. Sementara seseorang dengan usia di bawah 50 tahun tidak diperbolehkan memelihara burung tersebut.

Ingat, ketika pelihara Perkutut ini, Anda harus selalu menjaga perasaan yang positif-positif tentang burung tersebut. Jika Anda selalu takut dan khawatir pada tuah buruk Perkutut Buntel Mayit, maka hal-hal buruk benar-benar akan menimpa Anda.

Ciri Perkutut Buntel Mayit (youtube.com)
Ciri Perkutut Buntel Mayit (youtube.com)

Ciri-ciri Perkutut Buntel Mayit

Katuranggan Perkutut Buntel Mayit sangat mudah dikenali karena memiliki ciri-ciri sayap besar berwarna putih. Jadi, bagian sayap besar atau sayap dewasa ada yang berwarna putih polos. Sayap putih ini terselip di antara sayap-sayap hitam dan abu-abu. Jumlahnya bisa satu helai atau lebih.

Loading...

Sekilas Perkutut ini mirip dengan Perkutut Songgo Buwono. Kalau Perkutut Songgo Buwono mempunyai sayap putih pada bagian sayap muda atau sayap yang kecil.

Oleh karena itu, jangan asal memelihara Perkutut kalau tidak mengetahui katuranggannya. Selain itu, lihat dulu asal usulnya, siapa tahu dia Perkutut lokal alam yang penuh hal-hal mistis.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian ciri Perkutut Buntel Mayit dan mitos pembawa sial. Tak heran, beberapa orang selalu melepaskan burung tersebut walau dia datang sendiri ke rumah. Soalnya, mereka tidak mau mengambil risiko adanya hal-hal buruk yang menimpa pemilik dan keluarga.

Jika Anda orang kejawen yang memiliki ilmu-ilmu mistis di atas orang lain, mungkin saja bisa memelihara burung Perkutut Buntel Mayit. Namun, kalau orang biasa sepertinya harus berpikir berkali-kali sebelum memutuskan untuk memelihara Perkutut gaib tersebut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Ciri kutut buntel mayit
  • Ciri2 perkutut buntel mayit
  • perkututbuntelmayit
  • burung berkutut bunyel mayet
  • Burung perkutut bunt
  • perkutu buntel mayey boleh diplihata atau tidak
  • Sayap perkutut ada putih 5
  • Perkutut bun
  • ciri prekutut buntel mayit
  • ciri ciri perkutut buntel mayet

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!