Skip to content

35 Jenis Parkit Warna Langka, Populer, dan Paling Dicari

Jenis Parkit Langka (pinterest.com)

Burungnya.com – Jenis Parkit dan mutasinya memang banyak sekali. Sama seperti burung Lovebird, Parkit memiliki berbagai warna yang indah. Namun, untuk kategori lomba suara, burung Lovebird lebih bagus dari burung Parkit.

Anda pasti setuju soal itu, karena jenis burung Parkit memang cuma nyerecet saja. Sementara burung Lovebird ngekek panjang dan terkadang bisa menirukan suara burung, seperti Kenari, burung Gereja, dan lain-lain.

Namun, sekarang kita akan membicarakan burung Parkit, terutama soal warna. Sebab, jenis warna Parkit ada yang langka, populer hingga banyak dicari kicau mania.

Nah, nanti kami akan memberikan daftar jenis Parkit berdasarkan beberapa kategori warna, populer, langka dan banyak dicari.

Jenis Parkit Paling Populer (pinterest.com)

Jenis Parkit Paling Populer (pinterest.com)

Jenis Parkit

1. Warna Burung Parkit

  1. Biru
  2. Putih
  3. Biru tua
  4. Kuning
  5. Biru laut
  6. Hijau muda
  7. Ungu
  8. Hijau tua
  9. Siri kuning
  10. Recessive pied
  11. Greywing
  12. Cinnamon

2. Jenis Parkit Populer

  1. Yellow facebook
  2. Spangle
  3. Grey
  4. Violet
  5. Clearwing
  6. Opaline
Jenis Parkit Langka, Populer, dan Paling Dicari (ferplast.com)

Jenis Parkit Langka, Populer, dan Paling Dicari (ferplast.com)

3. Jenis Burung Parkit Paling Dicari

  1. Albino
  2. Lutino
  3. Creamino
  4. Double factor spangle
  5. Dominant pied

4. Jenis Parkit Langka

  1. Lacewing
  2. Dark eyed clear
  3. Rainbow

5. Burung Parkit Sangat Langka

  1. Black face
  2. Slate
  3. Crested
  4. Clearbody
  5. Half sider
  6. Mottled
  7. Antracite
  8. Fallow
  9. Saddleback

Warna Parkit Menarik

Dalam hal warna, burung Parkit memang jagonya. Jenis Parkit dengan warna pelangi saja ada dan mempesona. Burung ini memang cocok untuk dinikmati warnanya.

Namun, untuk kualitas suara Parkit, sepertinya masih belum bisa diandalkan. Pasalnya, suara burung Parkit hanya nyerecet saja. Berbeda dengan suara burung Lovebird yang sudah ada kelasnya di lomba.

Sementara burung Parkit yang dinilai justru lomba beauty contest. Sehingga warna Parkit cantik yang paling utama. Sementara suara Parkit kurang diperhatikan.

Selama jenis Parkit tadi langka, warna bagus, tidak cacat, maka ada potensi besar untuk burung tersebut menang. Oh iya, faktor keturunan juga penting.

Cara Merawat Jenis Parkit Warna

Kalau burung Parkit warna biasanya perawatan difokuskan pada pemberian nutrisi makanan yang bisa membuat warna tambah mempesona. Latihan fisik paling hanya diumbar di kandang umbaran atau kandang aviary yang besar.

Sementara untuk nutrisi makanan, vitamin, dan suplemen Parkit hukumnya wajib. Anda harus memberikan nutrisi pada burung Parkit agar warna bulunya indah.

Untuk menunjang warna bulu yang menarik, berikan sayur dan buah saja. Biasanya makanan alami akan berpengaruh besar pada warna burung Parkit.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan potongan wortel, tomat, sawi, kangkung, apel merah, hingga jeruk sebagai makanan Parkit. Semuanya baik untuk kesehatan dan membentuk warna Parkit lebih cerah.

Jangan menjemur burung Parkit terlalu lama. Pemandian burung Parkit juga tidak perlu sampai basah kuyup. Kalau mandi cukup disemprot embun saja sebelum matahari terbit.

Nanti begitu matahari terbit, jemur sebentar agar badanya kembali segar dan bugar. Parkit jangan dijemur siang hari, takutnya bulunya kepanasan. Nanti bulu Parkit bisa kusam, rontok, dan tidak cerah lagi.

Jauhkan juga burung Parkit pada burung lain yang membuatnya ketakutan. Tujuannya agar burung ini tidak stres dan menabrak jeruji sangkar. Lebih baik Parkit dimasukkan ke kandang aviary yang besar.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis Parkit warna langka, populer, dan paling banyak dicari. Ada juga burung Parkit yang sangat langka. Burung ini dikatakan sangat langka karena terjadi secara kebetulan.

Baca juga:

Para penangkar senior juga sulit mencetak burung tersebut. Hanya kondisi burung, keadaan, dan indukan yang bisa mencetak Parkit super langka. Akan tapi kalau Anda mau mencoba-coba boleh-boleh saja.

Bisa jadi itu karena anugerah sehingga terlahir Parkit langka dan menarik. Anda juga bisa menemukan burung Parkit seperti itu karena semua terjadi karena kebetulan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • jenis-jenis warna parkit

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.