Makanan Anis Merah, Jenis, Porsi, dan Pemberian

Burungnya.com – Apa saja makanan anis merah biar gacor? Jawaban paling sederhana tentu makanan voer, pakan EF, suplemen, dan multivitamin. Mungkin saja, setiap kicaumania jawabannya berbeda karena tergantung dari kebiasaan.

Anis merah sangat gacor apabila diberi makanan yang tepat. Burung ini memiliki ciri khas suara tembakan yang indah. Tak jarang, burung ini sering dijadikan burung masteran karena suaranya bervariasi.

Nah, daripada nanti Anda bingung, kami berikan jawaban secara umum.

Makanan Anis Merah

Apa saja makanan anis merah di alam liar?

Makanan anis merah di alam liar adalah berbagai jenis serangga, seperti jangkrik, ulat, kroto, cacing, dan kadang-kadang buah-buahan, seperti pisang dan pepaya.

Apa saja makanan anis merah yang baik untuk kesehatan dan kicauannya?

Makanan anis merah yang baik untuk kesehatan dan kicauannya adalah voer yang mengandung protein dan nutrisi yang cukup, serta ekstra fooding (EF) yang berupa serangga dan buah-buahan.

Voer bisa diberikan setiap hari, sedangkan EF bisa diberikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan burung.

Lihat juga: 10 Harga Burung Anis Merah Jantan Gacor Terbaru

Berapa banyak makanan anis merah yang harus diberikan setiap hari?

Jumlah makanan anis merah yang harus diberikan setiap hari tergantung pada jenis dan kualitas makanannya.

Secara umum, voer bisa diberikan sekitar 1-2 sendok makan setiap hari, sedangkan EF bisa diberikan sekitar 2-4 ekor jangkrik, 1 sendok teh kroto, dan 1-2 potong buah-buahan setiap hari.

Kapan
waktu yang tepat untuk memberi makan anis merah?

Waktu yang tepat untuk memberi makan anis merah adalah pada pagi dan sore hari, sebelum dan sesudah burung beraktivitas.

Pada pagi hari, makanan bisa diberikan sekitar pukul 06.00-07.00, sedangkan pada sore hari, makanan bisa diberikan sekitar pukul 16.00-17.00.

Lihat juga: 10 Perbedaan Burung Anis Merah dan Anis Kembang

Apa saja makanan anis merah yang harus dihindari?

Makanan anis merah yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung bahan kimia, pengawet, pewarna, atau bumbu, seperti mie instan, roti, kue, gorengan, atau sisa makanan manusia.

Makanan-makanan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, keracunan, atau bahkan kematian pada burung.

Bagaimana cara mengetahui apakah anis merah kekurangan atau kelebihan makanan?

Cara mengetahui apakah anis merah kekurangan atau kelebihan makanan adalah dengan mengamati perilaku, kondisi fisik, dan kualitas kicauannya.

Jika anis merah kekurangan makanan, burung akan tampak lesu, kurus, bulunya kusam, dan kicauannya lemah. Jika anis merah kelebihan makanan, burung akan tampak gemuk, malas, bulunya berminyak, dan kicauannya serak.

Bagaimana cara mengatur makanan anis merah sesuai dengan kondisi dan tujuannya?

Cara mengatur makanan anis merah sesuai dengan kondisi dan tujuannya adalah dengan menyesuaikan jenis, jumlah, dan frekuensi pemberian makanannya.

Misalnya, jika anis merah sedang mabung, maka EF bisa dikurangi atau dihentikan sementara, dan hanya diberikan voer dan buah-buahan. Jika anis merah sedang over birahi, maka EF bisa dikurangi menjadi 1 ekor jangkrik per hari, dan diberikan voer dan buah-buahan.

Jika anis merah sedang dipersiapkan untuk lomba, maka EF bisa ditingkatkan menjadi 3-4 ekor jangkrik per hari, dan diberikan voer, kroto, dan cacing tanah.

Penutup

Demikian penjelasan tentang makanan anis merah, jenis, dan cara pemberian. Burung anis merah terkenal memiliki suara yang gacor dan merdu.

Walau cuma sendirian di rumah, burung anis merah akan tetap mengeluarkan suara indahnya. Sehingga untuk menunjang performa dan suaranya, dibutuhkan asupanan makanan yang bergizi.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Follow Official Instagram kami @burungnyadotcom.

Artikel ini boleh ditulis ulang tapi tolong dicantumkan sumbernya dari Burungnya.com. Kami sangat mengapresiasi hal tersebut.

Leave a Comment