8 Makanan Burung Kolibri Ninja dan Dampaknya

Burungnya.com – Banyak yang sudah tahu bahwa makanan burung Kolibri adalah nektar, serangga kecil, dan lain-lain. Namun, setelah dirawat di dalam kandang, kita jadi sulit menemukan nektar asli dari tanaman.

Tak heran, sekarang mulai bermunculan produk-produk nektar khusus untuk makanan Kolibri. Namun, kali ini kita tidak akan menyarankan Anda untuk beli produk nektar.

Justru kita akan mengajarkan Anda cara membuat makanan burung Konin untuk harian. Tujuannya apa, ya tentu saja untuk menghemat pengeluaran pakan.

Makanan Burung Konin Kolibri Ninja

1. Kroto kecil diberikan 1 sendok makan atau 1 sendok teh setiap hari.

2. Air putih harus diganti setiap hari.

3. Madu 1 wadah kecil dan diganti 2-3 hari sekali.

4. Kental manis dan diganti 2-3 hari sekali.

5. Air manis atau air gula diganti 2-3 hari sekali.

Contoh Cara Pemberian Makanan Konin

  • Kroto dan air putih setiap hari.
  • Senin – Selasa: Madu.
  • Rabu – Kamis: Air Gula.
  • Jumat – Sabtu: Susu Kental manis.
  • Minggu: Madu dicampur susu kental manis lalu diaduk.

Alternatif Bahan Pembuatan Makanan Kolibri

1. Air Gula

Pembuatan air gula pasir dapat diganti dengan air gula aren. Jika sulit mendapatkannya, Anda bisa mengganti gula aren dengan sirup yang 100 persen gula asli.

2. Susu

Untuk susu dapat diganti kental manis putih atau susu bubuk yang dicampur air.

3. Madu

Bahan madu bisa menggunakan madu asli, madu botolan, atau madu rasa. Kalau tidak ada, madu bisa diganti dengan sari kurma cair.

Makanan Burung Konin Kolibri Ninja (tahlequahdailypress.com)
Makanan Burung Konin Kolibri Ninja (tahlequahdailypress.com)

Dampak Efek Makanan Minuman Burung Kolibri Ninja

1. Madu

Ternyata madu dapat menimbulkan efek fighter & menghangatkan tubuh, tapi madu juga mempunyai efek negatif.

Bila burung terlalu sering mengonsumsi madu tanpa diberi variasi, madu dapat menimbulkan kebotakan kepala dan galak karena efek madu yang panas.

2. Susu

Selanjutnya susu bisa membuat kondisi Kolibri menjadi bugar dan bulu mengkilap. Efek negatifnya, terlalu sering mengonsumsi susu tanpa diberi variasi, Konin bisa kegemukan.

Akhirnya burung Kolibri jadi malas bunyi dan keluar benjolan timbunan lemak atau kegemukan. Jika hal tersebut tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

3. Air Gula atau Sirup

Tahukah Anda air gula mempunyai kandungan energi, tapi kalau hanya mengonsumsi air gula tanpa diberi variasi madu dan susu, lama kelamaan Kolibri akan menjadi kurus dan lemas.

Bila hal ini dibiarkarkan berlanjut tanpa diberikan variasi makanan, burung Kolibri bisa mati.

Loading...

4. Kroto

Kalau kroto sudah pasti menimbulkan efek gacor. Pemberian kroto harus setiap hari, sebab kroto adalah makanan yang berserat bagi Konin. Dampak negatif bila tidak rutin mengonsumsi kroto, burung akan malas berkicau, kotoran encer, dan lama kelamaan akan lemas lalu mati.

5. Buah

Jenis makanan berupa buah sawo, pisang, tomat, pepaya, dan jeruk, sementara ini tidak ada efek negatif bagi Konin. Khusus buah sawo, jeruk bayi atau jeruk sankis atau jeruk santang bisa membuat Konin lebih rajin bunyi.

Baca juga:

6. Ulat Hongkong dan Ulat Kandang

Ternyata ulat Hongkong dan ulat Kandang bisa memberi efek spontan lebih agresif atau fighter pada Kolibri. Pasalnya ulat bersifat panas untuk tubuh Konin.

Efek negatif ulat dapat membuat burung rontok bulu atau mabung, susah buang air besar atau terganggu pencernaannya, serta menimbulkan benjolan di kepala dan sekitar mata.

Bagi yang suka lomba dapat menggunakan ulat hongkong atau ulat kandang untuk menambah performa burung. Tapi jangan berikan ulat setiap hari.

7. Laba-laba

Efek positif pemberian laba-laba pada Konin dapat meningkatkan agresif dan fighter (porsi tepat). Namun, ada juga dampak negatifnya, yaitu sebagai berikut:

  • Kolibri jadi tidak suka makan kroto.
  • Burung jadi stres.
  • Gangguan pencernaan.
  • Bulu berjatuhan.
  • Konin over dosis dan bisa mati mendadak.

8. Voer

Konin atau Kolibri Ninja bukan tipe burung pemakan voer. Burung ini lebih sering makan nektar bunga dan madu.

Jadi tidak ada pengaruh positif dari voer tapi pengaruh negatifnya ada yaitu:

  • Susah buang air besar.
  • Jatuh sakit.
  • Kegemukan.
  • Malas gerak.
  • Tidak mau bunyi.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Konin Kolibri Ninja dan dampaknya. Apa yang diberikan ke burung kesayangan memang harus mendapatkan perhatian.

Setelah mengetahui dampak dari pemberian makanan tersebut, Anda akan lebih berhati-hati dalam memberikan makanan ke Konin. Yang paling baik berikan makanan alami dulu, kemudian olahan atau racikan, dan terakhir makanan kemasan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apakah konin ijoan bahan boleh dikaaih madurasa
  • BAGAIMANA AIR GULA UNTUK BURUNG KONIN
  • bisa burung konin di kasih makan air gula
  • voer burung botolan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!