Jamu Pakan Burung Perkutut (youtube.com)

Pakan Jamu Burung Perkutut Alami dari Rempah-rempah

Burungnya.com – Sampai saat ini Kung mania meyakini Perkutut gacor karena keturunan indukan, katuranggan, hingga pakan yang bagus. Berbicara tentang pakan burung Perkutut, ternyata ada pakan alami yang bagus, salah satunya jamu Perkutut.

Bahan jamu-jamuan ini didapat dari minuman jamu yang biasa dikonsumsi manusia. Namun, Anda jangan memberikan minuman jamu yang sudah jadi atau yang kemasan langsung ke burung Perkutut. Sebaiknya Anda meracik sendiri jamu tersebut agar hasilnya maksimal.

Cara Membuat Jamu Perkutut (youtube.com)
Cara Membuat Jamu Perkutut (youtube.com)

Cara Membuat Jamu Pakan Burung Perkutut

Racikan pakan jamu burung Perkutut mudah dibuat. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan sederhana serta murah. Meski murah, hasilnya sangat bagus karena berasal dari rempah-rempah. Anda tidak perlu menambahkan vitamin atau suplemen apapun. Cukup dengan jamu Perkutut saja.

Alat dan bahan:

  • Suntikan yang diberi karet pentil 10 cm di ujungnya.
  • Pisau.
  • Parutan.
  • Saringan.
  • Air putih.
  • Telur ayam kampung.
  • Daun sirih.
  • Kencur.
  • Kunyit.
  • Gula jawa.
  • Biji pepaya.
  • Madu murni alam yang asli.

Cara membuat:

  1. Kencur dan kunyit diparut halus.
  2. Daun sirih juga diparut sampai halus.
  3. Masukkan parutan ke dalam wadah.
  4. Kemudian beri air secukupnya.
  5. Aduk-aduk hasil parutan sampai tercampur merata.
  6. Saring dan peras seluruh bahan tersebut agar bisa dimasukkan ke dalam suntikan.
  7. Proses penyaringan bisa dilakukan berkali-kali sampai airnya terlihat seperti jamu encer.
  8. Pecahkan telur ayam kampung dan ambil kuningnya saja. Aduk sampai tekstur kuning telurnya encer.
  9. Masukkan gula merah yang sudah diparut. Kemudian aduk lagi seluruh bahan.
  10. Setelah itu baru campur dengan madu murni agak tidak mengental. Lalu, aduk-aduk lagi sampai merata.
  11. Sedot pelan-pelan racikan jamu Perkutut ke dalam suntikan.
  12. Berikan jamu ke burung Perkutut sekitar 2 ml tergantung tembolok burung.
  13. Biji pepaya bisa dilolohkan sebanyak 2-3 butir.

Manfaat Jamu Perkutut

Perlu Anda ketahui, manfaat kencur untuk menjernihkan suara dan membuat napas panjang. Daun sirih juga memiliki manfaat yang sama untuk memperpanjang napas burung Perkutut. Kunyit bisa membuat burung Perkutut nafsu makan bertambah.

Telur ayam kampung dan gula merah bisa menambah stamina energi di tubuh Perkutut. Sedangkan biji pepaya untuk mengeluarkan racun-racun di tubuh.

Loading...
Pemberian Pakan Jamu Burung Perkutut (youtube.com)
Pemberian Pakan Jamu Burung Perkutut (youtube.com)

Konsumsi Jamu Semua Jenis Perkutut

Jamu ini bisa digunakan untuk semua jenis Perkutut. Jadi Perkutut Bangkok dan Perkutut Lokal bisa diberi jamu tersebut. Selain itu, burung Perkutut piyik atau anakan sampai dewasa juga bisa meminum jamu racikan.

Burung Puter dan Derkuku bisa mengonsumsi jamu juga. Bahkan, burung kicau seperti Kacer dan Trucukan juga bagus hasilnya. Namun, untuk jenis burung kicau yang lain belum diuji coba.

Baca juga:

Info Tambahan

Anda perlu mewaspadai saat memasukkan suntikan pentil ke dalam paruh. Soalnya, kalau kurang pas, Perkutut bisa tersedak dan kesulitan bernapas. Pentil dibuat panjang sekitar 10 cm agar bisa melewati tenggorokan dan langsung masuk ke perut. Kalau pentil pendek, kemungkinan jamu bisa nyangkut di tenggorokan dan mengganggu pernapasan.

Saat menyuntikkan jamu pelan saja, sekitar 2 ml. Kalau kebanyakan jamu juga tidak baik untuk Perkutut. Lebih baik burung Perkutut mengonsumsi jamu dalam takaran yang pas, daripada diberi banyak tetapi hasilnya kurang maksimal.

Kesimpulan

Demikian pakan jamu burung Perkutut alami yang berasal dari rempah-rempah pilihan. Semua bahan dipilih dari bahan alami dan diolah secara tradisional tanpa tambahan bahan kimia atau bahan pengawet. Sehingga pakan ini diyakini aman untuk Perkutut dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Burung Perkutut akan rajin bunyi, rajin manggung, dan gacor. Di samping itu, burung juga akan tambah sehat, stamina kuat, dan napasnya panjang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!