8 Setingan Lovebird Betina Single Fighter Untuk Pekerja Kantoran

8 Setingan Lovebird Betina Single Fighter Untuk Pekerja Kantoran

Burungnya.com – Para pekerja kantoran mempunyai waktu yang terbatas. Sehingga untuk merawat Lovebird betina tentunya sangat merepotkan. Meski begitu, pekerja kantoran tetap dapat merawat Lovebird betina single fighter dengan mudah apabila waktunya sesuai.

Untuk merawat Lovebird betina SF tidak perlu terlalu ‘ngoyo’, santai saja. Anda dapat menyesuaikan waktu kerja, waktu bersama keluarga, dan waktu bersama Lovebird.

Misal, sebelum kerja Lovebird bisa diembunkan dulu, kemudian pulang kerja, Lovebird dimandikan sambil dibersihkan kotoran dan ganti pakan minum. Bagi pekerja, tentu setingan Lovebird single fighter seperti tidak akan merepotkan.

Baca juga: 3 Setingan Tunggal Lovebird Paud Single Fighter

Setingan Lovebird Betina Single Fighter

1. Lingkungan Steril Lovebird

Untuk setingan Lovebird betina single fighter lebih baik pilihkan lingkungan yang sepi. Maksudnya, Lovebird betina harus dibiarkan sendiri dan steril dari Lovebird lain. Kalau pun ada suara burung, maksimal cuma suara burung MP3 saja atau suara masteran.

Mengapa tidak boleh dirawat dengan Lovebird lain? Hal ini berkaitan dengan Lovebird betina gacor di rumah tapi tidak mau bunyi di lomba.

Beda dengan Lovebird betina yang ngekek sendiri, biasanya Lovebird akan lebih santai saat tampil di lomba. Sehingga, Lovebird betina akan ngekek rileks di rumah kemudian ngekek maksimal di lapangan.

Baca juga: 8 Setingan Lovebird Konslet Koloni dengan 4 Pasangan

2. Mandi Malam Untuk Lovebird Betina

Perawatan Lovebird betina SF lainnya, yaitu mandi malam. Tujuan mandi malam untuk menurunkan birahinya. Waktu yang tepat untuk setingan mandi malam Lovebird betina single fighter yaitu setelah solat Magrib atau sekitar jam 18.00.

Selain itu, waktu memandikan Lovebird betina jam 18.00 akan lebih mudah dilakukan daripada harus memandikan Lovebird tengah malam di jam 22.00 atau 00.00 malam.

Bagi Anda yang pekerja, tentu akan merasa kesulitan untuk memandikan Lovebird betina single fighter malam hari. Oleh karena itu, lebih baik Lovebird dimandikan sore hari saja setelah pulang kerja.

Manfaat Mandi Malam Lovebird (visiteifel.com)
Manfaat Mandi Malam Lovebird (visiteifel.com)

Kalau Anda pulang kerja jam 20.00 malam, Anda bisa melakukan pada jam tersebut. Yang penting, sebelum tidur, Anda bisa memandikan burung Lovebird dulu sambil mengganti pakan dan minumnya. Sehingga besoknya, Lovebird tinggal diembunkan saja.

Baca juga: 15 Setingan Lovebird Jantan Konslet dengan Pancingan Sepasang Lovebird

3. Pengembunan Lovebird Betina

Untuk setingan pengembunan Lovebird betina, mau tidak mau harus bangun pagi. Kalau bisa Lovebird diembunkan pukul 05.00-06.00 pagi.

Dari pengembunan ini akan terlihat Lovebird betina birahi atau tidak. Tingkat birahi Lovebird menjadi faktor penentu seberapa panjang Lovebird ngekek dan seberapa Lovebird fighter di lomba.

Lebih baik, Lovebird diembunkan sampai matahari terbit. Namun, kalau Anda berangkat kerja pagi-pagi sekali, maka Lovebird betina diembunkan sebentar saja 15-30 menit sudah cukup.

Baca juga: 12 Setingan Lovebird Malam untuk Lomba Malam Hari

4. Latihan Fisik di Kandang Umbaran

Setingan fisik untuk Lovebird betina juga penting. Anda dapat memasukkan Lovebird ke kandang umbaran untuk memperkuat napas, menurunkan birahi, dan membuat Lovebird lebih langsing.

Jadi, setiap beberapa hari sekali Lovebird harus latihan fisik untuk mendongkrak staminanya. Latihan Lovebird betina single fighter bisa dilakukan di kandang umbaran atau kandang koloni.

Loading...

5. Penjemuran Lovebird Betina

Setelah diembunkan, kalau Anda mempunyai waktu, Lovebird bisa dijemur sampai jam 08.00. Ingat, Lovebird harus terkena sinar matahari tapi tidak perlu terlalu panas. Jadi, Lovebird dijemur sampai jam 08.00 sudah cukup.

Penjemuran dapat ditingkatkan durasinya tapi sedikit-sedikit saja. Maksimal Lovebird dijemur sampai jam 10.00. Namun, lebih baik Anda menjemur Lovebird maksimal sampai jam 09.00 saja.

Cara Menjemur Lovebird Kusumo (youtube.com)
Cara Menjemur Lovebird Kusumo (youtube.com)

Baca juga: 5 Ramuan Lovebird Konslet Lengkap dengan Cara Membuatnya

6. Ciri Birahi Lovebird Betina

Apabila Lovebird betina mencampurkan milet putih ke wadah minumnya, berarti Lovebird tersebut sedang birahi. Ciri lainnya, Lovebird betina gigit ruji atau mengawini tangkringan. Untuk mengatasinya, Anda bisa meletakkan batang kayu gigitan untuk menyalurkan birahi Lovebird dan membuatnya tidak galak.

7. Setingan Lovebird Betina Lomba

Kalau sudah masuk lomba, Anda harus membuat birahi Lovebird betina minus 1 saat berada di rumah. Sebab, saat tiba di lomba, birahi Lovebird betina akan naik, sehingga birahi Lovebird di lomba menjadi pas atau stabil.

Jangan sampai birahi Lovebird betina lomba over birahi. Hal ini karena menurunkan Lovebird birahi lebih sulit daripada meningkatkan birahi Lovebird. Anda dapat meningkatkan birahi Lovebird dengan memberikan kangkung.

Ciri birahi Lovebird minus 1, yaitu durasi ngekek panjang tapi volume sedikit lebih pelan, dan fisik bulu Lovebird lebih mengembang sedikit.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Lovebird Jarang Ngekek Jadi Rajin Ngekek Panjang

8. Pakan Lovebird Betina

Untuk makanan Lovebird betina single fighter cukup milet putih yang bersih. Jadi, cuci dulu milet putih sebelum diberikan ke Lovebird. Jangan lupa, minumannya juga harus bersih dan diganti setiap saat.

Minuman Lovebird harus diganti setiap saat berkaitan dengan kebiasaan Lovebird betina birahi selalu memasukkan milet ke tempat minum. Hal ini tentu membuat minumannya tercemar. Sehingga minuman Lovebird betina harus diganti setiap saat.

Lovebird Tipe Dingin atau Basah Mandi di Piring (youtube.com)
Lovebird Tipe Dingin atau Basah Mandi di Piring (youtube.com)

Demikian setingan Lovebird betina single fighter. Anda bisa mengikuti setingan Lovebird ini bila dirasa karakter Lovebird Anda sama. Namun, jika karakternya berbeda maka Anda bisa menambah atau mengurangi setingan Lovebird tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi di Lomba

Jangan melakukan semua setingan secara utuh, tapi sesuaikan dengan karakter Lovebird Anda. Sebab, setiap jenis Lovebird memiliki karakter yang berbeda. Kalau dipaksakan menggunakan satu setingan yang sama, malah hasilnya tidak maksimal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • perawatan lovebird single fighter dewasa betina
  • cara merawat lovebird betina single fighter
  • rawatan lb betina sf
  • perawatan lovebird betina single fighter
  • kebiasaan lovebird betina
  • cara setting lovebird dewasa single fighter
  • cara merawat lovebird betina
  • perawatan lovebird single fighter
  • Seting
  • rawatan lovebird betina sigle

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!