Burung Pleci (birdsthatfart.com)

10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Burung Pleci serta 3 Racikan Makanan Agar Cepat Gacor

Burungnya.com – Menu makanan burung Pleci sangat beragam, mulai dari biji-bijian, serangga, kroto, cacing tanah, voer, hingga buah dan sayur. Semua makanan tersebut tentunya dapat mencukupi asupan gizinya dan bisa membuat burung Pleci cepat gacor. Nah, dari beberapa menu makanan tadi, kami akan membantu menunjukkan beberapa buah dan sayur yang baik untuk burung Pleci.

Walaupun kami belum memberitahukannya, kami yakin Anda sudah memberikan buah-buahan untuk burung Pleci kesayangan Anda. Biasanya, para pecinta burung Pleci akan memberikan beberapa jenis buah, seperti pisang, tomat, pear, apel, mentimun, dan pepaya. Namun, tahukah Anda ternyata terdapat beberapa buah lain dan sayuran yang sangat baik untuk Pleci.

Buah dan sayur ini sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar Anda. Dengan begitu, Anda bisa memberikannya ke burung Pleci untuk menambahkan asupan gizinya setiap hari. Penasaran dengan jenis buah dan sayur yang kami maksud? Berikut beberapa buah dan sayur terbaik untuk burung Pleci yang disadur dari Sangkarburungskb.

1. Pisang

Buah Pisang sudah menjadi makanan wajib pada semua jenis burung kicau, termasuk burung Pleci. Jadi, tak heran mengapa banyak pecinta burung yang memberikan buah pisang pada burung kesayangan mereka. Hal ini juga dikarenakan buah pisang mengandung berbagi vitamin dan gizi, di antaranya vitamin A, vitamin C, dan karbohidrat. Kandungan tersebut dapat membuat burung Pleci cepat kenyang dan bisa meningkatkan staminanya.

Namun ingat, jangan memberikan buah pisang setiap hari karena kandungan karbohidrat pada pisang dapat menjadikan burung Pleci cepat gemuk dan malas.

2. Apel

Buah Apel ternyata juga baik bagi burung Pleci. Namun, buah ini hanya disarankan untuk makanan tambahan saja, bukan konsumsi sehari-hari. Di dalam buah apel terdapat banyak kandungan vitamin dan gizi untuk perkembangan burung Pleci. Berikut beberapa kandungan dan manfaat buah apel untuk burung Pleci:

  • Mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin burung Pleci
  • Meningkatkan kekebalan tubuh burung Pleci
  • Meningkatkan birahi burung Pleci (caranya, apel diparut dan dicampur dengan kroto)
  • Mencegah dehidrasi pada burung Pleci

3. Jeruk

Tahukah Anda, ternyata burung Pleci juga menyukai buah jeruk. Pasalnya, buah jeruk dapat menjadi makanan pengganti nektar yang biasa dikonsumsi burung Pleci di alam liar. Buah jeruk sangat berkhasiat untuk perkembangan burung Pleci, di antaranya:

  • Menetralisir racun di dalam tubuh burung Pleci
  • Melancarkan pencernaan burung Pleci
  • Mengandung vitamin C yang sangat tinggi
  • Menurunkan suhu tubuh burung Pleci yang kepanasan karena terlalu lama dijemur
  • Kulit jeruk dapat digunakan untuk terapi burung Pleci yang sulit mabung
  • Pengganti nektar

4. Pear

Buah pear sering diberikan ke burung Pleci, tujuannya untuk membuat suara Pleci lebih jernih. Tak hanya itu, buah pear juga bermanfaat untuk menurunkan birahi setelah lomba. Caranya, Anda dapat memberikan buah pear 2 hari setelah lomba agar birahi Pleci turun.

5. Mentimun

Tak hanya pear, mentimun juga dapat menetralisir birahi burung Pleci setelah lomba. Bahkan, mentimun juga berkhasiat untuk menjadikan burung Pleci lebih tenang.

6. Kelengkeng

Buah kelengkeng mempunyai beberapa manfaat yang tak kalah bila dibandingkan dengan buah yang lain. Berikut beberapa manfaat buah kelengkeng untuk burung Pleci:

  • Meningkatkan stamina burung Pleci terutama saat mabung
  • Melancarkan pencernaan burung Pleci
  • Mencegah dan menghilangkan stres atau drop pada burung Pleci

7. Wolfberry

Nama buah wolfberry mungkin sedikit asing di telinga Anda. Ya, hal ini wajar karena buah wolfberry merupakan buah impor yang bisa Anda dapatkan dari supermarket. Buah ini dipercaya dapat memancing burung Pleci cepat buka paruh dan gacor. Selain itu, buah wolfberry bisa meningkatkan stamina burung Pleci.

8. Pepaya

Buah pepaya merupakan jenis buah yang paling disukai oleh burung Pleci. Sebab, buah pepaya mempunyai rasa yang manis dan memiliki tekstur yang halus serta lunak sehingga burung Pleci mudah memakannya. Adapun beberapa manfaat buah Pleci antara lain:

  • Menurunkan birahi burung Pleci yang over birahi
  • Menurunkan suhu tubuh burung Pleci yang kepanasan
  • Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  • Mencegah dan menghilangkan dehidrasi pada burung Pleci
  • Mengandung vitamin A, B, C, E, magnesium, kalium, asam panthotenic, dan flavonoid yang sangat baik untuk pertumbuhan serta kesehatan burung Pleci

9. Wortel dan Tomat

Bila yang lain bermanfaat untuk kesehatan burung Pleci, maka wortel dan tomat sangat baik untuk menguatkan pigmen warna pada burung Pleci. Dengan mengonsumsi wortel dan tomat secara berkala, burung Pleci Anda akan memiliki bulu yang halus dan berkilau.

10. Gambas atau Oyong

Gambas atau oyong dapat membantu diet burung Pleci yang kegemukan. Dengan kata lain, sayuran ini dapat menghilangkan lemak berlebih di tubuh burung Pleci. Selain itu, gambas atau oyong dapat digunakan untuk mempercepat burung Pleci berganti bulu.

Nah, demikian beberapa buah dan sayuran terbaik untuk burung Pleci. Sekarang, saatnya memberikan tiga racikan makanan burung Pleci agar cepat gacor, seperti yang dikutip dari Situsburung.

3 Racikan makanan burung Pleci agar cepat gacor

1. Campuran telur ayam, gula pasir, dan kacang hijau

Resep makanan burung Pleci

Telur ayam: 2 butir
Gula pasir: 12 sendok
Kacang hijau: ¼ kg

Pertama, rebuslah kacang hijau dan gula pasir selama 30 menit. Setelah kedua bahan melunak, maka buanglah airnya. Lalu, blender bahan tadi hingga halus dan tambahkan dua butir telur. Oh ya, cangkang telurnya tak perlu dibuang, tapi ditumbuk hingga halus. Setelah halus, masukkan serbuk cangkang telur pada adonan dan aduklah hingga merata.

Kemudian, masukkan adonan ke dalam oven hingga mengering. Langkah selanjutnya, biarkan adonan tadi dingin dan tumbuk lagi sampai menjadi bubuk. Agar resep ini awet, sebaiknya Anda menyimpannya di dalam kulkas.

2. Campuran susu Dancow, biskuit Roma Kelapa, dan bubuk lain

Resep makanan burung Pleci

Susu bubuk Dancow: 1 sachet
Bubuk wedang jahe: 1 bungkus
Biskuit Roma Kelapa: secukupnya
Takari (voer ikan): secukupnya
Tepung bubuk jangkrik: 1 ons
Bubuk fumayin: ½ ons

Biskuit Roma Kelapa dan voer Takari dihaluskan. Setelah halus, campurkan dengan seluruh bahan bubuk tadi menjadi satu dan aduk hingga tercampur rata. Anda dapat memberikan resep ini dengan takaran 1 sendok makan setiap hari.

3. Campuran telur bebek, voer Leopard, dan bubuk lain

Resep makanan burung Pleci

Telur bebek: 3 butir
Bubur Sun Pisang: 2 sachet
Voer Leopard: secukupnya
Susu bubuk Dancow: 1 sachet
Bubuk wedang jahe: 2 bungkus

Semua bahan tadi dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur menjadi satu. Setelah tercampur rata, Anda bisa memberikan racikan makanan ini ke burung Pleci dengan takaran tidak lebih dari 1 sendok teh setiap hari.

Itulah racikan makanan burung Pleci agar cepat gacor. Kalau mau lebih gacor lagi, Anda dapat meracik minumannya juga, yakni campuran air dan gula. Selain itu, Anda dapat memberikan larutan penyegar seperti larutan penyegar cap kaki tiga yang dicampur dengan air jeruk. Resep minuman ini akan membuat tenggorokan burung Pleci lebih nyaman, sehingga kicauannya semakin gacor dan lantang.

One thought on “10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Burung Pleci serta 3 Racikan Makanan Agar Cepat Gacor

Komentar