Press "Enter" to skip to content

7 Jenis Burung Pleci Paling Populer di Indonesia

0

Burungnya.com – Tahukah Anda, ternyata burung Pleci terdiri dari beberapa jenis. Walau sepintas tampak sama dengan ciri khas kaca mata putihnya, ternyata burung Pleci memiliki berbagai macam spesies, sama seperti burung-burung kicau lainnya. Burung Pleci sendiri sangat diminati di Indonesia karena mempunyai suara yang nyaring dan dapat meniru suara burung lainnya. Maka tak heran, saat ini Indonesia mempunyai tujuh jenis burung Pleci. Apa saja jenis-jenis tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Burung Pleci Mata Coklat

Burung Pleci Mata Coklat (Kaskus.co.id)
Burung Pleci Mata Coklat (Kaskus.co.id)

Burung Pleci Mata Coklat sering dipanggil dengan sebutan Pleci Dakun Macok. Nama panggilan yang cukup unik memang. Ternyata nama tersebut disematkan padanya karena bagian dada burung Pleci jenis ini berwarna kuning. Selain itu, banyak kalangan menilai bahwa burung Pleci Mata Coklat memiliki suara yang nyaring. Anda bisa menemukan burung Pleci Mata Coklat di Pulau Jawa.

2. Burung Pleci Mata Putih

Burung Pleci Mata Putih (Kaskus.co.id)
Burung Pleci Mata Putih (Kaskus.co.id)

Nah, untuk burung Pleci Mata Putih, panggilannya sudah beda lagi, yakni Pleci Dakun Maput. Selain dadanya yang berwarna kuning, ternyata bagian bola matanya berwarna putih sama seperti namanya. Sayangnya, burung Pleci Mata Putih sudah sulit ditemui karena termasuk jenis burung Pleci yang langka. Keunikan lain dari burung ini adalah memiliki jiwa petarung dan pemberani. Jenis burung Pleci seperti ini biasanya bisa ditemui di Pulau Jawa kawasan Kudus.

Baca juga:  8 Cara Memaster Pleci yang Paling Benar Agar Cepat Gacor

3. Burung Pleci Auriventer

Burung Pleci Auriventer (dhanyinfo.blogspot.com)
Burung Pleci Auriventer (dhanyinfo.blogspot.com)

Burung Pleci Auriventer sedikit berbeda dengan burung sebelumnya karena mempunyai dada berwarna ungu dan punggung berwarna hijau tua. Burung Pleci ini mempunyai lingkar kaca mata yang lebih tebal dari jenis burung Pleci lainnya. Selain itu, banyak orang yang mengatakan bahwa burung Pleci Auriventer memiliki suara yang ‘ngebass’. Jika Anda tertarik dengan jenis burung Pleci Auriventer, Anda bisa mencarinya di Pulau Sumatera.

4. Burung Pleci Montanus

Burung Pleci Montanus (baymonttampa.com)
Burung Pleci Montanus (baymonttampa.com)

Burung Pleci Montanus mempunyai bulu dada berwarna abu-abu serta punggung berwarna coklat. Anda pasti lebih mudah mengenali burung Pleci Montanus karena dia mempunyai postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan burung Pleci lainnya. Burung Pleci jenis ini tersebar luas di kawasan Pulau Jawa.

5. Burung Pleci Black Capped

Burung Pleci Black Capped (leesbird.com)
Burung Pleci Black Capped (leesbird.com)

Dari namanya sudah jelas bahwa burung Pleci Black Capped mempunyai bagian ujung kepala berwarna hitam. Sementara, bagian dadanya berwarna abu-abu dan bagian punggungnya berwarna kuning agak kehijauan. Untuk suaranya sendiri, burung Pleci Black Capped selalu berkicau dengan suara ‘ngebass’ dan pelan. Anda bisa menemukan burung Pleci jenis ini di Pulau Sumatera.

6. Burung Pleci Buxtoni

Burung Pleci Black Capped (leesbird.com)
Burung Pleci Black Capped (leesbird.com)

Burung Pleci Buxtoni memiliki postur tubuh bulat berisi. Kalau warnanya hampir sama dengan yang lain, yakni bagian dada berwarna abu-abu kekuningan serta bagian punggung berwarna kuning kehijauan. Suara burung Pleci Buxtoni terdengar unik karena bunyinya nyaring dan melengking. Biasanya, burung jenis ini tersebar di berbagai kawasan seperti Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Baca juga:  10 Manfaat Air Es untuk Pleci Agar Cepat Ngeplong dan Gacor

7. Burung Pleci Salvadori Enggano

Burung Pleci Salvadori Enggano (junglekey.in)
Burung Pleci Salvadori Enggano (junglekey.in)

Burung Pleci Salvadori Enggano hampir sama dengan burung Pleci Black Capped, terutama pada bagian warna kepalanya. Warna kepala burung ini terlihat semburat kehitaman dengan dada berwarna abu-abu. Sedangkan bodi tubuhnya mirip dengan burung Pleci Montanus yang relatif lebih besar. Suaranya sendiri terdengar ‘ngebass’ dan mendayu. Anda bisa mencari burung ini di kawasan Pulau Sumatera.

Demikian beberapa macam jenis burung Pleci paling populer di Indonesia. Apakah Anda sudah memiliki salah satunya?

Comment here