Burung Murai Hijau Jawa (marketbusinessnews.com)

4 Burung Murai Hijau Jawa Terlangka di Dunia Lahir di Inggris

Burungnya.com – Untuk pertama kalinya, empat ekor burung Murai Hijau Jawa terlangka di dunia telah lahir di Kebun Binatang Chester, Inggris. Keempat burung langka tersebut tidak menetas secara bersamaan, melainkan bertahap mulai tanggal 13 Juni 2016 hingga yang terakhir pada tanggal 15 Agustus 2016.

Sebenarnya, burung Murai Hijau Jawa merupakan burung asli Indonesia yang sudah sangat langka dan hampir punah. Bahkan, di Indonesia, tepatnya di Cikananga Conservation Breeding Center hanya tersisa 19 ekor saja, seperti yang disadur dari Dailymail (4/10/2016).

Burung Murai Hijau Jawa
Burung Murai Hijau Jawa

Karena jumlahnya mengkhawatirkan, pihak Cikananga Conservation Breeding Center mengirim enam pasang burung Murai Hijau Jawa ke Kebun Binatang Chester pada bulan Desember kemarin untuk dilakukan konservasi.

Sepasang Burung Murai Hijau Jawa
Sepasang Burung Murai Hijau Jawa

Untungnya, niat mulia ini berbuah manis dan berhasil menetaskan empat ekor burung Murai Hijau Jawa. Lahirnya empat burung langka ini tak lepas dari program konservasi mitra antara Kebun Binatang Chester dengan Cikananga Wildlife Centre di Jawa yang sudah terjalin selama lebih dari enam tahun.

Burung Murai Hijau Jawa terancam punah
Burung Murai Hijau Jawa terancam punah

Hubungan mitra yang begitu lama ini membuat keduanya semakin dekat satu sama lain. Pihak Kebun Binatang Chester mengaku senang dengan bertambahnya jumlah burung Murai Hijau Jawa asli Indonesia. Jika konservasi ini berhasil, maka burung-burung tersebut akan dikembalikan lagi ke habitatnya di Indonesia.

“Saya telah mendapat banyak kesempatan merawat berbagai jenis burung langka, tapi tidak ada yang lebih berharga dari Murai Hijau Jawa, salah satu burung yang paling terancam punah,” ujar Andrew Owen, kurator dari Kebun Binatang Chester.

Burung Murai Hijau Jawa
Burung Murai Hijau Jawa

Meski begitu, turunnya populasi burung Murai Hijau Jawa seharusnya dijadikan pelajaran agar tidak terulang ke burung-burung yang lain. Burung yang juga dipanggil Ekek Geling Jawa ini menjadi sangat langka karena perdagangan burung ilegal yang semakin marak di Indonesia. Selain itu, alasan kepunahan burung Murai Hijau Jawa adalah karena penangkapan liar dan kerusakan habitat hutan di Indonesia.

Semoga ke depannya tidak ada lagi oknum yang melakukan jual beli burung secara ilegal. Di samping itu, masyarakat Indonesia harus diajarkan bagaimana mencintai hewan dan melestarikan hutan. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi burung atau hewan yang terancam punah.

Komentar