Press "Enter" to skip to content

5 Cara Memaksimalkan Suara Burung dengan Perawatan Sederhana

0

Burungnya.com – Cara memaksimalkan suara burung dapat dimulai dari awal saat kita membeli burung bakalan atau burung yang masih muda. Setelah membeli burung, usahakan Anda tidak menggantung sangkarnya di posisi yang rendah atau dekat orang-orang yang berlalu lalang. Hal ini bisa berdampak kurang baik pada kualitas suara burung.

Burung bakalan yang baru dibeli bisa terlambat bunyi karena ketakutan dan stres. Penyebabnya tentu saja karena mental burung belum terlatih dan burung masih takut dengan manusia. Lalu, apa yang harus dilakukan agar performa burung kembali prima?

Untuk membantu pemulihan dan meningkatkan suara burung, Anda dapat melakukan pola perawatan sederhana dari Omkicau. Berikut beberapa perawatan serta cara memaksimalkan suara burung.

  1. Memberi pakan secara teratur. Kalau bisa pakan yang mengandung nutrisi dan bervariasi, seperti jangkrik, belalang, ulat Hong Kong, kroto, dan kepompong.
  2. Setiap tiga hari sekali, burung diberi air minum yang mengandung gizi, di antaranya air larutan atau infused water, serta sari buah.
  3. Menggantung sangkar di posisi yang lebih tinggi dari biasanya. Bila biasanya hanya digantung di atap rumah yang kelihatan oleh manusia. Sekarang, gantunglah sangkar di tiang kerekan yang tinggi, seperti menggantung sangkar burung Perkutut. Anda bisa melakukan cara ini dua hari atau tiga hari sekali secara teratur.
  4. Untuk memaksimalkan suara burung, Anda dapat memancingnya menggunakan burung betina. Caranya seperti ini, selama beberapa minggu masa terapi, kedua sangkar burung jantan dan betina digantung dalam jarak yang berjauhan pada pagi serta siang hari dalam keadaan dikerodong. Lalu, saat malam hari, sangkar kedua burung tadi diletakkan berdekatan dan kerodong dibuka.
  5. Saran terakhir dari Omkicau agar suara burung lebih maksimal, Anda boleh menggunakan suplemen tambahan seperti TestoBird Booster atau TTB. Katanya, suplemen ini dapat membantu meningkatkan volume suara burung yang sedang macet bunyi, ngeriwik, atau suaranya kurang maksimal.
Baca juga:  10 Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Untuk Pemula

Nah, setelah mengetahui cara-cara memaksimalkan suara burung dengan perawatan sederhana, Anda harus tahu apa penyebab suara burung kurang maksimal?

  • Burung kurang mendapatkan asupan gizi, sehingga performa dan staminanya menurun atau ngedrop.
  • Burung yang masih bakalan suaranya kurang maksimal karena kalah mental. Biasanya, hal ini terjadi saat sangkarnya digantung terlalu dekat dengan burung sejenis yang memiliki suara gacor.
  • Burung terlalu lama dibiarkan menjomblo atau sendirian. Burung tak pernah diperkenalkan dengan jenis burung betina. Seharusnya, paling tidak burung jantan sering diajak latihan bersama dengan burung lainnya atau bertemu dengan burung sejenis milik tetangga.
  • Burung belum siap lomba, tetapi dipaksa ikut lomba. Burung seperti ini tentu minder dan gampang ngedrop, sehingga suaranya kurang maksimal.

Demikian beberapa cara memaksimalkan suara burung dengan perawatan sederhana dan info penyebab suara burung kurang maksimal. Semoga bermanfaat.

Comment here