Press "Enter" to skip to content

8 Penyebab Burung Stres di Kandang Koloni Lengkap dengan 6 Solusi Mengatasinya

Burungnya.com – Memelihara burung di kandang koloni memang lebih mudah karena Anda bisa merawat puluhan burung sekaligus dalam satu kandang. Namun, kandang koloni sering membawa masalah untuk burung-burung itu sendiri. Permasalahan yang sering terjadi pada burung-burung di dalam kandang koloni adalah stres, cedera, hingga kematian.

Meski begitu, yang paling sering dialami para kicau mania adalah burung menjadi stres karena adanya hubungan tidak harmonis antara burung yang satu dengan burung lainnya. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan burung stres saat dipelihara di kandang koloni.

 Penyebab burung stres di kandang koloni

  1. Populasi burung atau jumlah burung terlalu banyak.
  2. Stok pakan tidak mencukupi kebutuhan semua burung di kandang koloni.
  3. Pakan dikuasai oleh burung tertentu yang mendominasi kandang koloni.
  4. Tempat sarang burung terlalu berdempetan dengan tempat sarang burung lainnya.
  5. Jumlah tenggeran di kandang koloni terlalu sedikit.
  6. Tidak ada ruang yang cukup untuk privasi burung atau tempat untuk pasangan burung bermesraan.
  7. Kandang koloni ditempati oleh beberapa jenis burung secara bersamaan.
  8. Adanya burung fighter di dalam kandang koloni.

Pengertian kandang koloni

Kandang koloni adalah kandang yang digunakan untuk memelihara beberapa ekor burung, baik burung sejenis maupun berbeda jenis. Biasanya kandang koloni digunakan untuk burung-burung non-fighter, atau tidak bersifat teritorial, khususnya burung paruh bengkok (parrot), seperti Lovebird dan Parkit, serta beberapa jenis burung Finch.

Jika kandang koloni dipakai untuk memelihara beberapa pasangan burung, apalagi berbeda jenis, sebaiknya Anda menempatkan burung di kandang koloni berukuran luas atau semacam kandang aviary, lengkap dengan pepohonan dan tempat sarang.

Baca juga: 3 Sangkar Burung Unik Paling Langka di Indonesia

Solusi mengatasi burung stres di kandang koloni

1. Mengurangi jumlah burung di kandang koloni

Apabila kandang koloni terlalu sempit, sementara jumlah burung terlalu banyak, maka solusi terbaik adalah memindahkan sebagian burung ke kandang yang lain. Dengan cara tersebut, burung-burung di kandang koloni bisa bernapas sedikit lebih lega karena mempunyai ruang yang cukup untuk bergerak maupun untuk privasinya.

2. Sediakan pakan dan air minum secukupnya

Kicau mania harus memperhatikan kebutuhan pakan burung di dalam kandang koloni maupun kandang aviary. Jika kandang dihuni lebih dari 5 ekor burung, sangat dianjurkan untuk menyediakan lebih dari 1 cepuk tempat pakan dan air minum.

Dengan memberikan beberapa buah tempat pakan, maka tidak akan ada lagi burung yang mendominasi pakannya. Sebab, setiap burung sudah mendapat jatah pakan dan minum masing-masing. Dengan demikian, masalah stres bisa dihindari dan burung tidak akan mengalami kekurangan pakan kembali.

Adapun untuk pakan tambahan atau extra fooding (EF) berupa sayur-sayuran, bisa diberikan dalam bentuk potongan-potongan kecil yang diletakkan dalam wadah atau baki besar di dasar kandang.

Baca juga: Inilah Menu Makanan dan Suplemen Lovebird Terbaik biar Ngekek Panjang

3. Pisahkan burung yang terlalu agresif 

Jika ada burung yang berperilaku terlalu agresif dan suka menyerang burung lain, maka segera pindahkan burung tersebut ke dalam kandang terpisah. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat burung lainnya stres. Pada burung yang akan diternak, kondisi ini bisa membuat induk betina tidak mau bertelur karena merasa tidak nyaman.

Baca juga: Faktor Utama Penyebab Telur Burung Tidak Menetas

4. Perhatikan kecocokan antara burung yang satu dan yang lainnya 

Sebelum memelihara beberapa jenis burung dalam satu kandang koloni, sebaiknya Anda perlu mengetahui burung mana saja yang cocok hidup bersama burung-burung lainnya. Hal ini untuk mencegah jika ada burung yang terlalu agresif dan suka menyerang burung lainnya.

Kalau bisa jangan menggabungkan jenis burung fighter dengan burung non-fighter biar kehidupan di dalam kandang koloni tetap aman dan tentram.

5. Buatkan tangkringan terpisah untuk privasi dan mencegah burung stres

Kalau ingin memelihara beberapa jenis burung dalam kandang koloni, Anda perlu menyediakan tangkringan atau tenggeran khusus yang berfungsi mencegah stres. Bentuk tangkringan ini berbeda dari tangkringan yang umum dijual di pasaran, karena memiliki sekat pemisah sehingga burung memiliki privasinya sendiri.

Selain membantu mengusir dan mencegah stres, tangkringan anti stres ini juga bisa membuat burung menjadi lebih aktif dan rajin berkicau.

6. Perhatikan ukuran atau postur tubuh burung

Burung yang dicampur di kandang koloni sebaiknya memiliki ukuran atau postur tubuh yang hampir sama. Jika ada satu jenis burung yang ukurannya jauh lebih besar dari jenis burung lainnya, maka dia cenderung dominan dan sering berperilaku agresif. Adapun burung yang ukurannya lebih kecil belum tentu mengalah, sehingga bakal terjadi konflik terus-menerus sampai salah satunya mati.

Baca juga: Burung Terkecil di Dunia Punya Berat 1,6 gram dan Panjang 5 cm

Cara menyembuhkan burung stres

  1. Burung jangan dimandikan dulu karena burung yang stres rentan terkena penyakit.
  2. Jemur burung yang stres di bawah terik sinar matahari pagi sebelum pukul 09.00.
  3. Kerodong sangkar dan tempatkan di lokasi yang tenang karena dalam kondisi stres, burung butuh ketenangan.
  4. Berikan EF (Extra Food) dan makanan yang disukai burung lebih banyak, agar burung lebih bernafsu untuk makan.
  5. Jika termasuk jenis burung koloni, maka kolonikan burung tersebut dengan jenisnya.
  6. Berikan vitamin dan mineral pada air minum burung yang stres.
  7. Jika stres karena ditinggal pasangannya coba dikolonikan atau disatukan dengan burung lainnya, biar bisa move on atau biar semangatnya membara lagi.
  8. Jika perlu berikan obat-obatan yang bisa meningkatkan hemoglobin darah.
  9. Berikan suplemen yang mengandung probiotik.
  10. Jika burung sudah terlihat aktif dan berkicau kembali, biasanya menjadi pertanda bahwa burung sudah membaik dan bisa diperlakukan seperti biasa.

Demikian info tentang penyebab burung stres, solusi mengatasi burung yang stres, dan cara menyembuhkan burung stres. Semoga bermanfaat.

Pencarian terkait:

  • kandang koloni lovebird
  • parkit dan lovebird satu kandang
  • jenis burung koloni
  • lovebird dari koloni
  • burubg koloni
  • campur burung satu kandang
  • kandang aviary parkit
  • bikin kandang love bird ruang sempit tapi keliatan luas
  • akibatnya burung yg dikandangin
  • ternak lovebird koloni dengan parkit

Be First to Comment

Comment here