Press "Enter" to skip to content

Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan Burung

0

Burungnya.com – Rokok telah menjadi candu dan sulit untuk ditinggalkan. Namun, ketika asap rokok membahayakan kesehatan hewan peliharaan Anda, apakah Anda akan diam saja? The Center for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa asap rokok mampu membunuh ribuan perokok dewasa per tahun. Jika asap rokok saja sangat mematikan bagi manusia, apalagi bagi burung kesayangan Anda.

Seorang dokter hewan Dr Carolynn MacAllister dari Oklahoma State University Cooperative Extension Service pernah mengatakan bahwa asap rokok dapat mengancam kesehatan hewan peliharaan, termasuk burung. Bahkan, burung kesayangan Anda bisa mengidap penyakit kanker paru-paru bila terlalu lama terpapar asap rokok.

“Ada sejumlah makalah ilmiah menyebutkan beberapa ancaman kesehatan akibat asap rokok bagi hewan peliharaan. Asap rokok dapat menyebabkan seekor burung terkena penyakit kanker paru-paru, kanker mulut dan limfoma pada kucing, serta paru-paru dan kanker hidung pada anjing,” kata Dr Carolynn MacAllister.

Risiko lain akibat asap rokok cukup beragam. Dr Carolynn MacAllister menjelaskan bahwa paparan asap rokok paling serius pada burung adalah pneumonia atau kanker paru-paru. Hal ini tidak menutup kemungkinan burung Anda juga akan terkena penyakit mata, kulit, jantung, dan kesuburan (sulit bertelur).

Dokter tadi juga mengingatkan, jangan membuang putung rokok sembarangan. Pasalnya, di dalam putung rokok biasanya masih terkandung olahan tembakau yang bisa membuat burung menjadi keracunan bila tak sengaja menelannya.

Baca juga:  Pleci Marley Jadi Juara Setelah Rutin Diberi 3 Minuman Sekaligus, Salah Satunya Mizone

“Bila olahan tembakau sampai terlelan, ini dapat menyebabkan keracunan nikotin yang bisa berakibat fatal,” ujar Dr Carolynn MacAllister, seperti yang dikutip dari ScienceDaily.

Seharusnya, bila Anda seorang perokok berat, maka Anda harus merokok di ruangan khusus yang bebas dari keluarga maupun hewan peliharaan. Lebih baik lagi, jika Anda merokok di luar ruangan dan jauh dari hewan peliharaan. Hal ini tentunya dapat menjauhkan burung kicau Anda dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Namun, jika Anda belum menjadi pecandu rokok, sebaiknya Anda segera berhenti merokok dan mulai melakukan gaya hidup yang sehat. Mungkin ini sulit untuk sebagian orang, tapi akan sangat mudah bila Anda mencoba melakukannya mulai dari sekarang.

Berikut ini video yang menunjukkan seorang pecinta burung sedang merokok di dekat burung kesayangannya. Tindakan ini bisa membayakan kesehatan burung, jadi jangan mencoba menirunya di rumah.

Comment here