Press "Enter" to skip to content

Cara Menyembuhkan Burung Kacer yang Sakit Tenggorokan

Burungnya.com – Senjata utama burung terletak di tenggorokan. Jika tenggorakan burung sakit, dia tidak akan mau berkicau lagi. Jadi, mulai dari sekarang Anda harus mewaspadai saat burung Kacer Anda tak mau berkicau. Bisa jadi burung tersebut sedang sakit tenggorokan.

Penyakit yang sering diderita semua burung ini disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor penyebab sakit tenggorokan pada burung adalah angin yang kencang, suhu udara yang terlalu dingin, hujan lebat sepanjang hari, dan debu. Hewan lain mungkin sudah terbiasa dengan cuaca seperti ini, namun burung Kacer tidak demikian.

Burung Kacer cenderung menyukai suhu yang hangat tapi tidak terlalu panas. Oleh karena itu, sebisa mungkin setiap pagi Anda harus menjemur burung Kacer agar tubuhnya menjadi hangat. Ingat, menjemur burung juga ada waktunya. Burung menyukai kehangatan sinar matahari hanya sampai pukul 10 pagi. Lebih dari itu, sinar matahari akan terasa sangat panas dan membahayakan kesehatan burung Anda.

Namun, jika burung Kacer Anda sudah terlanjur mengalami sakit tenggorakan, maka Anda harus melakukan serangkaian cara penyembuhan berikut.

  1. Burung Kacer yang sakit tenggorakan harus dipindahkan ke tempat yang lebih hangat. Hal ini untuk menghindari udara luar yang terlalu dingin. Anda bisa meletakkan burung Kacer di salah satu ruangan di rumah Anda.
  2. Apabila sakit tenggorakannya sampai menghambat jalur pernapasan dan membuat burung Kacer sesak napas, maka Anda harus mengeluarkan lendir dari tenggorokan. Burung Kacer yang sesak napas biasanya terdapat lendir di tenggorokan. Jadi harus dibersihkan dengan cotton bud. Untuk cara ini, Anda harus berhati-hati agar burung tidak tersedak. Selain itu, gunakan cotton bud yang steril agar aman.
  3. Jangan lupa, Anda juga harus memberikan multivitamin dan suplemen untuk burung Kacer. Ini akan mempercepat proses penyembuhannya.
  4. Makanan burung sebaiknya diberikan dengan ukuran yang kecil, agar dia mudah menelannya. Kalau burung Anda suka jangkrik, maka berikan jangkrik dengan ukuran yang masih kecil. Selain itu, kaki jangkrik yang berbentuk seperti gergaji bisa dilepas agar tidak menyakiti tenggorakan burung Kacer.
  5. Burung Kacer yang sedang sakit, tidak boleh terlalu sering dimandikan. Kalau mau memandikan burung Kacer, sebaiknya dilakukan satu sampai dua minggu sekali.
  6. Penyakit tenggorakan pada burung Kacer kemungkinan juga bisa disebabkan oleh sangkar yang tidak bersih. Maka dari itu, Anda harus lebih sering membersihkan sangkar agar burung Kacer Anda tidak mudah sakit.
  7. Angin kencang yang berhembus juga bisa membuat burung Kacer sakit tenggorakan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengerodong sangkar burung dengan kain.

Demikian cara menyembuhkan burung Kacer yang sakit tenggorakan. Kalau Anda mempunyai cara-cara lain yang lebih membantu, silakan tambahkan pada kolom komentar.

Pencarian terkait:

  • kacer sakit tenggorokan
  • cara mengobati kacer sakit tenggorokan
  • cara mengatasi kacer tersedak
  • ciri kacer sakit tenggorokan
  • Kacer batuk
  • obat kacer batuk
  • Cara mengobati kacer sakit
  • cara mengatasi kacer kurang sehat
  • kacer sakit
  • cara mengobati sakit tenggorokan pada kacer

Be First to Comment

Comment here