Press "Enter" to skip to content

Cucak Ijo Ini Dulu Ditukar Batu Akik Bacan, Sekarang Ditawar Rp 100 Juta

Burungnya.com – Beberapa waktu lalu, batu akik sempat booming di Indonesia. Batu mulia ini dulu sangat digemari semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka semua nyaris memakai batu akik di jari-jarinya. Bahkan, ada yang menggunakan batu akik sebagai kalung dan aksesoris lain.

Kepopuleran batu akik saat itu membuat semua orang gelap mata. Beberapa dari mereka ada yang rela menukar burung kicau dengan batu akik yang nilainya sampai puluhan juta rupiah.

Cucak Ijo Gambang Suling ditukar batu akik bacan senilai Rp 30 juta

Sebut saja, burung Cucak Ijo Gambang Suling yang sekarang dimiliki oleh Om Nunu (1945 SF) di Pati Jawa Tengah. Menurut penuturannya, burung Cucak Ijo ini didapat dari hasil barter batu akik bacan kesayangannya yang dulu terbilang mahal, yaitu sekitar Rp 30 juta.

Keputusan menukar batu akik kesayangannya dengan Cucak Ijo Gambang Suling koleksi temannya ini tak pernah disesali Om Nunu. Apalagi sekarang diketahui bahwa Cucak Ijo Gambang Suling terus-menerus moncer di lapangan. Sebaliknya, pamor batu akik kini justru menyusut.

Prestasi Cucak Ijo Gambang Suling

Cucak Ijo Gambang Suling sudah beberapa kali menjuarai even di wilayah timur pantura Jawa Tengah, tidak terkecuali di seputaran Pati. Bahkan, gaco Om Nunu ini pernah masuk empat besar dalam even nasional Soeharto Cup 4 di Candi Borobudur, Magelang, 26 Maret lalu.

Cucak Ijo Gambang Suling ditawar Rp 100 juta

Maka tak heran, sekarang banyak sekali kicau mania yang ingin membeli Cucak Ijo Gambang Suling dari tangan Om Nunu. Kata Om Nunu, burung ini pernah ditawar kicau mania asal Palembang dengan harga Rp 100 juta.

Sayangnya, saat ini Om Nunu belum berniat menjual Cucak Ijo Gambang Suling. Sebab, Cucak Ijo Gambang Suling sudah menjadi maskot 1945 SF dan menjadi penyemangat rekan-rekan satu tim.

“Namun saya belum berniat menjualnya. Cucak Ijo Gambang Suling sudah menjadi maskot 1945 SF, bahkan menjadi semangat bagi rekan-rekan satu tim,” tandas Om Nunu yang sehari-hari bekerja di Syahbandar Pelabuhan Juwana, Pati, seperti yang dikutip dari Omkicau.com (22/6/2017).

Perawatan Cucak Ijo Gambang Suling

Banyak kicau mania yang bertanya, bagaimana perawatan Cucak Ijo Gambang Suling biar gacor di lapangan? Kalau untuk perawatan, Om Nunu membagi perawatan Cucak Ijo Gambang Suling menjadi dua tahapan, yakni perawatan harian (Senin-Kamis) dan perawatan lomba (Jumat-Minggu).

Perawatan harian

Burung Cucak Ijo Gambang Suling diberi pakan utama berupa pisang (jenisnya bebas). Kemudian ditambah extra fooding (EF) jangkrik yang diberikan pada pagi hari dan sore hari.

Jumlah pemberian jangkriknya jangan terlalu banyak, pagi hari 2 ekor dan sore hari 1 ekor saja. Oh iya, jangan lupa, setiap hari air minum harus diganti yang baru.

Baca juga: Perawatan Cucak Ijo yang Sedang Sakit dengan Ramuan Tradisional

Perawatan lomba

Kalau mau dilombakan, maka perawatan Cucak Ijo Gambang Suling mulai diintensifkan sejak H-2 (Jumat). Dalam hal ini, pakan utamanya tidak lagi pisang, namun diganti buah apel merah. Porsi jangkrik ditingkatkan menjadi 5 ekor pagi hari dan 5 ekor sore hari. Perawatan yang sama juga dilakukan pada H-1 (Sabtu).

Pada Hari-H (Minggu), sebelum lomba, burung diberi apel merah, 5 ekor jangkrik, dan ulat Hong Kong semaunya burung. Kalau sudah sampai di lokasi lomba, burung dicas atau ditrek dengan Cucak Ijo jantan, agar tidak over birahi dan semakin galak saat digantang.

Baca juga: 5 Cara Merawat Cucak Ijo Agar Tampil Ngentrok dan Gacor saat Lomba

Perawatan lain

Untuk mandi gimana? Kalau masalah mandi, Om Nunu tidak menyediakan tempat khusus seperti keramba maupun cepuk terpisah. Pasalnya, Cucak Hijau Gambang Suling biasanya mandi di tempat air minum. Oleh karena itu, setiap hari air minum harus diganti yang baru.

Tak hanya itu, sepanjang hari Cucak Ijo Gambang Suling juga harus diangin-anginkan di teras rumah, sejak pagi hingga sore hari. Menjelang petang, burung dimasukkan ke dalam rumah dan sangkarnya dikerodong full.

Demikian, sepenggal cerita tentang Cucak Ijo Gambang Suling yang pernah ditukar dengan batu bacan senilai Rp 30 juta dan sekarang justru ditawar Rp 100 juta. Semoga pemilik Cucak Ijo Gambang Suling yang lama tidak menyesal. Salam kicau mania!

Pencarian terkait:

  • harga burung
  • cara membedakan lovebear jantan betina
  • burung terindah di indonesia
  • cara rawat c ijo tua tarunge tidak menurun
  • Harga burung cucak ijo palembang
  • melihat semua jenis burung

Be First to Comment

Comment here