5 Alat Wajib Untuk Merawat Burung Hantu Dewasa

Burungnya.com – Burung Hantu merupakan salah satu hewan yang sebenarnya tidak boleh dirawat dalam kandang. Sebab, burung Hantu termasuk burung liar yang harusnya dipelihara di alam bebas. Oleh karena itu, jika Anda ingin merawat burung Hantu, terutama yang dewasa, Anda harus mempunyai beberapa peralatan wajib.

Apa saja alat wajib untuk merawat burung Hantu dewasa? Intinya, Anda harus menyiapkan peralatan untuk merawat burung Hantu di luar kandang. Sehingga, burung nyaman, tidak lepas, dan aman.

Peralatan untuk Merawat Burung Hantu (shopee.co.id)
Peralatan untuk Merawat Burung Hantu (shopee.co.id)

Peralatan Wajib untuk Merawat Burung Hantu

1. Anklet, Jess, Gelang Kaki

Anda harus memiliki anklet, jess, atau gelang kaki untuk mengikat kaki burung Hantu. Ukuran anklet jess bisa disesuaikan dengan kaki burung Hantu. Anda bisa mengikat satu kaki saja atau dua-duanya. Namun, pastikan burung Hantu tetap nyaman dan aman.

2. Perch atau Tangkringan

Siapkan perch atau tangkringan agar burung Hantu bisa bertengger di luar kandang. Tangkringan ini kalau bisa tidak terlalu tinggi agar burung tidak menggantung. Kalau bisa tinggi tangkringan burung Hantu kurang lebih 30 cm dari lantai.

Kemudian diameter tangkringan pada bagian cengkraman agak besar. Tujuannya supaya jari kaki atau kuku burung Hantu tidak saling bertemu. Kalau diameter tangkringan kecil, nanti jari kaki bisa saling menyentuh dan burung kesulitan bertengger. Terakhir pilih lapisan tangkringan yang kasar agar burung Hantu bisa bertengger.

3. Gloves atau Sarung Tangan

Untuk merawat burung Hantu besar, Anda bisa menggunakan sarung tangan. Sebab, burung Hantu besar bisa saja mengira tangan Anda sebagai makanan. Takutnya kalau Anda tidak memakai sarung tangan, Anda bisa dijadikan sasaran makanan burung Hantu.

4. Peluit Burung

Nah, kalau peluit ini tidak wajib dimiliki, tapi perlu dibeli jika Anda ingin melatih burung Hantu. Anda sebenarnya bisa menggunakan siulan, tapi kalau jarak terbang sudah jauh, nanti Anda bisa kelelahan bersiul.

Loading...

5. Box untuk Membawa Burung Hantu

Saat bepergian, Anda bisa menggunakan owl box. Nah, box ini berbentuk kotak tertutup yang ditutupi triplek. Di dalam box diusahakan ada tangkringan, begitu juga di bagian atasnya.

Kesimpulan

Demikian beberapa alat penting untuk merawat burung Hantu dewasa. Dalam perawatan burung Hantu, Anda memang harus memiliki perawatan yang berbeda dengan burung kicau lainnya. Sebab, burung Hantu termasuk hewan buas yang tidak layak dipelihara dalam sangkar.

Baca juga:

Kalau burung Hantu dirawat dalam kandang, nanti bulunya bisa rusak, patah, burung stres, dan tambah galak. Oleh sebab itu, burung Hantu bisa diletakkan di atas tangkringan khusus burung Hantu, kaki dikasih tali, dan bila perlu menggunakan sarung tangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • tangkringan celepuk

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!