Gurah Perkutut agar Suara Plong (youtube.com)

Gurah Perkutut agar Suara Plong dengan Batang Rumput Teki

Burungnya.com – Pernahkah Anda mendapati suara Perkutut menjadi kecil secara tiba-tiba? Masalah seperti ini bisa jadi karena pernapasan hidung Perkutut tersumbat. Kalau sudah begini, Anda perlu melakukan gurah Perkutut di bagian hidung.

Bagaimana caranya? Untuk menggurah burung Perkutut, Anda bisa memanfaatkan batang rumput teki atau bahasa Jawanya suket teki. Apakah bisa rumput dijadikan alat untuk gurah Perkutut?

Tentu saja bisa, bahkan alternatif lain selain rumput teki bisa menggunakan tali senar. Anda bisa melakukan gurah Perkutut dengan tali senar layangan, tapi lebih aman pakai batang rumput teki. Tali senar takutnya bisa melukai bagian organ dalam burung Perkutut.

Cara Gurah Burung Perkutut agar Suara Plong

Setelah mengetahui bahan yang digunakan, Anda bisa langsung praktek. Namun, sebelumnya Anda harus berhati-hati karena proses gurah unik ini lumayan berisiko terhadap keselamatan burung. Salah sedikit dalam melakukan gurah, burung bisa sakit dan mengalami kebutaan.

Mengapa burung bisa sampai buta? Ternyata ini semua karena gurah Perkutut dilakukan dengan cara menusukkan batang rumput teki di sudut mata sampai tembus ke lubang hidung. Ingat jangan sampai terbalik. Jadi, masuknya dari sudut mata dulu kemudian tembus menyilang ke lubang hidung satunya.

Misalnya, Anda menusuk mata bagian kanan, maka batang rumput teki akan tembus dan keluar dari lubang hidung sebelah kiri. Begitu pula sebaliknya, jika yang ditusuk mata kiri, maka keluarnya di lubang hidung kanan.

Dilakukan Oleh Ahlinya

Apabila Anda tidak berani menusukkan batang rumput teki ke mata, sebaiknya tidak perlu dilakukan. Sebab, proses gurah ini butuh keberanian dan keterampilan. Saat batang rumput ditusuk, maka Anda harus memelintir pelan dan mengarahkan agar rumput keluar dari lubang hidung.

Kalau batang hidung ditusuk dari paruh menuju ke mata, maka mata bisa mengalami kebutaan. Pasalnya, batang rumput yang ditusukkan dari lubang hidung tidak kelihatan. Takutnya rumput tadi salah arah dan menusuk organ mata.

Manfaat Gurah Hidung Perkutut

  • Kotoran di lubang hidung jadi bersih.
  • Pernapasan burung Perkutut lebih plong.
  • Suara Perkutut yang tadinya kecil bisa berubah besar secara bertahap.
  • Lubang hidung plong dan bisa bernapas dengan lancar.
  • Terhindar dari kematian karena burung bisa bernapas lagi.

Apakah Gurah Hidung Aman untuk Perkutut?

Kami tidak bisa menjamin tingkat keamanannya. Sebab, risiko kecelakaan cukup besar. Bayangkan, Anda menusukkan batang rumput teki melalui mata dan tembus sampai ke hidung. Kalau salah tusuk, mata bisa buta, dan hidung terluka.

Loading...

Lebih baik minta tolong kepada orang yang sudah pernah melakukan hal tersebut. Dengan begitu, burung Anda akan tetap sehat dan tidak mengalami luka.

Kesimpulan

Demikian cara gurah Perkutut agar suara plong dengan batang rumput teki. Cara gurah yang satu ini cukup berisiko. Takutnya burung bisa terluka karena tertusuk. Saran kami, cari orang yang sudah berpengalaman, lalu diberi imbalan.

Baca juga:

Setelah melakukan gurah, hidung Perkutut akan bersih dan suara menjadi plong. Perkutut yang biasanya suara bindeng atau kecil, nanti akan menjadi besar dan menggelegar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!