Ukuran Ring Burung dan Tips Memilih Model Ring (kompas.com)

45 Ukuran Ring Burung Sesuai Jenis Burung dan Tips Memilih Model Ring

Burungnya.com – Ternak burung membutuhkan tanda pengenal agar hasil ternakan diketahui asal usulnya. Tanda pengenal yang dimaksud bukan KTP tapi ring burung atau cincin burung. Biasanya burung yang habis menetas, sebelum usia 1 bulan sudah diberi ring.

Di dalam ring tersebut terdapat semacam tanda pengenal, siapa penangkarnya, siapa indukannya, produksi ke berapa, trahnya, dan lain-lain. Dengan begitu, bila hasil ternakan burung bagus, pasti semua orang akan menghargai mahal begitu melihat ring tersebut. Selain itu, fungsi ring burung bisa untuk pengenal bila burung hilang.

Contoh Manfaat Ring Burung pada Merpati

Sebagai contoh, ring burung Merpati. Jenis burung ini sering dilombakan untuk mencari siapa yang tercepat. Namun, jarang tempuh lomba bisa sangat jauh. Sehingga burung rawan sekali hilang.

Pemiliknya memberikan ring pengenal di kaki agar saat burung hilang bisa langsung dikembalikan ke pemiliknya. Meski begitu, ada juga oknum nakal yang memilih memotong ring dan memeliharanya sendiri atau justru dijual ke orang lain.

Jadi sudah paham bukan pentingnya burung diberi ring? Nah, sekarang berapa ukuran ring burung yang sesuai jenis burung? Mengapa ring harus disesuaikan dengan jenis burung. Sebab, kaki burung berbeda-beda. Ada yang kakinya besar, ada pula yang kecil. Oleh sebab itu, Anda yang ingin buat ring burung harus menyesuaikan ukuran ring burung.

Ukuran Ring Burung Berdasarkan Jenis Burung

  1. Sanger = 2,2 mm
  2. Mozambik = 2,2 mm
  3. Blackthroat = 2,5 mm
  4. Pleci = 2,5 mm
  5. Finch 2,5 mm
  6. Zebra Finch = 2,5 mm
  7. Kenari Lokal = 3,0 mm
  8. Ciblek = 3,0 mm
  9. Murai Batu = 4,2 mm
  10. Kacer = 4,2 mm
  11. Cendet / Pentet = 4,2 mm
  12. Cucak Jenggot = 4,2 mm
  13. English Budgie = 4,2 mm
  14. Perkutut = 4,5 mm
  15. Lovebird = 4,5 mm
  16. Punglor Merah / Anis Merah = 4,5 mm
  17. Anis Kembang = 4,5 mm
  18. Lovebird = 4,8 mm
  19. Jalak Suren = 4,8 mm
  20. Cockatiel = 5,5 mm
  21. Red Conure = 5,5 mm
  22. Green checked conure small = 5,5 mm
  23. Cucak Rawa = 5,5 mm
  24. Falk = 5,5 mm
  25. Cucak Hijau = 5,8 mm
  26. Parkit Australia = 5,8 mm
  27. Jalak Bali = 6,0 mm
  28. Derkuku / Tekukur = 6,0 mm
  29. Green checked conure = 6,0 mm
  30. Puter Pelung / Tekukur Besar = 6,5 mm
  31. Merpati = 7,5 mm
  32. Sun Conure (Paruh Bengkok) = 7,5 mm
  33. Indian Ringneck = 7,5 mm
  34. Nuri pala hitam = 7,5 mm
  35. Merpati Tinggian / Merpati Pos = 8,0 mm
  36. Ayam Serama Betina = 9,0 mm
  37. Beo / Hill mina / Tiong Emas Malaysia = 11 mm
  38. Kakak Tua // Cockatoo = 11 mm
  39. Bayan = 11 mm
  40. African Grey Parrot = 11 mm
  41. Caninde Macaw = 11 mm
  42. Ayam Serama Jantan = 11 mm
  43. Blue & Gold Macaw = 13 mm
  44. Green Winged Macaw = 15 mm
  45. Hyacynthine Macaw = 16 mm
Cara Memasang Ring Burung (duniaburung.wordpress.com)
Cara Memasang Ring Burung (duniaburung.wordpress.com)

Tips Memilih Model Ring Burung

1. Jenis Ring Donat

Pilih ring burung berbentuk donat atau donat mata kucing karena ada lapisan pelindung di bagian luarnya. Sehingga cat ring lebih awet dan tahan lama. Ring donat bentuk bagian luar cembung seperti donat.

Loading...

2. Jangan Pilih Ring Stiker

Alasan tidak diperkenankan pilih ring model stiker karena lapisan luar ring mudah terlepas. Sehingga identitas atau tulisannya mudah hilang.

3. Ring Model Grafir

Pilihan yang tepat selain ring donat adalah ring grafir atau powdercoating. Ring ini awet dan aman untuk burung. Sebab, tulisan di ring masuk ke dalam seperti diukir dan permanen seumur hidup, alias tidak bisa hilang.

Masalah Kaki Burung Saat Dipasangi Ring

1. Burung Tua Dipasangi Ring

Jangan sekali-kali mencoba memasang ring pada burung yang sudah tua. Pasalnya, burung akan merasa risih dan tidak nyaman. Terkadang burung akan mematuk ring hingga kaki berdarah. Kalaupun tidak dipatuk, kaki burung bisa terluka saat proses pemasangan.

2. Pasang Ring Salah

Dalam memasang ring burung, bagian jari kaki belakang ditekuk ke atas bukan ke bawah. Sebab, kalau jari kaki belakang ditekuk dengan jari kaki depan, maka jarinya bisa patah.

3. Pemasangan Ring Tanpa Pelumas

Saat memasang ring, Anda harus menggunakan pelumas atau pelicin. Bahan pelumas bisa menggunakan minyak kelapa atau sabun. Intinya buat jari, kaki, dan ring licin, baru ring dimasukkan. Tanpa pelumas, ring akan sulit masuk dan pasti akan melukai kaki burung.

4. Ring Terlalu Kecil

Kami sengaja membagikan beberapa ukuran ring burung agar Anda tidak salah memilih ring. Kalau sampai salah pilih, ring kemungkinan bisa kekecilan dan membuat peredaran darah terhambat. Jika kejadian tersebut dibiarkan, kaki burung bisa mati rasa dan lumpuh.

Jenis atau Model Ring Burung

  • Mata Kucing atau Donat Mata Kucing.
  • Powdercoating.
  • Klip.
  • Roda.
  • Donat.
  • Grafir Laser.
  • Bajar Laser.
  • Laser.

Kesimpulan

Demikian beberapa ukuran ring burung sesuai jenis burung, jenis model ring burung, dan tips memilih ring burung. Pemilihan ring burung bukan semata-mata karena keindahan saja. Sebenarnya yang paling penting dalam memilih ring burung adalah kenyamanan.

Baca juga:

Jadi, pilih model ring burung yang awet tapi juga nyaman. Setelah itu, info di dalam ring atau cincin juga harus mudah dipahami. Sehingga apabila burung hilang atau ada yang beli, maka bisa diketahui siapa penangkarnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!