Burung dan Satwa di TMII Butuh Donasi Pakan (detik.com)

Burung dan Satwa di Taman Mini Indonesia Indah Butuh Donasi Pakan

Burungnya.com – Dampak pandemi virus Corona sangat mengerikan. Tidak hanya manusia yang terkena imbasnya, burung dan satwa di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga terdampak COVID-19. Mereka sampai membuka donasi berupa uang dan pakan.

Nah, untuk donasi uang sudah ditutup dan terkumpul Rp 177 juta. Target awal donasi tersebut sebenarnya Rp 180 juta untuk pakan satwa selama bulan Juni-Juli 2020. Namun, tidak masalah karena sudah cukup mendekati target donasi.

Kisah Seorang Anak Berikan Tabungan Untuk Pakan Burung

Berbicara tentang donasi di TMII, seorang anak bernama Arya dari Jakarta telah tersentuh hatinya untuk menyumbangkan tabungan senilai Rp 927 ribu untuk pakan burung di TMII.

Menurutnya tidak hanya manusia yang perlu dibantu selama pandemi virus Corona, hewan juga perlu dibantu karena memiliki hak hidup.

Donasi Pakan Buah untuk Satwa di TMII (detik.com)
Donasi Pakan Buah untuk Satwa di TMII (detik.com)

Donasi Pakan untuk Satwa di TMII

Kalau donasi pakan masih dibuka lebar. Sebenarnya, donasi uang dan pakan dilakukan sejak 2 Mei – 7 Mei 2020. Namun, khusus donasi pakan belum ditutup karena mengharap ada masyarakat yang mau menyumbang makanan untuk burung dan satwa di TMII.

Menurut Manajer Unit Taman Burung, Museum Komodo, dan Taman Reptil TMII Drh M. Piter Kombo, untuk donasi dalam bentuk uang sudah ditutup. Dia mengharapkan masyarakat peduli kepada satwa dengan membantu dalam bentuk donasi pakan.

Jenis Donasi Pakan Burung dan Satwa

Nah, ada beberapa jenis makanan yang bisa disumbangkan ke Taman Mini Indonesia Indah. Sebagian besar pakan tersebut berupa daging hewan, hewan ternak, buah, hingga biji-bijian.

  • Daging sapi.
  • Potongan daging kambing.
  • Ayam.
  • Anak ayam.
  • Tikus.
  • Ikan.
  • Jangkrik.
  • Ulat.
  • Kroto.
  • Magot.
  • Pisang.
  • Pepaya.
  • Buah lainnya.
  • Biji-bijian.

Cara Menyumbang Pakan di TMII

Lantas, bagaimana cara menyumbang pakan burung dan makanan satwa ke TMII? Mudah saja, Anda tinggal menghubungi nomor telepon 081310333952.

Setelah itu, Anda akan diberi skema bagaimana cara donasi pakan ke TMII. Tak lupa, pihak TMII juga berterimakasih kepada siapa saja yang telah mendonasikan pakan untuk satwa-satwa di sana.

Saat ini sudah ada sejumlah bantuan dalam bentuk makanan hewan, seperti daging biji-bijian, dan buah. Diharapkan nanti akan lebih banyak masyarakat yang mau berbagi buah atau daging hewan lainnya kepada satwa-satwa di Taman Mini Indonesia Indah.

Loading...

“Kami saat ini sudah menerima sejumlah bantuan pakan seperti daging, biji-bijian, dan buah. Kami hanya mengandalkan tiket masuk saja untuk memberi makan satwa dan lain-lain,” kata Piter Kombo, seperti yang disadur dari Okezone.com (9/5/2020).

Sumbangan Makanan untuk Hewan di TMII (detik.com)
Sumbangan Makanan untuk Hewan di TMII (detik.com)

Alasan Pembukaan Donasi di TMII

Mengapa TMII sampai membuka donasi atau sumbangan? Alasannya karena TMII memiliki sekitar 1.200 burung dan 300 reptil. Pembukaan donasi tersebut untuk mengantisipasi kalau pakan dan keuangan tidak mencukupi kebutuhan nutrisi satwa di tengah pandemi virus Corona.

Alhamdulillah sejak TMII ditutup pada bulan Maret 2020, tidak ditemukan satwa yang sakit atau mati. Pengelola hewan di TMII tetap memperhatikan standar kebutuhan nutrisi bagi satwa.

Baca juga:

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki buah-buahan di kebun atau usaha pakan burung, sudilah kiranya memberikan bantuan sedikit ke satwa-satwa di Taman Mini Indonesia Indah.

Besar sedikitnya bantuan tidak akan dipersoalkan. Yang penting, Anda mau memberikan bantuan makanan untuk satwa di TMII agar mereka bisa bertahan hidup.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!