Cara Melatih Merpati Rumahan Jadi Merpati Kolongan (hewanpeliharaan.org)

8 Cara Melatih Merpati Rumahan Jadi Merpati Kolongan

Burungnya.com – Sebenarnya melatih Merpati rumahan menjadi Merpati kolongan cukup sulit dan butuh kerja keras serta kesabaran. Namun, dengan latihan yang rutin dan keras, burung rumahan juga bisa jadi Merpati kolongan yang juara lomba.

Merpati yang awalnya cuma terbang di pekarangan rumah, bisa terbang hingga puluhan meter, ratusan meter, hingga menyeberangi pulau. Semua tergantung dari perawatan dan latihan yang disiplin.

Syarat Utama agar Merpati rumah bisa menjadi Merpati kolongan adalah membuatnya bisa kembali pulang saat terbang jauh. Jadi, walau dilepas dari luar rumah, Merpati tersebut bisa kembali ke kandang atau ke Merpati betina.

Cara Melatih Merpati Rumahan Menjadi Merpati Kolongan (danstrefour.blogspot.com)
Cara Melatih Merpati Rumahan Menjadi Merpati Kolongan (danstrefour.blogspot.com)

Tips Melatih Merpati Rumahan Jadi Merpati Kolongan

Pertama Merpati rumahan harus memiliki jam terbang tinggi. Dia harus terbiasa terbang jauh hingga berjarak puluhan kilometer. Setelah terlatih terbang jauh, burung tersebut disendirikan dan tidak diumbar agar tidak bisa melihat gedung maupun bangunan yang biasa dijadikan patokan untuk pulang ke rumah.

Tahap Latihan Merpati Rumahan Menjadi Merpati Kolongan

1. Bawa ke Kolongan

Merpati yang sudah yang giring keket dibawa ke kolongan untuk melihat situasi dan latihan Merpati kolongan. Burung yang belum giring jangan dibawa ke kolongan. Hal ini malah membuatnya down atau mentalnya turun.

Loading...

2. Lop Merpati

Burung Merpati latihan lop berulang kali yang penting di bawah jarak 5 meter. Usahakan Merpati tidak terlalu lelah agar Merpati tidak kabur dan mau pulang ke rumah.

3. Tambah Jarak Lop

Sesudah latihan lop sejauh kurang lebih 5 meter, sekarang tingkatkan latihan lop sampai 10-20 meter. Lepas Merpati menghadap ke kolongan seperti Merpati Balap. Tujuannya agar burung Merpati dapat memahami lokasi mendaratnya.

4. Porsi Latihan Dikurangi

Setelah latihan keras, porsi latihan dikurangi. Lakukan latihan sehari 2 kali saja. Tujuan dari pengurangan latihan agar Merpati mengetahui di lokasi kolongan terdapat burung Merpati betina.

5. Latihan Berdua

Lepas burung Merpati berdua dengan Merpati yang sudah paham kolongan. Beri tanda kepada Merpati atau kasih sein untuk menghindari Merpati tinggi sekaligus membentuk jalur Merpati.

6. Istirahatkan Merpati

Sesudah latihan berat, burung Merpati diistirahatkan dan biarkan dia mengeram sampai seminggu. Untuk Merpati jantan dijemur tanpa diumbar.

7. Cabut Telur

Kalau sudah seminggu mengeram, cabut telur, dan burung kembali giring keket, maka bawa Merpati ke kolongan. Berikan porsi latihan sesuai kemampuannya.

8. Latihan Jalur Lurus

Jika saat dilepas burung Merpati sudah langsung terbang lurus, berarti Merpati sudah mulai paham jalur dan dapat dilanjutkan sampai jarak 500 meter. Apabila saat dilepas, burung kelamaan terbang memutar, maka dia belum paham jalur dan harus diulang latihan dari awal.

Kesimpulan

Demikian beberapa latihan Merpati rumahan agar menjadi Merpati kolongan. Butuh kerja keras dan kesabaran untuk menciptakan Merpati kolongan juara. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Merpati di rumah juga mampu menjadi seekor Merpati kolongan.

Yang terpenting adalah latihan konsisten. Tidak mudah menyerah dan mengetahui kondisi burung. Setelah latihan berat, usahakan istirahat. Kemudian latihan lagi, dan istirahat lagi. Jangan sampai memaksakan burung Merpati latihan sampai kelelahan karena bisa berakibat fatal dan berujung kematian.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara melatih merpati tinggian rumahan
  • merpati rumahan
  • cara melatih merpati balap kolongan
  • merpati tinggian rumahan
  • merpati rumahan buat kolongan
  • merpati rum
  • merpati kolong lati
  • Merpati di lepas 500meter pulang lama
  • lomba kolongan apakah merpati bisa langsung dilepas
  • cara melatih merpati rumahan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!