Cara Memberi Makan Anak Kucing yang Benar

Burungnya.com – Terkadang anak kucing disamakan dengan kucing dewasa. Padahal, kedua kucing tersebut sangat berbeda, baik dari usia ataupun pola makan. Sehingga menu makanan anak kucing juga harus dibedakan dengan kucing dewasa.

Kucing kitten sebenarnya sudah mendapatkan asupan nutrisi dari induknya. Namun, sebagai hewan karnivora, Anda tetap harus memberikan makanan sendiri agar naluri berburunya terasah sejak dini.

Kapan Waktu Memberi Makan Anak Kucing

Pemberian makan untuk anak kucing biasanya di minggu ke-8. Sebab, mulai minggu 4-5 pertama, anak kucing diberi nutrisi oleh ibunya. Hal tersebut akan berhenti pada minggu ke-7.

Setelah anak kucing berhenti diberi makan oleh ibunya. Sekarang peran Anda sebagai pengganti ibu, yaitu memberi makan anak kucing tersebut. Makanannya bisa kemasan bermerek tapi pilihkan yang khusus kitten.

Porsi Makanan Anak Kucing

Untuk pemberian makanan anak kucing, Anda bisa memilihkan makanan Whiskas Kitten Pouch. Pemberian makanan ini untuk sekali makan dan diberikan untuk kucing usia 4 bulan.

Setelah usianya masuk 6 bulan, pemberian makanan 3-4 kali sehari. Kemudian usia 10-12 bulan, kucing bisa diberi makanan sebanyak 2-4 kali. Nah, kalau sudah dewasa di atas usia 12 bulan, kucing Anda bisa diberi makan 2 kali sehari.

Nah, agar kucing Anda bahagia, lebih baik makanan disajikan dalam mangkuk yang bersih dan dalam suhu ruangan yang segar.

Tips Memberi Makan Anak Kucing (dailypaws.com)
Tips Memberi Makan Anak Kucing (dailypaws.com)

Cara Mengubah Menu Makanan Kucing

Kucing merupakan hewan yang sensitif. Bila Anda ingin mengubah atau mengganti makanan kucing, maka Anda harus memberikan makanan secara bertahap.

Maksudnya, penggantian makanan harus dicampur dulu, tidak boleh diganti makanan baru secara langsung.

Misalnya, Anda terbiasa memberikan makan kucing merek Whiskas. Kemudian, Anda ingin ganti ke merek Me-O, maka pertama diperkenal dulu Me-O sebanyak 30 persen dan Whiskas 70 persen.

Setelah tiga hari, pakan dibuat 50 persen 50 persen. Seminggu kemudian, kucing bisa diberi Me-O sebanyak 70 persen dan Whiskas 30 persen. Nah, minggu berikutnya, baru kucing diberi makanan Me-O seutuhnya 100 persen.

Ingat, jangan langsung ganti menu makanan, karena kucing bisa mengalami masalah pencernaan.

Makanan Manusia Belum Tentu Baik untuk Kucing

Anda mungkin mengira makanan manusia yang Anda makan sudah sehat. Namun, makanan tersebut belum tentu baik untuk kucing.

Sebagai contoh, Anda ingin memberikan makanan berupa menu makanan yang mengandung bawang. Ternyata makanan tersebut bisa menyebabkan kucing terkena anemia.

Loading...

Meski manfaat bawang bisa menangkal pilek, menambah performa dalam berolahraga, antibotik alami, dan lain-lain, tapi bila dikonsumsi kucing, maka hasilnya bisa sangat fatal.

Jadi, tetap berikan khusus makanan kucing yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya.

Cara Memberi Makan Anak Kucing (cattime.com)
Cara Memberi Makan Anak Kucing (cattime.com)

Minuman Anak Kucing

Banyak cat lover yang tanya, mengapa anak kucing lebih suka minum air toilet? Ternyata anak kucing mempunyai hidung dan telinga yang sangat peka.

Dia cenderung lebih cepat menangkap bau yang mengganggu. Sehingga anak kucing lebih suka minum dari genangan air di toilet dibandingkan dengan mangkuk airnya sendiri.

Oleh karena itu, jauhkan tempat makan kucing dari toilet. Anak kucing juga harus dilatih buang air di toilet dan bukan makan atau minum di toilet.

Ciri Anak Kucing Sehat

Bagaimana mengetahui anak kucing sudah sehat? Mudah saja, bila anak kucing Anda sudah memiliki bulu yang mengilap, mata berbinar, dan otot yang lentur, berarti dia kucing sehat serta nutrisinya lengkap.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara memberi makan anak kucing yang benar. Mulai dari menu makanan, porsi makanan, hingga tempat makan juga harus diperhatikan.

Bahkan, bila Anda ingin mengganti menu makanan, maka prosesnya harus dilakukan secara bertahap. Kalau Anda terburu-buru mengganti makanan baru, dia bisa terkena berbagai gangguan masalah pencernaan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • bentuk botol susu yang baik untuk bayi kucing baru lahir
  • cara memberi makan anak kucing usia 4 bln

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!