5 Cara Membuat Perkutut Bunyi dengan Cetekan Jempol

Burungnya.com – Ada beberapa Perkutut yang cepat bunyi saat diceteki dengan tangan. Namun, tidak semuanya bisa begitu. Butuh latihan dan pembiasaan agar Perkutut Anda bisa bunyi saat mendengar cetekan jempol.

Bagaimana caranya? Hal pertama yang perlu Anda pastikan dulu adalah Perkutut harus jinak. Burung yang sudah jinak, Anda ceteki tangan langsung nyaut dan bunyi gacor.

Perkutut akan bunyi sambil sujud menundukkan kepala dan menggoyangkan ekornya ke atas seperti kipas.

Kalau sudah seperti itu, berarti Perkutut sudah jinak dan mempunyai ikatan baik dengan Anda. Artinya Perkutut sudah mengetahui siapa pemiliknya dan suka diajak berinteraksi.

Baca juga: 10 Cara Menjinakkan Perkutut dengan Air Hangat

Cara Membuat Perkutut Bunyi dengan Cetekan Jari

Perkutut Dimandikan Langsung Dipegang Tangan (youtube.com)
Perkutut Dimandikan Langsung Dipegang Tangan (youtube.com)

1. Mandikan dengan Tangan

Pertama jalin hubungan dekat dengan burung. Sering-seringlah Anda memandikan burung Perkutut langsung dipegang dengan tangan.

Siapkan dua wadah atau ember. Satunya air berisi shampo bayi, satunya lagi air bersih.

Tahap-tahap Memandikan Perkutut

  • Ambil Perkutut dengan tangan secara perlahan.
  • Pastikan kepala Perkutut dijepit di antara jari telunjuk dan jari tengah agar tidak lepas.
  • Rapikan bulu Perkutut yang berantakan.
  • Masukkan ke dalam bak atau wadah mandi yang sudah berisi shampo bayi.
  • Elus bulunya secara perlahan dan pastikan bulu Perkutut basah kuyup sampai ke kulit.
  • Lanjut ke pembilasan di air bersih dan pastikan sisa shampo sudah hilang.
  • Buka paruh Perkutut dan tiupkan udara dari mulut Anda sebanyak 3 kali.
  • Masukkan burung Perkutut ke dalam sangkar lagi.
  • Selanjutnya angin-anginkan Perkutut di tempat teduh.
  • Setelah bulu cukup kering, jemur burung di bawah sinar matahari maksimal sampai jam 10.00.
  • Pemandian Perkutut bisa dilakukan pagi hari seminggu 2 kali.

Baca juga: 13 Cara Memandikan Perkutut dan Terapi Renang Perkutut Untuk Lomba

2. Gantung Sangkar di Tempat Rendah

Selanjutnya gantung sangkar Perkutut di tempat yang rendah dan dilalui banyak orang. Paling bagus letakkan Perkutut di dekat pintu keluar masuk rumah.

Setiap mau keluar pintu cetekan jari Anda, panggil namanya, atau bersiul. istilahnya sapa dulu dan pamitan kalau Anda mau pergi.

Begitu juga saat pulang ke rumah, cetekan lagi jari Anda dan sapa burung sebentar. Perkutut akan merasa dihargai dan disayang.

Loading...

Biasakan cetekan jari Anda setiap keluar dan masuk rumah. Jangan lupa ajak ngobrol burung dan kalau ada waktu setiap malam pegangi dan elus-elus bulunya.

3. Menggoda Perkutut

Sama seperti sebelumnya, tapi ini fokusnya pada menggoda Perkutut dengan tangan. Anda bisa melambaikan tangan ke kanan dan ke kiri sampai Perkutut mengikutinya.

Kemudian Anda juga bisa mengkretek jeruji sangkar dengan jari Anda. Kretek kanan dan kretek kiri.

Anda bebas mau menggoda Perkutut Anda dengan cara apa saja yang penting dia bahagia. Pakai cetekan jempol juga boleh karena fokus kita adalah melatih Perkutut bunyi saat dicetekan jempol.

Baca juga: 22 Cara Mengatasi Perkutut Lokal Giras agar Cepat Jinak

4. Setiap Malam Perkutut Diuyel-uyel

Kalau punya istri, Anda mungkin lebih suka menguyel-uyel istri. Namun, bagi yang belum punya istri atau memiliki waktu senggang di malam hari, lebih baik main-main sama burung Perkutut.

Uyel-uyel di sini adalah memegangi Perkutut dan memijat tubuhnya. Selain itu, mengelus bulu sambil merapikan bila ada yang berantakan.

Lakukan proses uyel-uyel Perkutut setiap malam sebelum tidur. Burung tidak perlu dimandikan, cukup keluarkan dari sangkar dan uyel-uyel dengan tangan.

5. Ajak Beraktivitas Bersama

Sekarang lagi pandemi, sebagian orang kerja dari rumah. Anda mungkin juga melakukan hal serupa. Saat kerja, dekatkan sangkar Perkutut di meja kerja Anda.

Tujuannya agar dia bisa melihat saat Anda sedang kerja. Kemudian sesekali bersiul ke arahnya dan cetekan tangan Anda.

Burung akan merasa semakin dekat dan hubungan Anda dengannya lebih erat lagi seperti keluarga. Saran kami fokuskan cara ini pada satu ekor burung saja.

Bila Anda memiliki beberapa ekor Perkutut, lakukan satu persatu secara bergantian.

Baca juga: 7 Jamu Perkutut Agar Cepat Manggung dan Gacor

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat Perkutut bunyi dengan cetekan jari jempol. Rata-rata, Perkutut Lokal baru bisa merespon cetekan jari setelah pelatihan selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Namun, ada juga Perkutut yang dilatih 1 bulan sudah bisa nyaut dan merespon tangan Anda. Ini tergantung dari tingkat kejinakan burung dan mentalnya.

Semakin berani mentalnya dan semakin jinak, proses pelatihan Perkutut bunyi gacor akan semakin cepat. Yang terpenting jangan terfokus pada hasil, lakukan semuanya dengan tulus bahwa Anda benar-benar sayang pada burung Perkutut tersebut.

Ingat Perkutut bisa merasakan perlakuan Anda kepadanya. Bahkan, ada Perkutut yang pergi atau lepas saat pemiliknya sudah tidak sayang. Terkadang ada juga Perkutut yang mati karena tidak disayang atau dirawat dengan baik.

Jadi perlakukan Perkutut dengan baik seperti keluarga sendiri. Nanti dia akan membalas dengan memberikan suara anggungan yang gacor dor tak kowor-kowor.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara membuat Perkutut cetekan
  • WAKTU YANG BAIK MEMANDIKAN PERKUTUT
  • Cara agar kutut cetrekan bekor
  • Cara buat perkutut ceprekan tangan
  • Perkutut bunyi kretek

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!