8 Cara Memilih Vitamin Burung Kicau yang Bagus

Burungnya.com – Banyak sekali merek vitamin burung kicau yang dijual di pasaran. Apakah semuanya bagus? Tentu saja, setiap vitamin burung memiliki kelebihan masing-masing. Jadi, Anda harus pintar memilih vitamin yang bagus untuk burung kicau di rumah.

Apakah harga vitamin bisa dijadikan patokan bagus tidaknya sebuah produk vitamin burung. Salah satu dari penentu vitamin terbaik memang dari segi harga. Namun, harga tidak menjamin sebuah vitamin pasti bagus.

Sekarang kami akan memberikan tips bagaimana memilih vitamin yang bagus dan cocok untuk burung kicau. Kami tidak akan menyebut merek produk vitamin tertentu karena kami tidak ada kerja sama atau hubungan bisnis dengan pihak penjual vitamin.

Jadi, intinya kami hanya akan memandu saja cara-cara memilih vitamin yang cocok untuk burung Anda. Jangan sampai Anda terlanjur beli vitamin atau suplemen mahal, tapi ternyata tidak cocok.

Baca juga: 20 Vitamin Burung Terbaik untuk Lovebird dan Mereknya

Cara Memilih Vitamin Burung Kicau yang Bagus

1. Review Vitamin Bagus

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari review produk vitamin terbaik. Entah burung Anda tipe kicauan atau anggungan, yang paling penting ada review pengguna lain.

Agar mudah, cari produk vitamin atau suplemen dari marketplace terpercaya, misal Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Biasanya di penjual yang besar, ada banyak sekali review dari pembeli. Pelanggan yang suka dengan produk tersebut pasti memberikan bintang 5. Kalau ternyata produk vitamin buruk, mereka akan beri bintang 1 atau 2.

2. Merek Ternama

Ada vitamin burung yang sudah sangat dikenal kalangan kicau mania. Biasanya merek vitamin ini sudah terbukti bikin burung gacor atau rajin bunyi.

Sehingga produk tersebut tidak perlu diiklankan sekalipun, vitamin tadi pasti laris manis. Sekali lagi, kami tidak akan menyebut merek vitamin. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memantau di grup pecinta burung sesuai jenis burung Anda.

Pasti nanti ada salah satu anggota yang membagikan testimoni vitamin terbaik. Kemudian pantau juga komentar-komentarnya.

Kalau sulit mencari merek vitamin terbaik di grup facebook, Anda bisa memantau lagi dari marketplace. Lebih bagus kalau Anda memantau dua-duanya.

Baca juga: 10 Vitamin Lovebird dan Tips Memilih Vitamin yang Bagus

Cara Memilih Vitamin Burung Kicau yang Bagus (burungnya.com)
Cara Memilih Vitamin Burung Kicau yang Bagus (burungnya.com)

3. Kandungan Vitamin yang Baik

Tidak semua vitamin bagus untuk burung kicau. Ada vitamin yang diminum justru bisa membuat burung kegemukan. Ada juga vitamin yang membuat organ tubuh rusak karena diberikan terlalu banyak.

Jadi kandungan vitamin apa yang bagus untuk burung? Kalau bisa pilih kandungan vitamin berupa vitamin B12, B2, E, A, dan Royal Jelly.

Kemudian pilih juga beberapa vitamin yang kandungan alami, seperti vitamin A, B1, dan E. Alasannya sebagai berikut:

Loading...
  • Vitamin A mengandung banyak sayur hijau, kacang hijau, dan biji-bijiam.
  • Vitamin B1 mengandung kacang-kacangan hijau hingga jagung.
  • Vitamin E mengandung pakan biji-bijian.

Pada intinya pilih vitamin burung yang kandungannya seimbang. Sehingga selain menyehatkan tubuh, burung juga bisa tambah gacor dor tak kowor-kowor.

4. Kandungan Alami Herbal

Sebisa mungkin berikan yang alami pada burung kicau. Jadi, kalau ada vitamin atau suplemen alami, maka berikan saja yang alami ketimbang vitamin berbahan kimia.

Pasalnya, efek suplemen alami mungkin agak lama dirasakan, tetapi dalam jangka panjang burung tidak akan mengalami masalah, alias tidak ada efek samping.

Berbeda bila Anda memberikan obat-obatan kimia, mungkin dalam hitungan hari, burung sudah gacor, tapi bisa mendadak mati dalam hitungan bulan.

Baca juga: 15 Vitamin Burung Kacer yang Bagus Disertai Harga dan Manfaat

5. Produsen Vitamin Burung

Jangan lupa pilih vitamin dari produsen terpercaya khusus pembuat vitamin burung. Soalnya, produsen tersebut pasti sudah memiliki pengalaman membuat vitamin terbaik.

Kalau sudah dikenal banyak orang, tentu kualitas vitamin tersebut sangat bagus. Sehingga walau produsen tadi tidak memiliki akun marketplace dan rumahnya di gang sempit sekalipun, pasti tetap didatangi kicau mania.

Selain itu, pilih produsen yang memiliki izin usaha jelas. Takutnya nanti produk yang Anda beli bermasalah. Burung memang gacor, tapi Anda yang sering beli produk tersebut jadi berurusan dengan hukum.

6. Tidak Ada Efek Samping

Biasanya ada vitamin yang diberikan sekali langsung efek sampingnya beragam. Burung jadi sering nabrak jeruji, tubuhnya getar-getar, dan ada juga yang macet bunyi.

Ini vitamin yang kurang baik, jadi pililah vitamin yang tanpa efek samping sehingga aman untuk kesehatan. Burung bisa bunyi dengan lantang dan gacor.

7. Efek Positif Jadi Gacor dan Rajin Bunyi

Apa yang diharapkan kicau mania terhadap burungnya? Tentu saja, mereka ingin burung miliknya gacor dan rajin bunyi.

Kalau ada vitamin yang bisa membuat burung gacor dan rajin bunyi setiap hari, tentu vitamin tersebut laris manis. Jadi tidak hanya menyehatkan tapi juga memicu burung gampang bunyi.

Baca juga: 30 Merek Vitamin Murai Batu Agar Gacor dan Sehat di Lomba

8. Burung Sehat sampai Tua

Vitamin burung yang bagus bisa dipakai jangka panjang. Artinya efek vitamin tersebut bisa dirasakan sampai burung tua.

Burung sudah mengonsumsi vitamin sejak masih remaja. Performanya semakin bagus di lapangan dan rajin bunyi di rumah. Dari remaja sampai tua, burung tetap sehat, artinya vitamin tersebut bagus.

Jadi bukan vitamin yang diberikan sekali langsung gacor, tapi besoknya mati. Itu bukan vitamin lagi namanya tapi racun dan obat keras.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara memilih vitamin burung kicau yang bagus. Sejatinya burung akan berkicau sendiri bila waktunya sudah pas.

Yang terpenting perawatan harus yang terbaik, mulai dari pakan harian, pakan EF, umbaran, masteran, pemandian, penjemuran, pelatihan, gantangan, dan lain-lain.

Vitamin burung hanya untuk menunjang agar burung sehat dan kuat menjalani aktivitas lomba yang padat. Selain itu, vitamin sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh. Burung jadi tidak gampang loyo dan selalu aktif bunyi setiap hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!