Cara Mengatasi Cendet Nakal (wikimedia.org)

5 Cara Mengatasi Cendet Nakal atau Berperilaku Buruk

Burungnya.com – Di kalangan kicau mania ada istilah Cendet nakal atau berperilaku buruk. Maksud dari Cendet nakal seperti apa? Apakah perilaku burung tersebut seperti anak yang nakal? Sebenarnya perilaku nakal pada Cendet bisa diartikan seperti tingkah laku yang tidak baik sehingga pada performa burung yang menurun.

Cendet yang berperilaku buruk merupakan kondisi burung saat giras, liar, suka cabut bulu, salto, jarang bunyi, macet bunyi hingga miyik atau manja. Burung seperti ini sulit sekali disembuhkan karena pengaruh perawatan dan lingkungan yang buruk juga.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki Cendet yang nakal dan berperilaku buruk? Apakah harus dipanggilkan orangtuanya? Tentu saja tidak, masalah seperti ini bisa diselesaikan dengan metode perawatan yang tepat.

Cendet Berperilaku Buruk (birdguides.com)
Cendet Berperilaku Buruk (birdguides.com)

Cara Mengatasi Cendet Nakal atau Berperilaku Buruk

1. Kandang Aviary

Cendet yang berperilaku buruk dapat disembuhkan dengan memasukkannya pada kandang aviary. Kandang ini seperti kandang koloni yang berukuran luas. Dia dimasukkan dalam kandang tersebut, tapi sementara saja.

Tangkringan dipasang dua saja, letaknya di dekat dasar sangkar. Kalau bisa dua tangkringan ini saling berjauhan dan agak jauh dari atap. Tujuannya agar burung lebih aktif dan tidak salto. Setelah itu, cepuk pakan dan minum juga ditata berjauhan.

Burung akan sibuk makan dan minum mondar-mandir sampai melupakan kebiasaan buruknya. Dengan begitu, terapi dua tangkringan di kandang umbaran atau aviary pasti berhasil.

2. Pakan Extra Fooding

Untuk pakan tambahan Cendet sebisa mungkin pilih yang mengandung kadar protein tinggi, seperti voer ayam atau voer lele. Selain itu, berikan pula pakan extra fooding berupa jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.

Ada pula pakan tambahan lain, berupa kadal kecil, orong-orong, burung kecil, dan lain-lain. Berikan pakan yang sangat disukai burung agar dia lebih cepat jinak. Pemberian pakan tidak perlu menggunakan tangan secara langsung, tapi cukup diletakkan dalam cepuk pakan.

Takutnya kalau burung diberi dengan tangan langsung, akan terlalu jinak dan manja. Burung manja lebih susah disembuhkan. Lebih baik, punya burung setengah fighter dan cukup jinak. Dengan begitu, dia tetap berperilaku baik tapi tidak miyik.

Loading...

3. Mandi Basah Kuyup

Tingkah nakal burung Cendet bisa diatasi dengan cara mandi sampai basah kuyup. Burung mandi dengan cara disemprot halus atau diberikan bak mandi. Dari dulu sampai sekarang, mandi basah kuyup dapat mengatasi burung giras agar cepat jinak.

4. Pindah Sangkar Harian

Amati perilaku dan perkembangan burung Cendet setelah menjalani terapi di kandang umbaran. Jika burung sudah tidak nakal, maka dia bisa dipindah ke kandang harian.

Anda bisa mengamati burung Cendet selama 1-2 minggu. Jika burung tidak mengalami perubahan, sebaiknya tetap berikan pakan berkualitas dan mandi basah setiap hari. Burung seperti ini butuh adaptasi karena mengalami perubahan perawatan dari pemilik sebelumnya.

5. Perawatan Cendet di Kandang Harian

Setelah dipindah ke kandang harian, artinya burung sudah berperilaku baik. Nah untuk mencengah pria tersebut melakukan tindakan serupa, maka Anda harus selalu mengawasinya.

Tangkringan cukup satu saja dulu. Setelah beberapa hari berselang, Anda bisa menambah satu tangkringan lagi secara menyilang. Model tangkringan seperti ini bisa membuat Cendet anteng nagen satu titik dan tidak salto lagi.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi Cendet nakal atau berperilaku buruk. Burung nakal seperti ini sudah pasti karena perawatan yang salah. Selain itu ada pula Cendet yang sejatinya memang tidak berkualitas. Kalau Anda mendapat Cendet seperti itu, berarti mau tidak mau harus mencari yang baru.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!