6 Cara Merawat Burung Puyuh untuk Lomba Agar Rajin Bunyi

Burungnya.com – Belakangan antusias kicau mania terhadap burung Puyuh semakin meningkat. Hal ini diketahui dari munculnya beberapa lomba burung Puyuh di berbagai daerah. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus agar burung Puyuh rajin bunyi saat lomba. Bagaimana cara merawat burung Puyuh untuk Lomba agar rajin bunyi?

Seperti kita ketahui bersama, Puyuh bukan termasuk burung kicauan. Burung ini sering diambil telur dan dagingnya. Jadi, cukup jarang mengikutkan burung Puyuh ke arena lomba, apalagi lomba kontes suara.

Lomba Burung Puyuh Sudah Muncul Sejak Lama

Meski begitu, tren lomba burung Puyuh sudah ada sejak 4 tahun silam, tepatnya pada tahun 2014 atau mungkin lebih lama dari itu. Seorang pengguna telah memposting sebuah video lomba burung Puyuh di gantangan malam. Anda bisa menyaksikan videonya sebagai berikut:

Ada juga video burung Puyuh jinak dan gacor yang diposting oleh Khisbulloh Gunawan. Burung Puyuh miliknya sudah terlihat gacor dan rajin bunyi dengan suara nyaring. Bahkan, burung Puyuh tersebut tampak tenang di atas tangan pemiliknya.

Sekarang, lomba burung Puyuh viral kembali setelah ada seseorang yang memposting lomba tersebut di Facebook. Lantas, banyak yang ikut-ikutan untuk membuka gantangan sendiri dan melakukan lomba burung Puyuh.

Perlu Anda ketahui, ternyata burung Puyuh Lomba mempunyai perawatan yang berbeda dengan burung Puyuh ternak. Sebab, burung ini yang dilombakan suaranya bukan telur atau dagingnya. Jika Anda penasaran gimana cara merawat burung Puyuh lomba, maka simak penjelasan berikut.

Kriteria Burung Puyuh Lomba

Sebelum melakukan perawatan burung Puyuh Lomba, ada baiknya Anda memilih burung Puyuh kriteria lomba. Biasanya burung Puyuh untuk lomba mempunyai jenis kelamin jantan, rajin bunyi dengan durasi cukup panjang, mental fighter, dan tidak demam panggung.

Baca juga: 5 Ciri Lovebird Fighter Mental Petarung yang Bagus untuk Lomba

Loading...

Ciri-ciri Burung Puyuh Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina (omkicau.com)
Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina (omkicau.com)
  • Burung Puyuh jantan tidak mempunyai corak bercak-bercak hitam di dada, alias polos. Sementara, burung Puyuh betina ada motif garis bercak-bercak titik hitam di leher sampai dada.
  • Suara burung Puyuh jantan lebih keras dari burung Puyuh betina. Selain itu, suara burung Puyuh jantan lebih keras dan kasar ketimbang burung Puyuh betina.
  • Berat badan burung Puyuh jantan lebih ringan dari burung Puyuh betina. Sehingga, rata-rata burung Puyuh betina terlihat lebih besar dari burung Puyuh jantan.

Ciri Burung Puyuh yang Bagus untuk Lomba

  • Burung Puyuh berkelamin jantan.
  • Bodi burung Puyuh lebih ramping berisi agar tidak mudah lemas saat lomba.
  • Biasanya burung Puyuh lomba lebih agresif dan kepalanya selalu mendongak ke atas.

Cara Merawat Burung Puyuh Lomba

  1. Burung Puyuh dijemur setiap hari dengan durasi 15-60 menit. Tujuannya agar burung Puyuh rajin bunyi dan terhindar dari kutu.
  2. Kalau ada lahan, sebaiknya burung Puyuh diumbar di tempat berpasir setiap beberapa hari sekali. Burung Puyuh suka mandi pasir untuk menghilangkan stres.
  3. Jika jenis burung lain sering dimandikan, maka burung Puyuh cukup dimandikan seminggu sekali.
  4. Burung Puyuh suka tempat yang terang. Sehingga saat malam, berikan lampu di dekat kandangnya.
  5. Berikan pakan bergizi untuk burung Puyuh, seperti voer ayam, milet putih, dan beras merah. Anda bisa mencampur semua pakan tersebut dan diberikan setiap hari pada pagi, siang, dan sore hari.
  6. Pakan tambahan Extra Fooding (EF) burung Puyuh bisa menggunakan ulat kandang, jangkrik, dan lain-lain.

Baca juga: 9 Ciri Lovebird yang Bukan Tipe Lomba

Demikian cara merawat burung Puyuh lomba khusus untuk kontes suara agar rajin bunyi. Perawatan burung Puyuh terkesan lebih mudah bila dibandingkan dengan jenis burung kicau lainnya. Maka tak heran beberapa kalangan kicau mania tertarik ikut lomba burung Puyuh.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Perawatan puyuh lomba
  • Merawat burung puyuh untuk lomba
  • kriteria penilaian lomba puyuh
  • makanan puyuh untuk lomba
  • setingan burung puyuh lomba
  • cara agar burung puyuh rajin bunyi
  • lomba puyuh
  • burung puyuh lomba
  • burung puyu apa yg bagus buat lombah
  • puyuh jantan pakan untuk lomba

Berikan komentar