15 Cara Merawat Cendet Madura Sesuai Karakter dan Kebiasaan

15 Cara Merawat Cendet Madura Sesuai Karakter dan Kebiasaan

Burungnya.com – Dibandingkan jenis Cendet yang lain, sepertinya banyak kicau mania lebih tertarik memelihara Cendet Madura. Tentu ini karena burung tersebut lebih gacor dari Cendet lainnya. Burung ini sudah gacor di alam, kalau dirawat dengan baik, pastinya lebih gacor lagi.

Salah satu pecinta burung Cendet yakni Om Nyoto berbagi tips cara merawat burung Cendet Madura supaya cepat gacor. Cara ini mungkin sama dengan burung Cendet lain, tetapi lebih spesifik karena Om Nyoto sudah 40 tahun berkecimpung di dunia burung.

Secara garis besar, untuk memelihara burung Cendet, Anda harus memahami dulu karakter dan kebiasaannya. Dengan begitu, perawatan burung akan semakin mudah dan lebih banyak pengaruhnya. Kalau sekadar ikut-ikutan tips perawatan burung lain, sebagian besar tidak sesuai. Namun, ada pula yang sesuai perawatannya, tergantung dari burung tersebut.

Ciri-ciri dan Kelebihan Cendet Madura (tropics.nu)
Ciri-ciri dan Kelebihan Cendet Madura (tropics.nu)

Kami di sini juga demikian, dalam artian tidak mengajari untuk merawat burung Pentet dengan setingan tertentu, melainkan mengembalikan pada kesukaan burung itu sendiri. Apa yang disukai burung dan apa yang dibenci burung, Anda harus mengetahuinya. Tentu ini butuh waktu yang tidak sebentar, dan pengalaman yang lama.

Meski begitu, efek yang didapat setelah perawatan tadi akan lebih terlihat dan sesuai harapan. Daripada Anda cuma mencontoh setingan Cendet lain dan ternyata tidak berhasil, hal tersebut justru buang-buang waktu. Lebih baik, buat perawatan sendiri yang kemungkinan disukai burung Cendet Madura.

Cara Mengetahui Karakter dan Kebiasaan Burung Cendet Madura

1. Jemur Mandi

Cari tahu dari hal-hal yang sederhana dalam perawatan Cendet sehari-hari. Caranya setiap kali mandi dan jemur, kira-kira burung Cendet lebih suka berlama-lama mandi atau jemur. Jika burung suka mandi, berarti Anda harus lebih sering memandikan burung dan mengurangi jemur.

Misalnya, burung harus lebih sering mandi pagi dan sore hari. Kalau perlu, burung juga dimandikan malam hari. Untuk jemur, burung bisa dijemur 2-3 hari sekali. Sesuaikan perawatan tersebut agar burung menyukainya. Sebaliknya, kalau suka jemur, maka kurangi durasi mandi.

2. Berikan Berbagai Jenis Pakan

Pakan burung Cendet bervariasi, mulai dari voer dan beberapa makanan extra fooding. Coba setiap hari beri makanan yang berbeda-beda. Misal, hari ini jangkrik sekian ekor, besok, ulat kandang, dan lusa kroto. Porsinya juga diubah-ubah sampai menemukan porsi kesukaan burung Cendet.

3. Kerodong atau Diangin-anginkan

Untuk tips perawatan kerodong, Anda dapat mengikuti kondisi cuaca di sekitar. Jika cuaca dingin, Anda bisa mengerodong burung. Namun, bila cuaca panas dan gersang, lebih baik Cendet sering diangin-anginkan.

4. Masteran Burung Cendet

Kalau masteran, bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Namun, perlu diperhatikan, suara isian burung jangan terlalu keras. Putar audio masteran pelan saja tapi suara terdengar jelas. Jika menggunakan burung asli, lebih baik perdengarkan suara saja dulu.

Kalau Cendet sudah ada peningkatan kinerja, Anda dapat mendekatkan burung masteran atau menyekat dua kandang dengan kain kerodong.

5. Kandang Bersih

Burung Cendet yang terbiasa melihat kandang bersih, berarti Anda juga harus rutin membersihkan sangkar setiap hari. Sambil membersihkan sangkar, Anda dapat mengganti pakan minumnya juga.

Loading...

6. Tangkringan Cendet

Bila Anda baru membeli burung Cendet Madura, sebaiknya tangkringan atau sangkarnya juga dibeli sekalian. Sebab, burung tersebut sudah terbiasa dengan sangkar dan pangkringan yang lama. Kalau keduanya diganti baru, burung harus beradaptasi lagi. Jika burung tidak kuat, maka dia bisa stres dan melakukan hal-hal aneh, seperti salto dan semacamnya.

Ciri Cendet Asli Madura (tbparis.com)
Ciri Cendet Asli Madura (tbparis.com)

Cara Merawat Burung Cendet Madura

  1. Burung Cendet dimandikan setiap hari, tapi tergantung kebiasaan burung masing-masing. Kalau burung sedang ngurak atau mabung, sebaiknya tidak dimandikan.
  2. Sambil dimandikan, sangkar burung Cendet dapat dibersihkan sekalian.
  3. Burung diberi pakan extra fooding sesuai kebiasaan. Misal, pagi hari diberi jangkrik 3 ekor, sore hari 3 ekor.
  4. Cendet juga bisa diberi ulat kandang atau kroto. Namun, karena kroto sudah mulai langka, Anda dapat memberikan ulat kandang saja.
  5. Penjemuran dapat dilakukan lama atau sebentar, tergantung masing-masing burung.
  6. Saat siang, burung Cendet tidak perlu dikerodong. Kerodong dapat diberikan saat malam atau cuaca hujan dan pergi lomba. Untuk harian atau saat kerja, sebaiknya burung tidak dikerodong, cukup diangin-anginkan di belakang rumah atau teras.
  7. Pemasteran dapat dilakukan malam sampai pagi dengan suara pelan. Suara masteran untuk Cendet Madura biasanya burung Gereja tarung, Cililin, Lovebird, Belalang kecek, Tengkek Buto, jangkrik, dan Kenari.
  8. Setelah mengetahui setingan Cendet Madura yang cocok, sebaiknya lakukan perawatan tersebut secara konsisten dan sabar. Jangan digonta-ganti lagi setingannya agar burung tidak stres.
  9. Kalau perlu tambahkan asupan nutrisi, seperti vitamin, multivitamin, dan suplemen burung Cendet. Jika takut suplemen tersebut mengandung bahan kimia berbahaya, Anda dapat membuat jamu tradisional saja untuk Cendet.

Demikian beberapa cara merawat burung Cendet Madura sesuai dengan karakter dan kebiasaan. Dengan cara tersebut, dijamin burung lebih suka karena sesuai dengan keinginan burung. Kalau dipaksakan menggunakan setingan sesuai keinginan pemiliknya, terkadang burung terlihat oke-oke saja tapi tidak mau bunyi atau jarang berkicau.

Baca juga: 

Oleh karena itu, mengetahui karakter burung Cendet sangat penting untuk membuatnya cepat gacor. Jadi, jangan putus asa saat burung jarang berkicau atau cuma mau bunyi di rumah saja. Anda juga harus mengecek apakah burung sedang sakit, lingkungannya seperti apa, asupan nutrisi sudah bagus atau belum, mentalnya gimana, dan lain-lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Lama jemur cendet
  • cara mengetahui karakter cendet yang suka mandi dan tidak
  • Cara rawatan butung pentet maduta
  • cendet mau bunyi kalau di jemur lama
  • Jenis sangkar Cendet
  • Karakter cendet madura
  • memahami cendet
  • Merawat cendet dengan pakan harian ulat kandang

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!