22 Cara Merawat Kucing Persia Medium dan Cirinya

Burungnya.com – Masyarakat Indonesia sebagian suka sekali memelihara kucing Persia medium. Ciri kucing ini mempunyai bulu lebat dan memiliki tingkah lucu. Tak heran banyak orang menyukai dan memelihara kucing tersebut.

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung mengapa kucing ini dipanggil kucing Persia medium? Sebab, beberapa dari masyarakat terkadang malah salah membeli kucing Persia flatnose.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri kucing Persia medium agar Anda tidak salah beli lagi. Kasihan kalau Anda sudah keluar banyak uang tapi ternyata salah membelinya.

Ciri Kucing Persia Medium

Agar Anda lebih mudah memilih mana kucing Persia medium dan mana yang bukan, Anda harus memahami ciri-cirinya.

1. Wajah

Bentuk wajah kucing Persia medium tidak terlalu rata bila dibandingkan dengan kucing Persia yang lain. Kucing ini wajahnya lebih runcing tapi lebih runcing dari kucing kampung.

2. Hidung

Bagian hidung kucing ini tidak terlalu pesek. Jadi kira-kira kalau dilihat sekilas memang dia sedikit mancung. Tingkat kemancungan kucing ini antara kucing Persia dan kucing kampung.

3. Telinga

Nah, kalau bentuk telinga kucing Persia medium biasanya lebih besar dari kucing kampung. Lalu, jarak antara kucing ini berjauhan.

4. Kaki

Satu lagi yang terlihat jelas yaitu bentuk kaki kucing Persia medium lebih panjang dan lebih besar dari kucing kampung.

Kenapa hampir semuanya dibandingkan dengan kucing kampung? Alasannya kucing kampung lebih sering Anda lihat. Dengan begitu Anda yang belum tahu kucing Persia medium secara langsung bisa membayangkannya.

Kucing Persia Medium (lovetoknow.com)
Kucing Persia Medium (lovetoknow.com)

Karakter Kucing Persia Medium

Apakah kucing Persia ini tipikal kucing yang nakal dan bar-bar seperti kucing kampung? Kita lihat saja, sepertinya dia kucing baik dan lucu.

Berikut karakter atau sifat kucing Persia medium:

1. Tingkahnya Aktif

Sama seperti kucing lain, kucing persia versi medium termasuk aktif. Sehingga kucing ini tidak suka di dalam rumah atau dalam kandang. Agar dia bahagia, lebih baik lepaskan dia di halaman rumah atau sekitar rumah.

2. Setia pada Pemilik

Tidak berbeda jauh dengan pasangan, kucing Persia yang satu ini tipe yang setia. Dia selalu setia dengan majikan dan tidak akan pernah meninggalkannya.

Apabila kucing ini sudah hidup lama dengan Anda dan sudah jinak, maka saat dia diajak jalan ke luar rumah, nanti dia bisa pulang sendiri.

Kucing seperti ini jarang sekali hilang karena setelah puas main, dia akan pulang lagi ke rumah majikan.

3. Kucing Ramah

Ini termasuk kucing yang ramah. Artinya dia tidak akan menggigit atau mencakar saat dielus. Namun, kalau dengan anak-anak, kucing ini mungkin akan ketakutan.

Jenis Kucing Persia Medium

Ada dua jenis kucing Persia medium terutama kalau dibedakan pada ukuran bulunya.

1. Kucing Persia Medium Long Hair

Dilihat dari bulunya kucing Persia medium long hair ini memang memiliki bulu panjang dan lebat. Ini karena kucing tersebut sudah dikawinkan dengan kucing lokal bulu panjang.

Sehingga nanti anaknya memiliki bulu panjang dan hidung tidak terlalu pesek. Yang menjadi pembeda memang pada bulu saja.

2. Kucing Persia Medium Short Hair

Sebaliknya untuk medium short hair bulunya pendek. Hal ini terjadi karena kucing tersebut kawin dengan kucing lokal atau kucing domestik bulu pendek.

Kucing ini nantinya akan terus berbulu pendek. Namun, tidak semua hidungnya nanti jadi mancung. Sebagian kucing persia ini juga pesek sama seperti induknya.

Baca juga:

Cara Merawat Kucing Persia Medium

1. Pilih Makanan Kucing Persia

Nah, karena kucing ini memiliki bulu yang lebat dan panjang, sebaiknya Anda memilih makanan kucing yang khusus memberikan nutrisi pada bulu kucing. Oh iya, kucing Persia tipikal kucing yang aktif jadi makanannya harus berprotein tinggi.

Loading...

2. Makan Teratur

Untuk kucing dewasa pemberian makan cukup 2-3 kali saja dalam satu hari. Kalau kucing masih berusia 8-12 minggu berikan makanan sebanyak 4 kali sehari.

3. Minuman

Selain makanan, kucing juga harus diberi minuman. Anda dapat memberi minuman air putih biasa atau air mentah. Tempatkan air di dekat makanan atau tempatnya istirahat. Jangan lupa air minum diganti setiap hari agar bersih.

4. Tempat Makan Minum

Berikan pula tempat makan dan minum kucing. Namun ingat, sebaiknya keduanya dipisah agar tidak bercampur. Kalau makanan kucing terkena air nanti bisa cepat berjamur.

5. Membersihkan Kotoran

Setelah makan minum, biasanya kucing Persia medium akan pup buang kotoran. Anda harus cekatan dan segera membersihkan kotoran tersebut agar tidak bau serta menimbulkan berbagai penyakit.

Kotoran kucing di pasir bisa diambil kotorannya saja apabila kotoran mengumpul jadi satu pada pasir. Namun, bila kotoran menyebar ke seluruh pasir, sebaiknya dibersihkan sekalian diganti pasirnya dengan yang baru.

Cara Merawat Kucing Persia Medium (purebredcatrescue.org)
Cara Merawat Kucing Persia Medium (purebredcatrescue.org)

6. Memandikan Kucing

Kucing tidak mandi setiap hari tetapi kucing bisa dimandikan dua minggu sekali atau sebulan sekali. Dalam memandikan kucing Persia bisa dengan shampo khusus kucing.

Jangan menggunakan shampo rambut manusia karena kandungan kimianya bisa saja berbahaya. Lebih baik gunakan shampo yang pasti aman untuk kucing.

7. Bersihkan Telinga

Bagian telinga kucing mudah sekali kotor dan dia sulit membersihkannya. Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik harus membersihkan telinga kucing secara rutin menggunakan cottonbud dan baby oil.

8. Potong Kuku Kucing

Kuku menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Bisa saja kucing tidak sengaja menyentuh kotorannya sendiri dan tertinggal dalam kuku. Jadi Anda harus memotong kuku kucing secara rutin.

Walau dia bisa menumpulkan kuku sendiri dengan cara menggaruk kayu, tetapi Anda harus membantunya memotong kuku tersebut.

9. Bersihkan Kotoran Mata

Setiap bangun tidur kotoran mata menumpuk di sudut mata. Begitu juga dengan kucing karena dia juga mengalami hal serupa. Bersihkan kotorannya dengan tisu kering atau basah.

10. Kotoran Hidung

Sisa kotoran hidung terkadang bisa mengganggu pernapasan kucing. Bersihkan lubang hidung kucing secara rutin agar dia bisa bernapas lega.

11. Menyisir Bulu Kucing

Agar bulunya rapi sisir bulu kucing Persia secara teratur. Nanti bulu tidak akan kusut dan kutu akan berjatuhan. Jadi selain bulu rapi, kutu juga akan hilang.

12. Jemur Kucing

Setiap hari sebisa mungkin kucing Persia medium harus terkena sinar matahari. Jemur kucing tersebut selama 10-15 menit. Tujuannya agar sistem metabolisme kucing selalu terjaga dan terhindar dari ruam-ruam merah akibat jamur atau kutu.

13. Aja Kucing Main

Kalau kucing Anda ingin sehat jasmani dan rohani, sebaiknya ajaklah dia bermain. Sebab, permainan bisa membuat kucing bahagia dan aktif bergerak.

14. Vaksinasi Kucing

Agar lebih sehat lagi kucing Anda harus divaksinasi saat usianya sekitar 6-8 minggu. Jenis vaksinasi yang bisa diberikan adalah sebagai berikut, rabies, distemper, hepatitis, parainfluenza, leptospira, parvo, hingga corona.

15. Vitamin Bulu Kucing

Kucing Persia Medium mempunyai daya tarik di bagian bulu. Oleh sebab itu rawatnya bulunya dengan memberikan vitamin bulu kucing. Pemberian vitamin ini bisa secara langsung atau melalui makanannya.

16. Obat Cacing Kucing

Kalau kucing Anda terlihat kurus dan malas makan, ada kemungkinan dia cacingan. Berikan obat cacing agar cacing di tubuhnya mati dan nafsu makannya bertambah.

17. Kucing Sehat dan Sakit

Agar tidak menular, kucing sehat dan sakit harus dipisah. Sebab, kucing mudah sekali menularkan penyakit, baik melalui perantara air liur, bulu, hingga kotoran.

18. Birahi Kucing

Semakin dewasa, birahi kucing akan semakin besar. Nah, birahi ini harus disalurkan dengan cara mengawinkan kucing. Anda tahu sendiri kalau kucing sedang birahi tingkahnya seperti apa. Jadi mengawinkan kucing termasuk salah satu solusi. Apalagi bila kucing sudah berusia 1 tahun, dia siap dikawinkan.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat kucing Persia Medium dan ciri-cirinya. Kucing ini termasuk mudah dipelihara karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Artinya walau Anda seorang pemula sekalipun, Anda masih bisa merawat kucing tersebut dengan baik.

Namun sebisa mungkin jaga keturunannya tetap cantik. Kalau dia dikawinkan dengan kucing kampung jalanan, bisa-bisa keindahan dan kelucuan kucing Persia Medium akan perlahan memudar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!