5 Jenis Kucing Hutan Hampir Punah Tidak Boleh Dipelihara

Burungnya.com – Kalau Anda seorang pecinta kucing, tentu Anda pernah mendengar kucing hutan. Kucing ini terlihat eksotif dan unik karena memiliki bulu seperti harimau.

Nah, karena keunikan bulunya tersebut, kucing hutan sering diburu dan dijual ke pasar gelap. Tak heran, beberapa jenis kucing hutan mulai punah dan langka.

Kemungkinan anak cucu kita nanti tidak akan bisa melihat kucing itu lagi. Jika kita membiarkan kejahatan seperti ini terus berlanjut, sudah pasti kucing hutan benar-benar hilang dari peradaban.

Oleh karena itu, kita harus bersatu untuk melindungi dan melestarikan kehidupan kucing hutan di habitatnya. Kenali beberapa jenis kucing hutan yang hampir punah, agar siapa saja bisa ikut menjaganya.

"<yoastmark

Jenis Kucing Hutan Hampir Punah

1. Bornean Bay Cat atau Kucing Merah Kalimantan

Diketahui kucing ini hidup nyaman di hutan-hutan Kalimantan. Bentuk tubuhnya mirip macan tapi lebih kecil. Untuk ciri di bulu tubuhnya didominasi warna merah tapi lebih pucat dari warna bulu di kepala.

2. Kucing Bakau

Untuk kucing liar hutan di Indonesia, kucing Bakau mempunyai tubuh yang lebih besar. Kucing bakau terancam punah karena habitat aslinya telah yang rusak.

Tahukah Anda kucing ini juga pandai berenang. Kemampuan ini dia dapat karena dia sering berburu ikan dan hidup di rawa-rawa bakau atau tepian sungai.

3. Prionailurus Bengalensis atau Kucing Blacan

Kucing Bengal (pethelpful.com)
Kucing Bengal (pethelpful.com)

Tidak hanya nama ilmiah Prionailurus Bengalensis, kucing Blacan juga memiliki sebutan lain, seperti kucing kuwuk, kucing congok, macan akar, macan rembah, dan yang paling populer Asian Leopard Cat.

Loading...

Ciri khas kucing ini mirip sekali dengan macan tutul. Bahkan kucing Blacan juga pintar berenang, memanjat, dan berburu mangsa di malam hari.

4. Kucing Temminck atau Kucing Emas Asia

Kucing hutan yang satu ini cukup kasihan karena banyak diburu. Akibatnya kucing Emas Asia sekarang masuk daftar International Union Conservation of Nature (IUCN).

Tak heran, kucing Emas Asia ini sangat dilindungi di Indonesia. Kalau Anda penasaran, kucing hutan Emas Asia bisa ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.

5. Kucing Batu

Jika dilihat sekilas, kucing Batu mirip sekali dengan kucing Bengal. Bedanya, kucing Batu mempunyai kaki dan ekor yang lebih panjang dari kucing Bengal.

Jenis kucing hutan ini tergolong langka karena cuma tersisa 10.000 ekor di Asia dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Anda bisa menemukan kucing ini di Kepulauan Sunda.

Baca juga:

Kesimpulan

Banyak jenis kucing hutan yang unik dan eksotif. Namun, sebagian dari mereka justru terancam punah karena bulunya yang indah.

Anda sebagai cat lover seharusnya sudah paham terhadap kondisi tersebut. Jadi, jika Anda mendapati ada orang yang memelihara kucing liar alam, sebaiknya disuruh lapor ke BKSDA.

Jangan pernah memelihara hewan yang dilindungi atau terancam punah. Kapasitas kita sebagai warga tidak cukup untuk melestarikan kucing tersebut.

Sebaiknya kucing liar alam yang masih dipelihara di rumah, segera dilaporkan ke BKSDA setempat. Tujuannya agar mereka bisa melestarikan kucing tadi dan melepasliarkan ke alam. Dengan begitu, kucing hutan akan berkembangbiak semakin banyak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!