Skip to content

7 Cara Merawat Merpati di Musim Hujan

Cara Merawat Merpati di Musim Hujan

Burungnya.com – Bagaimana cara merawat Merpati di musim hujan? Soalnya, burung Merpati butuh asupan gizi selama musim dingin.

Ya, sebentar lagi musim hujan akan datang. Banyak yang sudah tahu bahwa perubahan musim panas ke musim hujan bisa berpengaruh pada kesehatan.

Burung Merpati pada umumnya bisa rentan sakit karena perubahan musim tersebut. Jadi, Anda harus memberikan perawatan ekstra terhadap burung Merpati selama musim hujan.

Baca juga: Cara Merawat Merpati Balap Sprint dan Makanan Pilihan

Cara Merawat Merpati di Musim Hujan

Cara Merawat Merpati di Musim Hujan Agar Sehat

Cara Merawat Merpati di Musim Hujan Agar Sehat

1. Kandang Kering

Anda harus memastikan kandang burung Merpati tetap kering selama musim hujan. Selain kandang, burung Merpati juga harus kering dulu sebelum masuk kandang.

Kalau burung basah dimasukkan kandang, nanti kandang jadi lembab. Kemudian kandang ditumbuhi jamur dan bakteri.

2. Hati-hati Serangan Nyamuk

Nyamuk tidak hanya menyerang manusia, tapi juga burung Merpati. Cara merawat Merpati di musim hujan berarti salah satunya mencegah nyamuk masuk ke dalam kandang.

Caranya dengan memasang kawat nyamuk di luar kandang. Gigitan nyamuk bisa menyebabkan cacar Merpati. Akibatnya nanti burung Merpati bisa terkena koreng cacar di wajah, mulut, dan kaki.

3. Jangan Ternak Merpati Dulu

Selama musim hujan, sebaiknya tunda dulu proses ternak Merpati. Soalnya, kawin itu membutuhkan tenaga, belum lagi nanti proses bertelur, dan pengeraman.

Kalau stamina burung tidak bagus, nanti justru tidak baik di indukan dan anakan. Jadi, lebih baik menunda proses perkembangbiakan daripada nanti keduanya menderita.

Baca juga: 17 Cara Ternak Merpati Potong Lengkap dengan Analisa Usaha

4. Makanan Burung Merpati

Cara merawat Merpati di musim hujan salah satunya memberikan makanan terbaik.

Nah, selama musim hujan, berikan makanan yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa memberinya vitamin dan vaksin.

Anda juga bisa memberikan Merpati sayuran, seperti bayam dan wortel. Pemberiannya cukup dicampur ke dalam pakan Merpati.

Cara Merawat Burung Merpati di Musim Hujan

Cara Merawat Burung Merpati di Musim Hujan

Alternatif lainnya, Anda bisa memberikan jus wortel langsung pada Merpati. Kemudian untuk meningkatkan kekebalan tubuh, berikan Merpati bawang putih.

Soalnya, bawang putih mengandung senyawa allicin untuk melawan jamur dan bakteri.

Baca juga: Makanan Burung Merpati Terbaik dan Tips Pemberian

5. Memahami Saat Merpati Akan Sakit

Anda harus tetap waspada dan memantau kondisi kesehatan Merpati selama musim hujan. Paling tidak, Anda mengetahui ciri Merpati mau sakit.

Biasanya kalau Merpati mau sakit, dia terlihat lesu, lemas, bulu di hidung dan kepala berdiri.

Burung Merpati tidak nafsu makan, sering muntah, mulut serta hidung berair, Merpati mengantuk, berat badan menurun, kotoran Merpati warna hijau cair.

Kalau Merpati memiliki tanda-tanda di atas, segera pisahkan dari yang lain. Burung harus diisolasi agar tidak menulari burung lain dan mudah dipantau kesehatannya.

6. Latihan Ditunda Dulu

Untuk latihan Merpati sebaiknya ditunda dulu. Pasalnya, musim hujan terkadang banyak sekali petir menyambar di area terbuka.

Jadi, untuk yang aman, Anda bisa latihan di dalam gedung yang besar seperti GOR atau bangunan lainnya.

Kalau mau latihan terbang di luar, pastikan cuaca cerah dan tidak mendung.

7. Kandang Hangat

Saat malam udara dingin sekali. Cara merawat Merpati di musim hujan berarti salah satunya memberikan kehangatan pada kandang Merpati.

Anda bisa menutupi kandang dengan kain atau membuat sekeliling kandang hangat dengan lampu pijar.

Kesimpulan

Demikian cara merawat Merpati di musim hujan. Cara ini cukup berbeda bila berada di musim panas. Mungkin agak melelahkan dan merepotkan perawatannya.

Namun, karena musim hujan cukup ekstrem, jadi harus tetap waspada. Musim hujan di Indonesia kadang meresahkan karena bisa sampai menyebabkan banjir.

Anda harus mewaspadai lingkungan di sekitar Anda. Apakah nanti saat hujan, atap bisa bocor, hingga banjir bandang.

Jika area Anda bisa terkena banjir, maka letakkan kandang Merpati di balkon atau lantai atas.

Yang penting kandang Merpati harus tetap kering walau hujan melanda. Burung juga harus diberi asupan nutrisi yang bergizi dari makanan dan vitamin.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.