7 Makanan Burung Merpati Terbaik dan Tips Pemberian

Burungnya.com – Burung Merpati dibedakan dalam dua kategori utama, burung pedaging dan burung lomba terbang. Nah, kebetulan sekarang cukup banyak masyarakat yang ikut lomba Merpati di kelas terbang, seperti Merpati Balap, Merpati Tinggian, Merpati Kolong, dan lain-lain.

Walau berbeda, sebenarnya makanan utama burung Merpati sama saja, yaitu biji-bijian hingga sayuran. Namun, selama ini pakan burung Merpati yang paling terkenal adalah jagung. Adakah makanan burung Merpati selain jagung?

Tentu saja ada, bahkan banyak sekali. Bila Anda melihat YouTube, di sana sudah ada sebagian orang yang berbagi pengalaman cara meracik makanan Merpati. Semuanya berasal dari bahan pilihan dan bagus untuk Merpati.

Makanan Burung Merpati Terbaik

1. Beras Merah

Banyak orang makan beras putih, tapi sebagian yang sudah mementingkan kesehatan, lebih suka makan beras merah. Walau harga beras tersebut cukup mahal, tapi sangat baik untuk kesehatan.

Kalau baik untuk kesehatan, kita bisa memberikannya pada burung Merpati. Tapi ya dipikirkan lagi soal pengeluaran biaya yang mungkin akan naik berkali-kali lipat. Meski begitu tak masalah keluar uang lebih, yang penting burung Merpati sehat dan bagus untuk performanya di lomba.

Beras merah mengandung vitamin B1 yang baik untuk pakan Merpati, seperti memperkuat organ, meningkatkan stamina, dan cepat mengembalikan energi setelah burung kelelahan.

2. Jagung

Di mana-mana semua peternak atau penangkar Merpati selalu memberikan jagung ke burung-burung mereka. Sehingga pakan ini bisa dikatakan sudah terlalu mainstream.

Wajar sih, karena pakan ini memang sangat disukai Merpati dan baik untuk kesehatannya. Apalagi bila Anda memberikan jagung madura pasti lebih bagus lagi. Berikan jagung dua kali sehari untuk pakan harian Merpati.

3. Kedelai

Biji-bijian yang baik untuk Merpati salah satunya adalah kacang kedelai. Alasannya, kedelai mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, dan vitamin E.

4. Padi atau Gabah

Kalau Anda tidak mau ribet, Merpati bisa diberi padi atau gabah. Kita hidup di tempat yang memiliki sawah padi melimpah. Sehingga padi atau gabah bisa ditemukan di daerah mana saja.

5. Kacang Tanah

Tahukah Anda kacang tanah mengandung lemak, vitamin A, protein, vitamin B kompleks, vitamin K, dan zat besi. Tak heran, pakan ini selalu dijadikan campuran makanan burung Merpati.

6. Kerikil atau Batu Kecil

Apakah burung Merpati juga makan batu kecil? Ya, karena untuk memperlancar pencernaan, Merpati butuh makan sesuatu yang keras-keras sedikit. Nah, kebetulan makanan tersebut bisa didapat dari batu kerikil.

Merpati akan menyimpan kerikil di dalam tembolok untuk membantu menghancurkan makanan. Dengan begitu, pakan biji-bijian yang keras bisa hancur, sehingga pencernaan burung Merpati menjadi lancar.

7. Kacang Hijau

Kalau mau sehat, berikan Merpati kacang hijau. Tidak perlu, kacang hijau full, Anda bisa mencampurnya dengan biji-bijian yang lain. Kacang hijau mengandung sumber protein, sumber serat, mineral, serta omega yang baik untuk kesehatan tubuh.

Loading...
Tips Memberi Pakan Merpati (imdb.com)
Tips Memberi Pakan Merpati (imdb.com)

Tips Memberikan Pakan Merpati

Kami tadi sudah memberi tahu Anda bahwa makanan Merpati sangat beragam, mulai dari biji-bijian, pelet atau voer, sampai berbagai jenis sayuran.

Jenis Biji yang Bagus untuk Merpati

  • Beras merah
  • Gabah
  • Kacang hijau
  • Jagung kuning
  • Kacang kedelai
  • Jewawut
  • Kacang tanah

Jenis Sayur yang Bagus untuk Merpati

  • Bayam
  • Kangkung
  • Kubis
  • Wortel
  • Seledri
  • Selada

Grit Terbaik untuk Merpati

  1. Remahan kulit kerang 40 persen
  2. Pecahan batu kapur atau granit 35 persen
  3. Remahan arang kayu keras 5 persen
  4. Tepung kapur 5 persen
  5. Pecahan arang kayu keras 10 persen
  6. Tepung tulang 5 persen
  7. Garam 4 persen
  8. Tepung kapur 5 persen
  9. Venetian red 1 persen

Seluruh bahan tadi bisa diganti full 95 persen hancuran kulit kerang.

Waktu Memberikan Makanan Merpati

Untuk makanan utama bisa diberikan dua kali sehari, pagi dan sore. Sementara minuman bisa disediakan setiap saat. Tambahkan pula vitamin dan mineral yang diberikan seminggu sekali.

Kalau vitamin B kompleks dan B12 bisa diberikan dengan cara disuntik pada bagian dada. Dosisnya 0,25-0,4 ml. Untuk bentuk tablet, Anda bisa memberikan 1 tablet ke satu burung.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Merpati terbaik dan tips memberikannya. Pemberian pakan tadi bisa diselang seling agar Merpati tidak bosan dan memiliki kandungan gizi yang merata.

Oh iya, untuk sayur-sayuran berikan dalam keadaan fresh atau segar. Misalnya, Anda memberikan sayur pagi hari, maka sore hari sudah harus diganti ke pakan biji-bijian. Sebab, sayur mudah sekali layu, sehingga kurang bagus dikonsumsi burung Merpati.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!