Ciri-ciri Murai Medan (fanskicau.com)

12 Ciri Fisik Murai Medan yang Asli agar Tidak Tertipu

Burungnya.com – Murai Medan menjadi burung favorit karena mempunyai suara yang bagus dan ekor panjang. Burung Murai Batu asli Medan ini terlahir indah dengan suara gacor keras. Banyak kicau mania memburu burung ini untuk dijadikan hewan peliharaan atau burung lomba. Namun, tak sedikit pula yang memalsukan burung tersebut untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

Ya, melihat harga Murai Batu Medan yang lumayan mahal, sejumlah oknum selalu mengatakan burung yang mereka jual asli Murai Medan. Padahal, faktanya burung tersebut Murai dari daerah lain. Terkadang, malah ada pelaku yang nekat dengan cara menyambung ekor Murai Batu agar terlihat panjang seperti Murai Medan asli.

Orang awam kemungkinan akan kesulitan membedakan Murai Batu Medan asli dan palsu. Oleh karena itu, kami memberikan gambaran ciri fisik Murai Medan yang asli agar Anda tidak tertipu. Dengan begitu, saat bertransaksi nanti, Anda sudah bisa membedakan burung tersebut benar-benar asli Murai Medan atau tidak.

Ciri-ciri Murai Medan Asli

1. Panjang Ekor

Murai Batu Medan ekor panjang 33 cm (gadieng.blogspot.com)
Murai Batu Medan ekor panjang 33 cm (gadieng.blogspot.com)

Burung Murai Medan memiliki ekor panjang sekitar 27-35 cm. Burung ini termasuk Murai Batu dengan ekor paling panjang setelah Murai Batu Aceh.

2. Ekor Melengkung

Ciri Murai Medan (belanjaburung.com)
Ciri Murai Medan (belanjaburung.com)

Tidak hanya panjang, ciri khas ekor Murai Medan selalu melengkung. Sebab, ekornya sangat panjang sehingga bentuknya melengkung. Kalau ekornya lurus, biasanya ekor burung tersebut tidak terlalu panjang. Burung dengan ekor panjang melengkung bisa menyentuh kepalanya menggunakan ekor.

3. Pola Ekor

Untuk Murai Medan asli, pola ekornya warna putih strip hitam berjumlah empat pasang. Kalau jenis Murai lain tentu polanya berbeda dan jumlah stripnya juga berbeda.

4. Bentuk Huruf U di Ekor

Masih membahas ekornya, Murai Medan mempunyai ciri huruf U yang terpotong di bagian tengahnya. Jenis burung lain tidak memiliki ciri ekor yang sama,

5. Bulu Murai Medan

Murai Batu Ekor Panjang (youtube.com)
Murai Batu Ekor Panjang (youtube.com)

Bagian bulu Murai Batu Medan, hampir keseluruhannya berwarna hitam tapi mengilap. Jadi, kalau burung ini sedang dijemur di bawah sinar matahari, maka bulunya akan terlihat kebiru-biruan.

Loading...

6. Warna Kaki Murai Medan Muda

Kalau bagian kaki Murai Medan muda biasanya berwarna merah gelap. Selain itu, bagian sisiknya belum terlihat jelas dan belum keras.

7. Sisik Kaki Murai Dewasa Unik

Untuk kaki Murai Medan dewasa selalu terlihat sisik dan lekukan keras seperti buah belimbing. Jika Anda pernah melihat buah belimbing dengan sisi lima seperti bintang, maka seperti itulah bagian luar kaki Murai Medan dewasa.

8. Postur Tubuh

Tahukah Anda, postur tubuh Murai Medan tampak lebih besar dari Murai Batu yang lain. Hal ini yang menjadi salah satu alasan banyak kicau mania rela merogoh kocek dalam-dalam untuk meminang Murai Batu Medan.

9. Suara Murai Medan Gacor

Alasan lain mengapa Murai Medan selalu dicari-cari adalah suaranya yang gacor, keras, ngerol panjang, dan variasi suara banyak.

10. Karakter Burung

Burung Murai Medan selalu terlihat fighter dan garang di lomba. Mental bertarungnya sangat tinggi di lapangan. Begitu melihat lawan, sifat alami untuk berkuasa di wilayah teritorialnya muncul.

11. Mata Murai

Tatapan mata Murai Batu Medan sangat tajam dan menakutkan. Asalkan burung dalam keadaan sehat, lawan lainnya tentu sudah minder duluan saat bertatapan dengan Murai Medan.

12. Gaya Tarung Ngobra

Setingan Murai Batu Konslet (bisapinter.com)
Setingan Murai Batu Konslet (bisapinter.com)

Setiap jenis Murai Batu mempunyai gaya bertarung yang berbeda-beda. Untuk Murai Medan selalu menggunakan gaya tarung ngobra. Cirinya, burung ini sering menaikkan kepalanya mirip ular kobra. Selain itu, bagian ekor juga selalu dinaikturunkan cetek-cetek.

Penutup

Demikian beberapa ciri fisik Murai Medan asli agar tidak tertipu. Sekarang Anda pasti sudah mengetahui perbedaan Murai Medan yang asli dan palsu. Jika sudah demikian, Anda dapat percaya diri membeli burung tersebut. Yang terpenting, lihat ciri-ciri Murai Medan mulai dari ujung kepala sampai ujung ekor.

Baca juga:

Perhatikan pula ciri fisik vital Murai Medan, seperti motif ekor, ukuran panjang ekor, suara, kaki, pola strip ekor, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa semakin yakin membeli burung tersebut. Namun, apabila Anda kurang yakin, Anda bisa mengajak teman yang sudah mengetahui ciri-ciri Murai Batu Medan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • murai batu ekor lengkung
  • Mendownload ciri muray medan asli
  • ciri ciri burung murai medan
  • murai ekor lengkung
  • ciri ciri burung medan asli
  • burung murai ekor panjang melengkung
  • ciri ciri murai ekor panjang
  • viri ciri murai batu medan
  • ciri fisik murai muda
  • ciri fisik ukuran ekor murai panjang

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!