Jenis Burung Cucak Rowo di Hutan (flipscience.ph)

15 Jenis Cucak Rowo Terpopuler di Indonesia

Burungnya.com – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak jenis burung. Salah satu burung yang digemari masyarakat dari dulu sampai sekarang adalah burung Cucak Rawa. Burung ini sering dipanggil Cucak Rowo oleh orang Jawa, tapi di wilayah lain, namanya berbeda-beda.

Di Sunda, burung Cucak Rowo dijuluki Cangkurawah. Kalau di Melayu, namanya beda lagi, yakni Barau-barau. Sementara nama Cucak Rowo dalam bahasa Inggris ialah Straw-headed Bulbul. Untuk nama ilmiah Cucak Rowo yakni Pycnonotus zeylanicus.

Ciri Cucak Rowo (deskgram.net)
Ciri Cucak Rowo (deskgram.net)

Ciri-ciri Burung Cucak Rowo

Agar tidak salah saat membeli, Anda harus mengetahui ciri-ciri Cucak Rowo di Indonesia. Kami akan memberikan sedikit info tentang ciri fisik burung Cucak Rowo.

1. Ukuran Tubuh

Jika diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor, panjang keseluruhan burung Cucak Rowo yaitu 28 cm.

2. Kepala Burung

Kalau kepalanya, terdapat seperti mahkota warna jingga keemasan yang indah.

3. Telinga Burung

Pada bagian telinga tertutupi bulu warna jingga atau kuning pucat. Bulu ini tersebar mulai dari kepala depan sampai belakang.

4. Mata Burung

Sorot mata Cucak Rowo tajam dengan garis hitam yang melintasi mata. Lalu, warna iris mata kemerahan.

5. Punggu Cokelat

Kalau bagian punggung berwarna cokelat tapi terdapat garis putih-putih.

6. Warna Sayap dan Ekor

Untuk sayap dan ekor warnanya kehijauan seperti zaitun.

7. Dagu dan Dada

Pada bagian dagu sampai dada berwarna abu-abu, tapi dipenuhi dengan garis pendek warna putih yang lumayan banyak.

8. Warna Pantat

Biasanya warna pantat burung selalu gelap, tapi untuk Cucak Rowo justru berwarna agak cerah, yakni kuning.

9. Paruh Burung

Bagian paruh tidak terlalu panjang tapi kuat dengan warna hitam pekat.

10. Kaki Burung

Cucak Rowo memiliki kaki yang mencengkeram kuat dengan warna dasar cokelat gelap.

Itulah beberapa ciri fisik burung Cucak Rowo mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Seharusnya, sampai sini Anda sudah memahami seperti apa burung Cucak Rowo. Kami juga memberikan gambar burung tersebut agar Anda lebih mudah mengenalinya.

Cucak Rowo di Indonesia (beritagar.id)
Cucak Rowo di Indonesia (beritagar.id)

Jenis Burung Cucak Rowo

1. Cucak Rowo Papua

Dari semua daerah di Indonesia, sepertinya Cucak Rowo Papua yang paling populer. Burung ini dihargai cukup mahal bila dibeli dari daerah asalnya langsung. Harga yang mahal ini mungkin karena jarak, biaya transportasi, dan jumlahnya yang tidak terlalu banyak.

2. Cucak Rowo Medan

Burung Cucak Rowo lainnya yang terbilang populer asalnya dari Medan. Burung tersebut mempunyai suara yang keras dan berat. Namun, suara kicauannya terdengar mengambang dengan intonasi yang tidak terlalu cepat. Walau begitu, banyak kicau mania yang mencari Cucak Rowo Medan dari daerah asalnya.

3. Cucak Rowo Aceh

Anda mungkin akan kesulitan membedakan Cucak Rowo Aceh dan Cucak Rowo Medan. Hal ini karena burung tersebut memiliki ukuran yang sama dan karakter suara yang mirip. Perbedaan keduanya cuma pada bagian warna saja. Burung Cucak Rowo Aceh terlihat lebih hijau dibandingkan Cucak Rowo Medan.

4. Cucak Rowo Lampung

Kalau dilihat sekilas, burung Cucak Rowo Lampung hampir sama dengan Cucak Rowo Medan. Namun, ternyata ukuran tubuh lebih pendek. Walau pendek, tapi fisiknya kekar dan tulang sayapnya kokoh. Suara burung ini tidak sebagus Cucak Rowo Medan karena variasinya sedikit, tetapi intonasi kecepatannya lebih bagus.

5. Cucak Rowo Jambi

Burung dari Jambi ini tubuhnya pendek dan memiliki suara yang standar saja. Artinya, karakter suara Cucak Rowo Jambi mirip dengan Cucak Rowo Lampung tapi volume suaranya lebih pelan.

Loading...

6. Cucak Rowo Riau

Sama seperti Cucak Rowo Jambi, burung Cucak Rowo dari Riau juga berukuran pendek. Burung ini suaranya tidak terlalu menonjol sehingga harganya juga tidak terlalu mahal.

7. Cucak Rowo Kalimantan

Burung Cucak Rowo di Kalimantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari Cucak Rowo Sumatera. Burung tersebut juga tidak terlalu cerah bila dibandingkan dengan Cucak Rowo asal Sumatera. Tempo suara kicauannya lebih lambat dan variasi suara Cucak Rowo Kalimantan juga lebih sedikit. Selain itu, suara burung ini terdengar tipis dan kurang tajam.

8. Cucak Rowo Timor

Mungkin Anda jarang melihat burung Cucak Rowo Timor di pasar burung. Sebab, burung ini sebagian besar masih liar dan hidup nyaman di hutan. Burung Cucak Timor didominasi oleh warna cokelat agak keabu-abuan di sekujur tubuh. Namun, bagian yang terlihat menonjol dan sedikit menakutkan adalah bagian paruhnya.

9. Cucak Rowo Irian

Tahukah Anda, burung Cucak Rowo Irian dan Papua dianggap sama oleh sebagian besar orang. Pasalnya, burung ini berasal dari daerah yang sama. Walau begitu, warna bulu burung ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan jenis Cucak Rowo lain di seluruh Indonesia.

10. Cucak Rowo Timtim

Burung Cucak Rowo Timtim cenderung memiliki warna bulu lebih gelap dari burung Cucak Rowo yang lain. Bulunya didominasi warna cokelat gelap agak kehitaman. Jadi, sekilas burung ini tampak seperti burung Gagak kecil. Meski demikian, konon katanya suara burung tidak kalah bagus dengan Cucak Rowo di Medan.

11. Cucak Rowo Jawa

Bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa pasti sudah tak asing dengan burung Cucak Rowo Jawa. Burung tersebut mudah dijumpai di beberapa penangkaran dan pasar burung. Suara burung Cucak Rowo ini terdengar keras dan ngerol panjang.

12. Cucak Rowo Malang

Katanya burung Cucak Rowo yang ditemukan di Malang paling kecil daripada Cucak Rowo lainnya. Entah benar atau tidak, kami juga belum pernah mengukurnya. Namun, yang pasti burung ini memiliki suara yang cukup keras dan melengking.

13. Cucak Rowo Sumatera

Tubuh burung ini lumayan besar dan memiliki suara yang keras serta lantang. Tak heran, burung Cucak Rowo Sumatera sering diburu kicau mania Tanah Air. Selain itu, bagian jarum garis putih di dadanya terlihat begitu jelas.

14. Cucak Rowo Ropel

Burung Cucak Rowo Ropel terkenal mempunyai suara yang bagus. Suaranya sangat keras dan ngerol panjang. Variasi suara cukup banyak yang dipelajari dari suara burung lain.

15. Cucak Rowo Gacor

Sudah pasti yang menjadi incaran kicau mania adalah Cucak Rowo Gacor. Dari manapun asalnya, kalau suaranya gacor pasti lebih cepat laku terjual. Tentu saja, suara Cucak Rowo ini sangat istimewa karena gacor, keras, ngotot, ngerol panjang, variasi banyak, dan lain-lain.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis Cucak Ijo paling populer di Indonesia. Walaupun tidak semuanya berasal dari daerah tertentu, tetapi banyak orang yang mencari burung-burung tersebut melalui pencarian Google atau internet.

Baca juga: 

Saat ini mungkin cukup jarang orang yang memelihara burung Cucak Rowo. Pasalnya, burung ini kalah terkenal dengan Lovebird, Kenari, Jalak, Murai Batu, Cendet, Kacer, Cucak Ijo, Pleci, Parkit, Perkutut, dan lain sebagainya.

Meski begitu, untuk kalangan tertentu, burung ini masih menjadi primadona dan harganya sangat mahal. Bahkan, sekarang burung Cucak Rowo sering dijadikan master burung lain, seperti Kacer, Murai Batu, hingga Cendet.

Anda juga harus tahu, burung Cucak Rowo sekarang dinyatakan berstatus rentan oleh IUCN. Hal ini karena di tahun 1980-an banyak orang beramai-ramai memburu burung Cucak Rowo di alam. Sehingga jumlah populasinya menyusut tajam.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • gambar burung cucak rowo
  • gambar cucak rowo
  • jenis burung cucak rowo
  • jenis jenis burung cucak rawa
  • burung cucak rowo
  • cucak papua
  • cucak rowo tim tim
  • cucak rowo irian
  • Burung yg mirip cak biru
  • cucak rowo paruh kuning

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!