Murai Batu Medan Asli (rssing.com)

10 Ciri Murai Batu Medan yang Asli Lengkap

Burungnya.com – Jangan sampai salah membeli, Murai Batu Medan mempunyai ciri khusus yang tidak dimiliki Murai lain. Burung ini bisa dibilang spesial karena mempunyai suara gacor keras, dan merdu.

Selain itu, fisiknya lebih bagus dari jenis Murai lainnya. Mungkin saja, burung Murai Batu Medan merupakan versi sempurna dari keseluruhan burung Murai.

Berbicara tentang Murai Batu, kebanyakan kicau mania pasti akan menanyakan jenis, harga, karakter, hingga suara. Burung ini terkenal memiliki harga yang stabil dan cenderung selalu dihargai mahal.

Tak heran, banyak orang sering beternak burung Murai. Bahkan, sudah banyak pula kisah sukses peternak Murai Batu Medan yang menjadi kaya raya.

Sekarang mari mengenal lebih dekat tentang burung Murai Batu Medan. Burung ini mempunyai ciri khas yang mungkin membuat orang mudah mengenalinya. Dilihat sekilas, kemungkinan Anda akan tahu bahwa burung tersebut Murai Batu Medan.

Ciri Murai Batu Medan yang Asli (youtube.com)
Ciri Murai Batu Medan yang Asli (youtube.com)

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

1. Postur Tubuh Besar

Murai Batu ini cirinya memiliki tubuh yang besar. Bahkan, jenis Murai yang lain ukuran tubuhnya tidak sebesar Murai Batu tersebut. Alhasil burung ini selalu terlihat gagah dan mampu mengeluarkan suara yang besar dan kuat.

2. Strip Motif di Ekor

Anda mungkin juga menyadari bahwa ciri khas di ekor bisa menggambarkan bahwa itu Murai Batu Medan. Sebab, burung ini dikenal memiliki ekor panjang dengan warna putih strip motif hitam berjumlah empat pasang.

3. Panjang Ekor

Tidak hanya strip warna, ekornya juga sangat panjang. Burung Murai Batu Medan mempunyai panjang ekor 27-35 cm. Saking panjangnya, ekor Murai Batu bisa menyentuh kepalanya sendiri. Biasanya saat Murai Batu menari, ekornya digoyang-goyangkan ke atas dan ke bawah sampai terlihat melengkung indah.

4. Bentuk Ekor Huruf U

Ekor Murai Batu ini memiliki ciri khusus yakni berbentuk seperti huruf U. Namun, jika diperhatikan dengan saksama huruf U ini seperti terbelah atau terpotong di bagian tengah.

5. Warna Bulu Indah

Beda dengan yang lain, warna bulu Murai Batu ini hitam legam dan mengilat. Ketika bulunya terkena sinar matahari, maka warnanya bisa kelihatan seperti hitam kebiru-biruan.

6. Kaki Warna Merah Gelap

Kalau Anda jeli, bagian kaki Murai Batu ini terlihat seperti warna merah gelap. Ciri tersebut terlihat pada burung yang masih muda. Untuk burung yang sudah tua atau dewasa cirinya beda lagi, yakni sisik dan lekukan kaki yang mirip dengan buah belimbing.

Loading...

7. Bentuk Kepala Indah

Kepala burung ini sangat indah dan proporsional. Jadi, kepalanya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Saat dipadukan dengan tubuh dan ekornya, kepala burung ini sangat indah.

8. Fisik Kuat dengan Ekor Panjang

Burung Murai Batu ini dikatakan memiliki fisik kuat apabila mampu mengangkat ekor sampai menyentuh kepala. Soalnya, ekornya sangat panjang sampai 35 cm. Kalau dia kuat mengangkat ekornya berarti burung tersebut sangat kuat.

9. Kombinasi Warna Bulu

Murai ini mempunyai ciri khas kombinasi warna bulu cokelat tua atau hitam abu pada bagian dada. Sementara, warna bulu di tubuh lain didominasi warna hitam pekat. Warna bulu tersebut cenderung lebih berkilau saat terkena cahaya matahari.

10. Suara Murai Batu Medan

Burung ini memiliki suara yang jernih, nyaring, dan panjang. Intonasi suaranya jelas dan keras. Selain itu, Murai ini sering berkicau ngerol dan berulang terus menerus.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa ciri-ciri Murai Batu Medan yang asli lengkap. Anda harus mengingat betul motif ekornya, panjang ekor, postur tubuh, dan bentuk ekor. Dengan begitu, Anda dapat membeli burung yang asli.

Mengapa harus yang asli? Soalnya banyak penjual mengatakan ini burung Murai Medan, ternyata bukan berasal dari Medan. Walaupun mungkin sekarang sudah sangat jarang ditemukan Murai Batu ini di alam, tetapi cukup banyak penangkaran yang ternak Murai tersebut.

Sebaiknya Anda harus mencari banyak referensi tentang penangkaran Murai Batu. Kalau perlu datangi langsung peternakan tersebut dan cari tahu asal usul indukan. Jika sudah demikian maka Anda tidak akan tertipu membeli Murai Batu Medan yang palsu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!