Dulu Penggembala Kambing, Sekarang Sukses Ternak Perkutut Majapahit

Burungnya.com – Jangan pernah meremehkan suatu pekerjaan. Sebab, seorang penggembala kambing saja bisa sukses saat dia mulai menangkar burung Perkutut Majapahit. Ini bukan isapan jempol belaka karena sudah dibuktikan sendiri oleh Umar Sono.

Ya, Umar Sono merupakan seorang peternak Perkutut Majapahit. Alamatnya di Desa Pelang Lor, Kedunggalar, Ngawi. Saat ini Umar sudah memelihara setidaknya 240 ekor Perkutut.

Meski namanya Umar Sono, tapi pria berusia 42 tahun tersebut sering dipanggil Ki Cantuk. Dia merupakan penangkar spesialis Perkutut Majapahit. Sebenarnya yang diternak tidak hanya jenis Perkutut Majapahit saja, ada juga jenis Perkutut biasa.

“Di tiga kandang ini Perkutut jenis biasa, kotak satunya khusus Perkutut Majapahit,” kata Pemilik Kandang, seperti yang disadur dari Jawapos.com (3/1/2021).

Jenis Perkutut Majapahit

Ki Cantuk menangkar ratusan Perkutut, khusus Perkutut Majapahit ada lima jenis yang spesial, di antaranya sebagai berikut:

  1. Udan Mas Majapahit
  2. Moka Majapahit
  3. Cemani Majapahit
  4. Putih Majapahit
  5. Mega Mendung Majapahit

Ciri Perkutut Majapahit

  • Udan Mas Majapahit memiliki bulu putih keemasan.
  • Moka Majapahit mempunyai warna bulu cokelat.
  • Cemani Majapahit warna bulunya hitam.
  • Putih Majapahit tentu saja warnanya dominan putih.
  • Mega Mendung warna bulu putih keabuan.

Ciri burung Perkutut tadi hampir sama dengan Perkutut Lokal dengan katuranggan serupa. Namun, khusus Majapahit memiliki ciri khas tersendiri.

Perkutut Majapahit mempunyai garis batik di leher yang tidak putus dan corak putih di pangkal ekor.

“Tapi semuanya punya ciri khas khusus Majapahit, kayak garis-garis baik di leher yang tidak putus dan corak putih di pangkal ekornya,” katanya.

Selain itu, untuk jenis Udan Mas Majapahit dan Putih Majapahit mempunyai keunikan lain, yaitu warna mata kemerah-merahan. Katanya warna merah pada matanya tembus dari kanan ke kiri atau sebaliknya bila disinari cahaya.

Penangkar Perkutut Majapahit (youtube.com)
Penangkar Perkutut Majapahit (youtube.com)

Harga Perkutut Majapahit

Ternyata harga Perkutut Majapahit bisa dibilang mahal. Soalnya, Perkutut Putih Majapahit milik Ki Cantuk pernah ditawar Rp 8,5 juta per ekor. Meski begitu, yang paling mahal, tetap Perkutut Majapahit dengan katuranggan jambul di kepala.

Harga Perkutut Majapahit jambul bisa mencapai Rp 40 juta lebih. Bayangkan ini harga satu ekor saja, bukan beberapa ekor sekaligus.

Loading...

Alasan Harga Perkutut Majapahit Mahal

Bagi Kung Mania atau kicau mania tentu sudah mengetahui mengapa harga Perkutut Majapahit mahal. Ini karena masih ada kaitannya dengan mitos legenda di kerajaan Majapahit.

Konon katanya, berdasarkan cerita masyarakat setempat, Perkutut Majapahit adalah jelmaan Pangeran Kerajaan Majapahit yang disabdo.

Dulu Perkutut ini memang hanya peliharaan raja-raja atau kaum bangsawan. Namun, seiring berkembangnya zaman, siapa saja bisa memelihara burung Perkutut.

Ada yang bilang, Perkutut Majapahit bisa mendatangkan rezeki dan kebahagiaan bagi pemiliknya. Ternyata kepercayaan burung yang bisa mendatangkan rezeki benar-benar terbukti pada Ki Cantuk.

Baca juga:

Penggembala Kambing Jadi Penangkar Perkutut Sukses

Ki Cantuk mengaku sudah merasakan ketiban rezeki yang melimpah setelah memutuskan untuk ternak Perkutut Majapahit. Sebelumnya, Ki Cantuk hanya penggembala kambing biasa.

Di tahun 2016 dia menderita ginjal dan tidak boleh kerja berat angkat pakan kambing. Akhirnya dia coba-coba ternak Perkutut Majapahit dan berhasil.

Hanya butuh waktu 2 tahun saja, Ki Cantuk bisa untung ratusan juta rupiah. Di tahun 2018 dia langsung bisa membeli mobil Xenia tipe R murni hasil ternak Perkutut Majapahit.

Sekarang setiap ada anakan burung Perkutut usia 1,5 bulan, maka para pedagang langsung membelinya. Usia burung yang muda tersebut dijual seharga Rp 450 per ekor.

Kesimpulan

Demikian kisah sukses peternak burung Perkutut Majapahit yang awalnya hanya penggembala kambing. Apakah Perkutut Majapahit benar-benar bisa mendatangkan rezeki?

Kami tidak bisa menjawabnya, karena semua itu rahasia Ilahi. Barang siapa yang bersungguh-sungguh dan rajin beribadah, maka Allah SWT akan membantunya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!