Efek Ulat Hongkong Untuk Kenari, Baik atau Buruk?

Burungnya.com – Banyak kalangan kicau mania masih ragu saat akan memberikan ulat hongkong UH pada Kenari. Sebenarnya pemberian pakan EF UH pada Kenari, baik atau buruk?

Namanya ulat hongkong pasti mempunyai kadar protein yang tinggi. Tentu saja bagus untuk burung Kenari. Hanya saja, kita harus memperhatikan porsi yang diberikan.

Kicau mania masih meragukan ulat hongkong untuk Kenari. Bahkan, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk tidak memberikan pakan hidup pada burung Kenari.

Hasilnya memang terbukti sukses dalam hal perawatan dan penangkaran burung Kenari. Tapi banyak juga senior pemilik burung Kenari yang justru memberikan ulat hongkong.

Tujuannya untuk perkembangan indukan Kenari agar mempunyai keturunan yang bagus. Jadi gimana, Anda mau memberikan ulat hongkong atau tidak?

Baca juga: Pakan Kroto dan Ulat Kandang, Lebih Bagus Mana?

Efek Ulat Hongkong pada Kenari (mynorthwest.com)
Efek Ulat Hongkong pada Kenari (mynorthwest.com)

Pemberian Ulat Hongkong pada Kenari

Seperti yang kami katakan di atas, ulat hongkong mempunyai kandungan protein yang tinggi. Jika Anda tidak memberikannya berarti Anda harus memberikan pakan pengganti dengan kadar protein yang tinggi juga.

Pakan seperti itu tentu harganya lebih mahal dibandingkan dengan ulat hongkong. Jadi putuskan sendiri mau memberikan pakan protein yang mahal atau ulat hongkong.

Sayangnya, bila burung Kenari tidak dibiasakan sejak kecil, maka dia tidak akan mau makan ulat hongkong. Sebaiknya saat masih anakan, Anda harus memutuskan memberikan ulat hongkong atau tidak.

Loading...

Kalau di luar negeri, banyak yang produksi ulat hongkong kering kalengan khusus Kenari. Pakan tersebut untuk Kenari harian atau penangkaran. Kandungan protein di ulat hongkong kering sekitar 48-50 persen.

Penangkaran-penangkaran di negara Eropa dan Amerika sering memberikan ulat hongkong dan larva ngengat sebagai pakan burung Kenari. Tujuannya untuk perkembangbiakan Kenari agar lebih bagus keturunannya.

Baca juga: 7 Manfaat Ulat Jerman untuk Menjadikan Jalak Suren Gacor

Kandungan Ulat Hongkong

Tahukah Anda, ulat hongkong mengandung air sebanyak 57 persen. Kalau ulat hongkong dikeringkan, kandungan protein kasar menjadi 49 persen, lemak kasar 40 persen, abu 3 persen, dan ekstrak non-nitrogen 8 persen. Kandungan di dalamnya juga bagus untuk burung mabung.

Efek Ulat Hongkong untuk Kenari

Pemberian ulat hongkong memang bagus untuk Kenari. Jadi pada intinya ulat hongkong baik untuk Kenari tapi porsinya harus disesuaikan.

Jangan sampai burung Kenari memakan ulat hongkong terlalu banyak karena bisa membuat suhu tubuhnya meningkat. Kadar lemak yang tinggi pada UH bisa membuat Kenari obesitas.

Kalau pemberian porsi ulat hongkong tepat dan tidak setiap hari, tentu efeknya akan sangat positif. Jadi, kenali dulu burung Kenari Anda, apakah mau diberi ulat hongkong atau tidak.

Kalau sejak kecil dia sudah memakan ulat hongkong, tentu sampai dewasa akan lebih baik performanya, ketimbang burung yang tidak mengonsumsi ulat hongkong.

Baca juga: Setingan Murai Batu Lomba Tampil Ngotot dengan Ulat Daun Pisang

Kesimpulan

Walau banyak yang meragukan pemberian ulat hongkong pada Kenari, sebenarnya ulat hongkong bagus untuk Kenari. Yang terpenting porsinya disesuaikan saja.

Efek ulat hongkong panas bila diberikan terlalu banyak. Sehingga bulu burung Kenari bisa rontok dan dia dapat mengalami over birahi. Jadi, pemberian ulat hongkong pada Kenari secukupnya saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara memberi burung kenari ulat hongkong
  • cara memberikan ulat kandang pada kenari

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!