Hobi Pelihara Merpati di Mesir (voaindonesia.com)

Hobi Pelihara Burung Merpati di Mesir

Burungnya.com – Orang Mesir sudah lama memelihara burung Merpati. Hobi memelihara Merpati sudah dilakukan orang Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, saat itu mereka menjadikan Merpati sebagai sumber makanan dan sarana olahraga.

Sejarah Merpati di Mesir

Perlu Anda ketahui, zaman dulu merawat Merpati termasuk kegiatan yang identik dengan orang kaya. Diketahui pada abad ke-10, Khalifah ke-5 dari Dinasti Fatimiyah, yaitu Al Aziz Billah pernah mempunyai 600 ekor Merpati. Burung-burung tersebut dilatih khusus untuk membawa buah ceri dari daerah lain.

Penguasa Mamluk, Al Muzaffar Hajji juga sering memasang taruhan lomba Merpati 300 tahun kemudian. Sampai sekarang, orang-orang di Mesir masih suka merawat Merpati. Sayangnya kini kegiatan hobi Merpati justru dilakukan oleh kalangan kelas bawah. Tentu ini kebalikan dari hobi memelihara Merpati di masa lalu.

Tradisi Memelihara Merpati di Mesir (keretawaktu.com)
Tradisi Memelihara Merpati di Mesir (keretawaktu.com)

Main dengan Burung Merpati

Orang Mesir yang memelihara Merpati kebanyakan sudah dilakukan sejak masih kecil. Mereka sering mengisi waktu luang sehari-hari dengan main sama Merpati. Cara bermainnya, mereka akan memberikan siulan atau lambaian bendera saat burung terbang di langit.

Lomba Merpati di Mesir

Burung Merpati juga dijadikan hewan ternak oleh orang Mesir. Menariknya lagi, burung Merpati bisa diikutkan lomba khusus bersamaan dengan pemiliknya.

Loading...

Tepatnya di Kairo, ibukota Mesir, terdapat sebuah lomba yang melibatkan para peternak Merpati. Burung Merpati dilepas agar bisa bertemu dengan pemiliknya. Burung dilepas dari jarak jauh kemudian dipanggil dengan siulan atau teriakan agar burung Merpati turun dan menghampiri pemiliknya.

Lomba Merpati seperti ini sudah ada di Indonesia dan sampai sekarang masih tetap eksis di berbagai daerah. Namun, pecinta Merpati masih kalangan tertentu saja sehingga masyarakat awam kemungkinan belum terlalu mengenal lomba Merpati.

Kesimpulan

Pecinta Merpati di Mesir mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Dulu burung Merpati digemari oleh kalangan orang-orang kaya. Sekarang Merpati justru digemari kalangan bawah. Perubahan ini kira-kira karena apa ya?

Baca juga:

Apakah hobi orang-orang Mesir sudah bukan burung Merpati lagi? Kemungkinan ada hewan yang lebih spesial sehingga digandrungi orang-orang kaya. Dengan begitu, hobi Merpati menjadi tersingkirkan di Mesir. Jika memang begitu, kemungkinan harga Merpati di Mesir murah meriah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!