Ini Waktu yang Tepat Mengerodong Lovebird Agar Tidak Stres

Ini Waktu yang Tepat Mengerodong Lovebird Agar Tidak Stres

Burungnya.com – Tahukah Anda, ternyata mengerodong Lovebird tidak boleh sembarangan. Soalnya, jika Lovebird dikerodong sembarangan maka Lovebird mudah stres dan sulit diseting. Lantas, kapan waktu yang tepat mengerodong burung Lovebird?

Sebelum membahas waktu yang tepat mengerodong Lovebird, mari kita pahami dulu fungsi kerodong untuk burung Lovebird. Sebenarnya apa manfaat kerodong untuk Lovebird?

Baca juga: Terapi Lovebird Mandi Kering Untuk Dongkrak Stamina dan Napas Panjang

Fungsi Kerodong Lovebird

Terapi Sauna Kerodong Lovebird (arvabird.blogspot.com)
Terapi Sauna Kerodong Lovebird (arvabird.blogspot.com)

Kerodong terbuat dari kain lembut yang bahannya tipis, tapi ada juga kerodong yang tebal. Fungsi kerodong untuk menjaga burung Lovebird agar lebih tenang di dalam sangkar, membuat sangkar menjadi hangat, melindungi terjangan angin, melindungi dari cuaca dingin, melindungi dari hembusan angin di perjalanan, dan melindungi dari gigitan serangga.

Dari fungsinya saja sudah dapat diketahui kapan penggunaan kerodong yang tepat. Misalnya, untuk melindungi Lovebird dari hembusan angin kencang, berarti ketika cuaca sedang buruk atau saat malam hari, Lovebird wajib dikerodong.

Jadi tidak setiap saat Lovebird dikerodong karena kerodong dapat membuat Lovebird emosi dan birahi. Kalau sudah begini, Anda jadi susah untuk menyeting Lovebird.

Baca juga: Ritual Mandi Malam Lovebird Lomba dan Berbagai Manfaatnya

Masalah yang Sering Terjadi saat Lovebird Dikerodong

Lovebird yang dikerodong ibaratnya seperti orang yang dimasukkan penjara. Apalagi kalau kerodongnya gelap dan tebal, Lovebird seperti dimasukkan ke ruangan yang gelap dan pengap.

Setelah kerodong dibuka, Lovebird menjadi over fighter, over birahi, dan sulit dikontrol emosinya. Lovebird yang dikerodong hanya bisa mendengar suara Lovebird lain tapi tidak bisa melihat, apalagi menyentuhnya. Hal ini membuat birahi Lovebird tidak tersalurkan.

Loading...

Sama seperti suami yang dipenjara dan tidak bisa bertemu dengan istrinya. Tentu birahi akan memuncak karena sudah lama tidak berduaan. Ini hanya ilustrasi atau gambaran saja.

Lovebird juga demikian, bahkan sering kali kerodong membuat Lovebird stres, cabut bulu, over birahi, over fighter, dan selalu kerja karena merasa terancam mendengar suara burung lain.

Baca juga: 12 Perbedaan Lovebird Tipe Panas dan Lovebird Tipe Dingin

Waktu yang Paling Tepat Mengerodong Lovebird

Nah, untuk itu diperlukan waktu yang tepat untuk mengerodong Lovebird, yakni setelah matahari tenggelam dan sebelum matahari terbit.

Rentang waktu ini sangat tepat untuk mengerodong Lovebird karena Lovebird masih bisa leluasa menikmati kehidupan normal di pagi, siang, dan sore hari. Sementara malam hari dapat digunakan untuk tidur dan istirahat.

Pagi hari sebelum matahari terbit harus segera dibuka kerodongnya karena saat-saat seperti ini banyak sekali burung yang berkicau. Sehingga semangat untuk berkicau bersama semakin tinggi.

Menjelang malam, udara bertambah dingin, jadi kerodong harus dipasang. Hal ini juga untuk menghindari agar Lovebird tidak diganggu serangga atau masuk angin.

Tebal tipisnya kain kerodong bisa menyesuaikan keadaan atau cuaca. Jika cuaca dingin berikan kerodong agak tebal, tapi jika cuaca panas berikan kerodong tipis yang masih tembus pandang.

Bagi yang menjalankan terapi sauna kerodong Lovebird, lebih baik dipikirkan kembali. Walau hasilnya mampu membuat Lovebird ngekek panjang dan gacor. Namun, secara psikologi hal tersebut kemungkinan membuat Lovebird tersiksa dan kepanasan. Sebab, Lovebird dikerodong full gelap sampai seisi kandang terasa panas.

Baca juga: Rahasia Cara Menjemur Lovebird Kusumo Setengah Panas Setengah Dingin

Kesimpulan

Jadi, waktu yang tepat mengerodong Lovebird adalah malam hari. Namun, kalau cuaca sedang dingin atau musim hujan, Anda dapat mengerodong Lovebird siang hari. Anda juga bisa mengerodong Lovebird saat sedang bepergian atau sedang melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Intinya, Lovebird jangan sedikit-sedikit dikerodong. Biarkan dia melihat dunia yang indah dan menikmati udara sejuk. Buat Lovebird menjadi nyaman seperti berada di alam. Hal ini akan mempermudah seting Lovebird dan membuatnya tidak stres.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • lovebird mandi malam langsung krodong
  • bagus pagi apa malam terapi terbang buat love bird
  • kapan waktu ngekrodongin lovebird
  • fungsi kerondong buat lb
  • lb dewasa klo d untul jauh lbih bagug ga
  • jika malam lovebird ditutupi apa tidak?
  • burung lovebird 2 klau mlm harus dkerong jangan
  • Lakbet rentang waktu mandi
  • brapa jam waktu ngumbar lovbet
  • apakah lovebirdharusdikerodong

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!