13 Jenis Burung Beo dan Cara Menirukan Suara Manusia

13 Jenis Burung Beo dan Cara Menirukan Suara Manusia

Burungnya.com – Burung yang bisa bicara seperti manusia tidak terlalu banyak, salah satunya burung Beo. Burung ini memang mempunyai bulu hitam yang biasa saja, tetapi pintar dalam hal menirukan suara manusia. Kecerdasan burung Beo sudah pasti di atas rata-rata jenis burung yang lain.

Burung Beo memiliki beberapa nama panggilan, seperti Mamiang dan Tiong Emas. Kalau nama ilmiah burung Beo adalah (Gracula). Burung ini masih masuk dalam anggota suku Sturnidae atau burung Jalak.Tak heran, sebagian jenis burung Jalak dapat bicara seperti manusia.

Wilayah Penyebaran Burung Beo

Berbicara tentang burung Beo, di mana kita dapat menemukan burung tersebut? Burung Beo dapat ditemukan di Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, Sri Lanka, Himalaya, India, dan Filipina.

Burung ini juga dapat ditemukan di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Namun, burung Mamiang ini paling menyukai hutan-hutan basah yang segar dan alami.

Makanan Burung Beo

Makanan Burung Beo (birdphoto.co.uk)
Makanan Burung Beo (birdphoto.co.uk)

Kalau di alam, makanan burung bukan voer dan semacamnya. Burung Beo makan buah-buahan hingga serangga. Berikut daftar makanan burung Beo di alam atau hutan:

  • Buah berdaging tebal tapi tidak keras.
  • Nektar Bunga
  • Belalang
  • Jangkrik
  • Capung
  • Telur Semut atau Kroto

Jenis Burung Beo

  1. Beo Biasa, (Gracula religiosa)
  2. Burung Beo Enggano, (Gracula enganensis)
  3. Beo Nias, (Gracula robusta)
  4. Burung Beo Sri Lanka, (Gracula ptilogenys)
  5. Beo Kepulauan Batu and Mentawai, (Gracula religiosa batuensis)
  6. Burung Beo Nikobar besar, (Gracula religiosa halibrecta Oberholser 1926)
  7. Beo Indocina, tersebar dari barat laut Indocina, timur laut India, hingga selatan Cina, (Gracula religiosa intermedia)
  8. Burung Beo Pulau Palawan, Filipina, (Gracula religiosa palawanensis)
  9. Beo Bastar. India tengah, (Gracula religiosa peninsularis)
  10. Burung Beo Kepulauan Sunda Besar, (Gracula religiosa religiosa)
  11. Beo Kepulauan Sunda Kecil, (Gracula religiosa venerata)
  12. Burung Beo Pulau Flores, (Gracula religiosa mertensii)
  13. Beo Afrika, (African Grey Parrot)

Jadi, dapat kita ketahui bahwa burung Beo ternyata tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Burung ini juga tersebar di seluruh dunia. Nah, untuk kemampuan berbicara seperti manusia, mari melanjutkan pembahasan tentang cara burung Beo bisa ngomong seperti manusia.

Cara Burung Beo Menirukan Suara Manusia

Cara Burung Beo Menirukan Suara Manusia (tomato.to)
Cara Burung Beo Menirukan Suara Manusia (tomato.to)

Dari sebuah studi yang terbit di jurnal Plos One, burung Beo mempunyai otak yang mengendalikan pembelajaran vokal, namanya core. Selain itu, burung ini juga memiliki sesuatu yang bernama cangkang atau cincin luar untuk mempelajari suara.

Loading...

Katanya, cangkang milik burung Beo relatif besar, sehingga burung tersebar dapat menirukan suara manusia lebih mudah. Untuk menguji kepintaran burung ini dalam berbicara, para ilmuwan memeriksa beberapa otak burung, di antaranya sebagai berikut:

  • Burung Nuri
  • Conure
  • Cockatiel
  • Lovebird
  • Kakatua Amazon
  • Macaw Biru
  • Burung Macaw Emas
  • Kea
  • Burung Beo Afrika

Setelah itu, para ilmuwan membandingkan pola ekspresi gen pada burung-burung tersebut melalui penelusuran saraf. Ternyata hewan-hewan ini dapat menirukan suara dan mempelajari lagu karena duplikasi jalur otak.

Diketahui sebagian besar wilayah otak untuk mempelajari suara pada burung terselip di wilayah yang juga mengatur gerakan tubuh. Hal ini juga menjelaskan bahwa beberapa burung Beo juga bisa menirukan gerakan atau menari menyesuaikan irama musik.

Burung Beo juga memiliki shells atau cincin luar di otak. Semakin besar ukuran shells, maka burung menjadi semakin pintar dalam menirukan suara manusia.

Beo punya Syrinx

Tidak hanya otak yang cerdas, burung Beo juga mempunyai syrinx, organ yang mirip dengan laring pada manusia. Fungsi syrinx untuk memproduksi suara. Menurut peneliti Irene Pepperberg dari Harvard University, otot-otot yang mengelilingi syrinx Beo dapat mengontrol suara yang diproduksi.

Burung ini juga mempunyai lidah dan mulut untuk menirukan nada suara manusia. Jadi, sebenarnya sistem suara yang dikeluarkan burung Beo hampir sama dengan manusia.

Burung Beo di Alam Liar

Kalau di alam liar, apakah burung Beo dapat menirukan suara manusia? Tentu saja tidak, di alam liar sulit dijumpai manusia. Oleh karena itu, kemampuan berbicara ini dipakai untuk mencari pasangan. Burung Beo akan mempelajari suara baru dari burung lain untuk memikat Beo betina dan melakukan perkawinan. Bahkan, kemampuan tersebar juga digunakan untuk beradaptasi dengan kelompok lain.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis burung Beo dan penjelasan mengapa burung Beo dapat menirukan suara manusia. Jadi, dapat disimpulkan burung Beo mempunyai struktur otak yang berbeda dengan burung lain. Ditambah lagi dengan adanya syrinx, lidah, dan paruh, organ tersebut sangat memudahkan burung Beo berbicara seperti manusia.

Baca juga:

Cukup jarang warga yang memelihara burung Beo. Sebab, harga burung ini relatif mahal. Apalagi burung Beo yang sudah pintar ngomong. Kalau sudah demikian, apa yang didengarnya bisa ditirukan dengan mudah.

Oleh karena itu, pemilik burung Beo harus berhati-hati apabila lingkungan rumahnya terdapat orang-orang yang suka berkata kasar atau jorok. Soalnya, burung ini dapat menirukan suara tadi dengan cepat. Kalau suara sudah terekam di otak, maka suara akan sulit dihilangkan. Pemiliknya menjadi malu sendiri karena burung sering berkata kasar dan jorok.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung hijau surga
  • burung nuri
  • Harga beo batu paut
  • jenis burung beo

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!