5 Makanan Burung Beo Terbaik Biar Cepat Bicara

Burungnya.com – Banyak sekali jenis makanan burung Beo. Ada yang makanan alami dari buah dan sayur, ada juga voer yang menyehatkan. Nah, kalau makanan Beo agar cepat bicara apa ya kira-kira?

Sebenarnya tidak berbeda jauh, justru Anda tinggal menggabungkan semua makanan yang bergizi saja. Nanti seiring dengan pemberian makanan bergizi dan latihan yang rutin, burung Beo akan bicara dengan sendirinya.

Makanan Burung Beo

1. Voer Beo

Sebagai makanan utama, voer memiliki banyak jenis nutrisi yang bermanfaat bagi burung Beo. Voer terbuat dari bahan alami dan mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk memenuhi asupan energi burung Beo.

Namun berhati-hatilah saat memilih voer Beo. Sebaiknya Anda memilih voer yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, pewarna, dan pengawet buatan agar voer dapat dimakan dengan aman.

Merek Makanan Beo di antaranya Kristal Beo, Beo Agung, Juara Bird Food, De Coral, Fancy Bird Food, dan lain-lain.

2. Buah Untuk Beo

Pepaya adalah buah yang sangat populer untuk burung Beo. Kandungan serat pepaya cukup tinggi untuk melancarkan saluran pencernaan burung Beo.

Selain itu, kandungan lemaknya yang rendah juga dapat memberikan rasa kenyang tanpa membuat burung Beo menjadi gemuk.

Agar burung Beo Anda tidak bosan dengan buah-buahan tersebut, Anda juga dapat menggantinya dengan menu buah-buahan lainnya, seperti pisang, pepaya, apel, kelengkeng, tomat, dan pir.

Pemberian beragam buah-buahan juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin burung Beo. Dengan cara ini daya tahan burung Beo akan lebih baik, sehingga tidak mudah sakit.

3. Sayur-sayuran

Sayuran mempunyai beragam vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan burung Beo. Aneka sayuran yang bisa dimakan burung Beo antara lain, ketimun, sawi, jagung yang masih muda, dan wortel.

Agar burung Beo lebih mudah makan sayur, Anda bisa memotongnya kecil-kecil dan memasukkannya ke dalam wadah makanan burung Beo.

Untuk memastikan sayuran yang dimakan oleh burung Beo sehat, Anda dapat mencucinya terlebih dahulu. Saat makan, pastikan sayuran masih segar.

Setelah disajikan selama satu hari, segera buang sisa sayuran dan ganti dengan yang baru. Selain itu, harap bersihkan wadah makanan secara rutin agar tidak terkontaminasi sisa bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan burung Beo.

Makanan Burung Beo (zoochat.com)
Makanan Burung Beo (zoochat.com)

4. Aneka Kacang

Berbeda dengan habitat alami di alam atau hutan, burung Beo yang dibesarkan di rumah biasanya kurang bergerak, sehingga tidak membutuhkan energi sebanyak di alam.

Oleh karena itu, sebaiknya berikan menu kacang-kacangan pada Beo, seperti kacang kedelai hitam, kacang polong, dan kacang hijau.

Loading...

Tahukah Anda, kacang mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi untuk meningkatkan energi burung. Namun jika diberikan terlalu banyak, burung Beo bisa saja menjadi kegemukan sehingga malas bersuara.

Selain itu, selama penyimpanan, pastikan biji disimpan di tempat yang kering. Pasalnya, tempat lembab memicu tumbuhnya jamur pada kacang-kacangan, yang menghasilkan racun berbahaya bagi kesehatan burung.

5. Serangga dan Kroto

Berbagai jenis serangga seperti belalang dan jangkrik mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan jenis makanan tersebut ke Beo seminggu sekali.

Tidak hanya serangga, ada salah satu makanan yang paling digemari Beo untuk menambah nutrisi tambahan yaitu kroto. Makanan ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi untuk menjaga kebugaran burung.

Selain menu makanan sehat, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada burung Beo. Sebab saat menyantap makanan tersebut, dia dapat menjadi racun dan membahayakan kesehatan. Makanan tersebut antara lain, minuman beralkohol, kopi kafein, cokelat, dan buah alpukat.

Cara Melatih Burung Beo Cepat Bicara

Bagaimana cara melatih burung Beo cepat bicara atau ngomong? Mudah saja ternyata burung Beo dapat diajak ngobrol layaknya teman supaya dia lekas bisa bicara.

Setiap hari dan setiap saat ajak burung bicara dengan pengulangan kata yang sama. Untuk awal-awal satu kata saja sampai burung bisa.

Misalnya, ucapkan kata sayang. Setiap ketemu burung tersebut jangan lupa memanggilnya sayang secara jelas. Nanti burung akan merekam perkataan Anda dan menirukannya.

Jika satu kata tersebut sudah bisa, ganti dengan kata yang lain. Begitu seterusnya, sampai akhirnya burung bisa bicara beberapa kata sekaligus.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Beo terbaik agar cepat bicara. Burung ini suka makan banyak. Semakin sering makan, hatinya senang dan mudah sekali menirukan suara manusia.

Yang terpenting jangan terlalu ambisius dalam melatih Beo bicara. Santai saja karena Beo bisa ngomong juga butuh proses, layaknya seorang bayi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Agar beo cepat bicara
  • Apa jalak kasih makan nasi bisa bicara
  • Cara Melatih beo bicara
  • Makanan beo biar
  • makanan burung beo gacor
  • Tempat yang bagus buat beo
  • Voer untuk beo

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!