Kapan Lovebird Mabung Pertama Kali dan Cara Perawatan

Kapan Lovebird Mabung Pertama Kali dan Cara Perawatan

Burungnya.com – Mabung atau nyulam adalah proses alami yang dialami semua jenis burung, termasuk Lovebird. Ciri-ciri Lovebird mabung pertama kali dapat dilihat dari bulu-bulu yang berjatuhan, rontok, hingga botak.

Pemilik yang mengetahui masalah ini seharusnya segera melakukan tindakan, salah satunya mencari referensi cara merawat Lovebird mabung di Google, media sosial, dan lain-lain.

Ya, dengan mencari referensi di Google, Anda akan mendapat semua ilmu dengan mudah. Nah, kembali lagi ke Lovebird mabung, kira-kira kapan Lovebird mabung pertama kali? Hal seperti ini harus Anda ketahui agar Anda dapat memberikan perawatan Lovebird mabung yang tepat dan bagus.

Usia Lovebird Mabung Pertama Kali

Burung Lovebird biasanya mabung di antara usia 3-4 bulan. Namun, ada juga Lovebird yang mabungnya agak telat yakni sekitar 4-7 bulan. Setiap jenis Lovebird tidak sama waktu awal mabung, tergantung dari lingkungan, kondisi tubuh, hingga keturunan.

Oleh sebab itu, saat Anda merawat burung sejak masih piyik atau anakan, Anda perlu mewaspadai Lovebird di kisaran usia 3-7 bulan. Biasanya tenggang usia tersebut, Lovebird mabung pertama.

Bulu yang tadinya indah akan berjatuhan, nyulam, atau molting. Burung yang mabung berada di kondisi terlemah, sehingga burung Lovebird butuh perawatan khusus.

Durasi Waktu atau Berapa Lama Lovebird Mabung

Anda sudah mengetahui kapan Lovebird mabung pertama kali. Berarti Anda juga harus mengetahui berapa lama Lovebird mabung. Burung Lovebird akan mabung sekitar 2-5 bulan.

Bayangkan, dalam kondisi yang lama burung akan merasa kesakitan karena bulu-bulu Lovebird copot atau jatuh. Ini seperti bulu rambut Anda yang sedang dicabuti.

Apa yang Terjadi saat Lovebird Mabung

Lovebird Mencabuti Bulunya Sendiri (mickaboo.org)
Lovebird Mencabuti Bulunya Sendiri (mickaboo.org)

Kalau burung Lovebird sedang mabung, dia akan merasa sakit, malas bunyi, cuma berdiam diri, dan tingkat keaktifan burung menurun.

Selain itu, burung rawan terkena penyakit. Performa burung yang awalnya bagus, bisa hilang seketika. Jadi, Anda harus memberikan perhatian khusus agar performa burung Lovebird setelah mabung dapat kembali seperti sedia kala.

Saat Lovebird mabung, kadar protein di tubuhnya akan menurun 25 persen sedangkan metabolismenya akan meningkat sekitar 50 persen. Padahal, burung Lovebird setidaknya membutuhkan 90 persen protein dalam tubuh. Sehingga Anda harus memberikan pakan yang mengandung protein diimbangi dengan asam amino.

Pemberian pakan Lovebird mabung, bisa disesuaikan dengan makanan indukan Lovebird yang sedang bertelur. Namun, tingkatkan kandungan gizinya karena energi yang dikeluarkan burung mabung dua setengah kali lebih tinggi dari Lovebird yang sedang bertelur.

Cara Merawat Lovebird Mabung Pertama

1. Pindahkan Lovebird ke Tempat Tenang

Saat Lovebird mabung pertama kali, segera pindahkan ke tempat yang tenang dan sepi. Soalnya, burung yang mabung, ngurak, nyulam, atau molting sangat sensitif dengan suara.

Loading...

Hal tersebut dapat mengganggu proses rontoknya bulu. Kalau tidak dipindah ke tempat tenang, Lovebird bisa mabung lebih lama dan mengalami gangguan mabung.

2. Lovebird Dikerodong

Burung yang mabung pertama langsung ditutup kerodong full. Namun, jangan dikerodong terus menerus, sesekali angin-anginkan Lovebird di tempat sejuk yang sepi agar suhu tubuh burung seimbang.

3. Tunda Dulu Kebiasaan Mandi

Kalau Lovebird sedang mabung, sebaiknya tunda dulu kebiasaan mandi. Burung mabung yang dimandikan dapat menjadikan bulu alot, sehingga sulit rontok. Lovebird boleh dimandikan setelah bulu-bulu jarum tumbuh. Pemandian Lovebird bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

4. Lovebird Tidak Dijemur

Ketika Lovebird mengalami proses pergantian bulu, sebaiknya Lovebird tidak dijemur. Alasannya karena penjemuran dapat mengurangi tingkat kelembaban tubuh Lovebird. Burung baru boleh dijemur paling tidak 2 bulan setelah proses mabung selesai.

5. Pakan Tambahan atau Extra Fooding (EF)

Asupan gizi Lovebird harus ditambah saat mengalami mabung. Jadi, berikan pakan EF berupa kangkung, jagung, kuaci, dan lain-lain. Waktu yang tepat memberikan pakan tambahan adalah saat masa akhir Lovebird mabung.

Anda juga bisa memberikan racikan pakan yang mengandung protein tinggi, seperti telur dan asupan kalsium pada tulang sotong. Tambahkan pula kwaci agar bulunya bisa mengilap.

6. Pemasteran yang Bagus saat Lovebird Mabung

Nah, saat Lovebird mabung pertama, segera lakukan pemasteran. Waktu ini dirasa sangat bagus karena Lovebird mabung cenderung diam, sehingga isian burung masteran dapat tersimpan dengan baik di memori otak. Setelah mabung selesai, burung Lovebird dapat menguasai seluruh suara masteran.

Kalau dimaster dalam keadaan tidak mabung, burung masih berkicau sendiri sehingga kurang fokus dengan suara masteran. Alhasil, proses pemasteran tidak akan maksimal.

Kesimpulan

Demikian beberapa pengetahuan tentang Lovebird mabung pertama kali lengkap dengan cara merawatnya. Apabila anda sedang menghadapi permasalahan Lovebird mabung, segera lakukan tindakan yang tepat.

Baca juga:

Lovebird dipindah ke tempat tenang, jangan dimandikan, jangan dijemur, berikan pakan EF lebih banyak, dan pemasteran. Setelah itu, tunggu sampai seluruh bulu rontok semua sekitar 2-5 bulan. Semoga setelah mabung selesai, performa burung Lovebird tetap bagus seperti sebelumnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • perawatan lovebird nyulam pertama
  • Kapan lovebird mabung
  • usia love bird mabung pertama kali
  • tanda burung lovebird mabung
  • Perawatan induk lovebird saat mabung
  • kapan Lovebird ganti bulu dari awal lahiran
  • Ciri ciri lovebird mabung
  • Ciri ciri lovebir
  • cara menangani love bird mabung pada usia 4 bln
  • Biasnya burung lovebird mabung pertama umur berapa bulan?

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!